Memang semua penyuka traveling sangat menyukai Dataran Tinggi Dieng, namun cobalah ke kawasan Posong di Temanggung. Pemandangan baru yang abadi dan khas dengan pegunungan yang tak kalah keren dengan Dieng itu berada tak jauh dari Wonosobo. Wisata dataran tinggi Posong ini adalah sebuah lokasi wisata baru yang sedang dikembangkan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tepatnya Desa Tlahap, Kecamatan Kledung. Konsep wisata alam ini adalah pemandangan sunrise yang menakjubkan yang ada di Jawa Tengah. Wisata dataran tinggi posong yang terletak diantara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro ini berada pada ketinggian sekitar kurang lebih 2.000 kaki kita akan mendapatkan pemandangan yang eksotik menawan tanpa harus jalan kaki. Sebab tempat ini sangat mudah sekali dijangkau dengan mobil maupun motor yang bisa sampai di lahan parkir obyek wisata ini.

Tarif untuk masuk ke kawasan wisata ini relatif sangat murah hanya dengan Rp 7000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil dan tanpa tambahan restribusi lagi. Tempat ini sudah dilengkapi dengan tempat parkir yang cukup luas, kamar mandi/WC dan mushola, serta ada 3 buah gardu pandang yang luas, dan bangunan pendukung lainnya. Di sana sekarang juga lagi dibangun villa – villa untuk para wisatawan yang sedang datang berkunjung. Untuk jalan menuju ke lokasi wisata ini yaitu masih Jalan Trasahan dengan beberapa tanjakan yang relatif tidak tinggi, sehingga mobil yang berpenumpang banyak tetap bisa naik ke obyek wisata ini yang jaraknya 3,4 km dari jalan raya Temanggung – Wonosobo.

Jika mengunjungi obyek wisata ini hanya akan berjumpa beberapa buah warung yang menyediakan gorengan dan beberapa minuman hangat. Maka lebih baik jika berkunjung ke daerah tersebut bisa membawa bekal dari rumah. Juga, jangan lupa memakai pakaian tebal yang hangat. Karena tempat ini cukup tinggi dan asri maka pada malam hari banyak sekali para pecinta alam yang bermalam sekadar kemping atau memotret milkyway (Galaksi Bimasakti) yang tampak jelas karena minimnya polusi cahaya di tempat ini.
Selain sunrise, kita juga bisa bermain outbound ria, melihat Watu Kelir, melihat Watu Mlongso, juga situs punden berundak yang masih dalam kawasan yang sama. Penasaran dengan keindahannya, datang saja ke tempat ini!