Alam menyimpan banyak hal untuk dipelajari didalamnya. Salah satunya gunung-gunung yang menjulang tinggi, mendaki gunung menjadi aktivitas yang cukup digandrungi banyak orang pada saat ini. Tapi, tahukah kalian pembelajaran apa saja yang terkandung dalam sebuah pendakian?

Mendaki puncaknya butuh perjuangan untuk melewati jalan terjal menanjak dengan membawa beban berat di pundak, ya seperti itulah perjuangan untuk mencapai kemakmuran, jalannya selalu terjal dan butuh perjuangan, karena untuk menuju ke puncak jalannya selalu menanjak.

Cuacanya yang tidak terduga, hujan badai siap menyambutmu disaat yang tidak tepat. Kehidupan selalu memberi kejutan untukmu, kadang hal baik dan sering kali hal buruk, hanya yang siap menghadapi hal buruk yang bisa menggapai kesuksesan. Kebutuhan perjalanan menjadi hal vital dan perlu perencanaan yang tepat. Kehidupan membutuhkan perencanaan yang tepat untuk mencapai kesuksesan.

Rekan seperjalanan menjadi teman menapaki terjalnya jalan menuju puncak, saling membantu dan menghapus ego menjadi kunci untuk sampai di puncak. Kehidupan tidak dapat kamu selesaikan seorang diri, seringkali kita membutuhkan orang lain untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Kita tidak tahu siapa yang kita temui selama di perjalanan, tapi kuncinya ramah tamah dengan sesama pendaki, karena teman saja kadang tidak cukup untuk membantu masalah kita, orang lain kadang memiliki solusi untuk permasalahan yang kita hadapi.

Advertisement

Tidak semua orang mampu mencapai puncak, karena sebagian orang menyerah di tengah perjalanan, maka menyesalah mereka yang menyerah di tengah jalan karena tidak sempat menapaki indahnya puncak. Kehidupan hanya bisa ditaklukan oleh pejuang, kesuksesan tidak akan didapatkan oleh orang yang menyerah.

Selamat bagi kalian para pemenang, karena kalian orang orang terpilih yang mampu mencapai puncak, puncak tidak seramai di kaki gunung, karena hanya orang orang yang tidak menyerah yang bisa menikmati indahnya puncak. Kesuksesan hanya mampu di raih oleh orang yang tidak menyerah, tidak semua orang bisa sukses, hanya orang orang tertentu yang bisa mencapainya, seperti puncak gunung, tidak semua orang bisa mencapainya.

Puncak telah dicapai, setelah mendongakkan kepala kita sekian lama sambil berjalan ke atas, perjalan turuun dari puncak akan membuatmu memandang ke bawah. Orang yang telah mencapai kesuksesan seharusnya mulai memperhatikan orang lain yang tidak seberuntung dia, memperhatikan orang orang yang ada dibawahnya, seperti perjalanan menuruni puncak yang mengharuskan kita melihat kebawah.

Alam menyimpan banyak pembelajaran, gunung salah satunya. Kalian yang hendak mendaki, carilah pembelajaran sebanyak-banyaknya di gunung. Datanglah dengan rendah hati karena alam jauh lebih besar daripada kita.