Magelang Gemilang merupakan sebuah kota yang berada di Jawa Tengah, kota yang di juluki sebagai Kota Sejuta Bunga ini memiliki berbagai macam destinasi yang tinggi mulai dari berbagai macam makanan khas dan tempat pariwisata lainya.Contoh seperti pariwisata Candi Borobudur yang termasuk dalam 7 keajaiban dunia ini mempunyai pesona yang sangat menarik untuk di kunjungi para wisatawan.

Di balik pesona dari Candi borobudur ini, terdapat sebuah tempat yang letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur yaitu Punthuk Setumbu yang letaknya berada di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Di tempat ini wisatawan dapat melihat sunris ataupun juga dapat melihat megahnya Candi Borobudur saat pagi hari yang di selimuti oleh kabut.

Eksotisme pemandangan mentari yang terbit di pagi hari selalu menjadi magnet yang memukau bagi para wisatawan, karena itu tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Menurut saya Punthuk setumbu merupakan tempat yang sangat indah dan salah satu tempat untuk menikmati keindahan sunrise dari sebuah bukit, punthuk setumbu biasa disebut dengan nama Borobudur Nirvana Sunrise . Dan menjadikan sebuah sarana warga sekitar untuk mencari rezki dari tempat tersebut. Dan harga tiket masuk tidak terlalu mahal untuk di keluarkan.

Punthuk setumbu berasal dari dua kata yaitu puntuk (berbahasa jawa yang artinya gundukan) dan setumbu (berbahasa jawa yang artinya seperti tumbu). Tumbu adalah wadah yang terbuat dari bambu. Dimana di samping punthuk setumbu terdapat bukit lain seperti bukit Cemuris, bukit Cething, dan bukit setompo. Sedangkan di sebalh barat punthuk setumbu adalah rangkaian bukit Menoreh.

Advertisement

Punthuk setumbu memiliki pemandangan yang berbeda, selain bisa menyaksikan mentari yang menyembul perlahan dari Gunung Merapi atau Merbabu, wisatawan juga dapat menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian dan ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri , tak heran jika akhirnya Punthuk setumbu menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise bagi para wisatawan asing maupun dalam negeri dan juga spot favorit bagi para fotografer untuk memotret keindahan alam dari atas bukit.

Puntuk Setumbu hampir mirip dengan Sikunir yang berada di kawasan Wonosobo namun punthuk Setumbu ini merupakan sebuat bukit setinggi kurang lebih 400 meter di atas permukaan laut yang terletak di gugusan pegunungan Menoreh. Dulunya tempat ini merupakan sebuah ladang penduduk, namun setelah ada seorang fotografer yang mengabadikan sebuah foto bergambarkan sunrise Borobudur yang sangat apik dan sangat indah dari tempat punthuk setumbu.

Beberapa bulan kemudian setelah beredar foto tersebut puntuk setumbu menjadi trending topik di kalangan masyarakat sekitar khusunya orang-orang sekitar Magelang. Wisatawan dapat menyaksikan keindahan Borobudur dari ketinggian sebuah bukit dapat datang sebelum pukul 05:00 WIB. Untuk mencapai puncak wisatawan dapat berjalan kaki sekitar 15 menit, tak jauh dari tempat parkir terdapat sebuah gazebo yang dimana para wisatawan sudah dapat melihat atau menyaksikan Borobudur dari kejauhan.

Puncak punthuk setumbu berupa pelataran luas yang di kelilingi pagar pembatas, batas untuk para pengunjung. Di puncak punthuk setumbu terdapat rumah panggung, gazebo,dan terdapat kursi-kursi kayu yang di buat para warga atau penduduk sekitar untuk kenyaman pengunjung yang di bisa di gunakan duduk para pengunjung untuk menanti mentari terbit.

Pengunjung akan merasakan kepuasan tersendiri saat menyaksikan sapuan kabut Borobudur yang perlahan terangkat naik dan mentari yang muncul dari balik gunung dengan malu-malu.