"Jka tekadmu sudah bulat, maka jalan akan terbentang luas". Kata-kata ini masih saya ingat semenjak lulus dari pondok pesantren, 9 tahun yang lalu. Dan kata-kata ini juga yang menjadi afirmasi diri saya untuk menggugah jiwa setiap kali saya terjerumus dalam jurang kegalauan.

Ada juga yang mengatakan "Bermimpilah ketika kita terbangun". Sebuah mimpi hanya akan menjadi angan-angan ketika mimpi tesebut tidak didampingi dengan tekad yang kuat. Oleh karena itu, tekad dan niat bak bahtera untuk mengarungi samudera kehidupan.

Jika dalam perjalanan menuju mimpi banyak rintangan, itu artinya kita sedang bersungguh-sungguh! Sebuah rintangan hanya ditemui oleh orang-orang yang sedang berjuang. Tidak akan ada orang yang sampai pada puncak pegunungan, jika dia tidak menemukan jurang yang dalam, jalan yang rumit. Untuk merasakan indahnya puncak gunung, harus mempertaruhkan nyawa dan raga.

Tidak sedikit orang yang gagal dalam menuju mimpi, dan tidak sedikit orang yang memilih untuk tidak melanjutkan tekadnya.

Kegagalan itu memang pahit untuk kita rasakan, dan tidak ada satu orang pun yang ingin disapa oleh kegagalan. Jadi kita tidak lagi heran, jika kita menemukan banyak orang yang terjatuh, namun tak sanggup lagi untuk bangkit kembali. Ya, sebuah kebangkitan adalah hal yang sangat sulit untuk kita lakukan.

Advertisement

Tapi coba sejenak kita bayangkan. Ketika langkah terakhir kita untuk sampai pada puncak gunung yang kita daki, namun tiba-biba kaki kita terkilir dan tubuh kita terjatuh, sehingga langkah terahkir kita dipatahkan oleh rintangan yang tidak pernah kita duga sebelumnya, di sana kita hanya ada dua pilihan:

Pertama, kita tetap meneruskan perjalanan yang tinggal satu langkah lagi akan sampai; dengan keadaan tubuh kita yang terluka, tapi kita tidak hiraukan itu.

Kedua, kita akan memanggil team P3K untuk membawa kita turun kembali dan mendapatkan perawatan. Yang pasti, impian untuk menikmati puncak gunung yang indah akan kita rela lepaskan.

Dari analogi di atas, semua kembali pada niat dan tekad kita. Jika tekad kita tetap kuat dan niat kita tetap lurus, maka apapun yang terjadi tidak akan kita hiraukan. Kita akan tetap fokus pada tujuan kita untuk menggapai apa yang kita cita-citakan.

Jika kamu tersapa kegagagalan, itu artinya sebentar lagi kamu akan dibelai kesuksesan.

Setiap sebab pasti ada akibat. Jika selama ini kamu sedang dilanda kegagalan, coba deh cek kembali apa sebab kegagalan yang kamu hadapi. Jika kamu rasa tidak ada sedikit pun yang salah dari cara yang kamu lakukan, itu tandanya kamu sedang diuji! Apakah kamu sudah siap untuk sukses? Sukses bukan hanya untuk karirmu, tapi juga untuk mentalmu.

jadi, persiapkan sematang mungkin mentalmu untuk meraih kesuksesan! Karena jika kamu tidak siap, sukses pun tidak akan menghampiri kita. Bangunlah pribadi yang siap untuk menhadapi setiap kedaan yang akan terjadi nanti, itu sebagian dari tekad kamu untuk sukses.

Di belakangmu banyak orang yang akan membicarakanmu, maka yakinkan bahwa kamu memberi mereka topik yang baik.

Buatlah mereka malu tentang apa yang mereka pikirkan dengan kesuksesan yang kamu raih! Jika selama ini mereka berpikir bahwa kamu tidak bisa, maka buatlah mereka heran, kenapa kamu bisa?! Jika selama ini mereka hanya menertawakan kegagalanmu, kini saatnya mereka tepuk tangan atas kesuksesanmu.

***

Maka jika kamu mendapatkan cacian, jadikanlah motivasi untuk kamu agar lebih semangat dalam meraih apa yang kamu impikan. Banyak orang yang berjalan di sampingmu dengan tujuan yang sama. Jika kamu menyerah hanya karena cacian orang lain, maka kamu akan tertinggal jauh oleh orang-orang yang tidak menghiraukan cemoohan orang lain.

Jika mereka berpikir mimpimu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil. Jika mereka berpikir kamu tidak mampu untuk melakukannya, itu tandanya kamu lebih tinggi derajatnya dari mereka, karena kamu punya misi yang lebih besar dari apa yang mereka bayangkan.

***

Cara yang paling baik untuk menunjukan bahwa kamu bisa adalah dengan bekerja keras dan usaha diringi dengan doa. Jika ini sudah ada dalam diri kamu, maka tidak akan ada satu orang pun yang mampu untuk menghalangi jalan kamu dalam meraih mimpimu.

Disiplinlah dan berkomitmenlah! Hanya orang yang konsisten yang akan mendapatkan apa yang dia inginkan. Satu-satunya cara untuk memulai adalah berhenti bicara dan langsung beraksi.

Tutup mulutmu, jangan buang waktu untuk orang yang tidak ada sangkut pautnya dengan masa depanmu! Mulailah bergerak dan berjalan untuk meniti masa depan dan cita-cita yang kamu impikan. Jika nanti kamu sukses, maka jangan lupakan orang yang telah menghabiskan waktunya untuk menemanimu hingga kamu menggapai apa yang kamu impikan.

Good luck for you!