Kita pasti pernah mengalami hal seperti ini, bangun pagi lalu menyadari sarapan belum siap padahal kita sudah harus meninggalkan rumah 10 menit yang lalu. Sedangkan kita juga lupa untuk mempersiapkan entah barang bawaan sekolah atau kerja kita.

Hal yang sangat riuh di pagi hari seperti ini mungkin akan membuat kita semakin stres menghadapi hari. Tapi saya menemukan bahwa ada sesuatu hal yang bisa membantu kita untuk memperbaiki keriuhan yang menyebabkan stres tersebut dengan bermeditasi.

Beberapa langkah singkat di bawah ini akan membantu Anda bermeditasi dalam tahap yang masih sangat awal dan sederhana:

1. Duduk bersila dan temukan posisi duduk yang nyaman untuk Anda. Jika ada beberapa orang yang ikut bermeditasi disarankan untuk duduk melingkar.

2. Atur nafas Anda, perhatikan pernapasan Anda supaya tidak hanya sampai di paru-paru namun juga sampai ke perut.

Advertisement

3. Perhatikan apa yang sedang Anda pikirkan. Jangan coba mengabaikan yang sedang Anda pikirkan tapi terima itu sebagai hal yang memang jadi masalah Anda. Setelah menerima beban itu kita tidak boleh berlarut-larut memikirkannya tapi harus bersiap untuk melangkah lagi.

4. Mulai latihan bermeditasi dengan waktu yang singkat, mungkin cukup 5 menit. Karena masih awal, jangan terlalu dipaksakan untuk lama-lama.

Meditasi itu seperti otot, semakin kita melatihnya maka semakin kuat. Semakin kuat otot juga semakin kuat untuk megangkat barang sama seperti meditasi semakin dilatih maka akan semakin kuat membantu kita mengatasi masalah-masalah yang kita hadapi. Seperti saya saat ini dan Irwan yang adalah nama anak laki-laki Islam saya, setidaknya kami dapat bernapas dengan tenang dan bisa mengabaikan hal-hal negatif di sekitar saya.

Penelitian juga menemukan fakta bahwa jika kita rajin melakukan meditasi akan membantu meningkatkan produktifitas hidup. Sebuah sekolah di Baltimore yang memberikan latihan meditasi pada para muridnya, melaporkan bahwa nilai dan kehadiran para murid di sekolah meningkat.

Dan yang saya rasakan sekarang setelah melakukan meditasi tidak seperti yang orang-orang bayangkan. Mungkin orang membayangkan saya seperti pelatih yoga di hamparan rumput, tidak seperti itu. Saya merasa lebih bisa mensyukuri hidup dan lebih sadar ketika menanggapi atau menjalani sesuatu. Stres itu memang masih ada di pikiran tapi setelah meditasi ini saya (Anda pun juga bisa) tahu cara menghadapinya.

Selamat mencoba!