Buat kamu yang sudah kangen dengan liburan di musim panas, pastinya tidak sabar lagi dong yah! Setelah beberapa bulan musim hujan menjadi halangan buat liburan kamu, mau ke pantai bingung, mau ke gunung galau, mau keliling kota makin pusing. Karena takut cuaca sedang tidak bersahabat, atau kehujanan yang ujungnya liburan kamu kurang happy dan malah sakit, sekarang waktunya kita sambut musim panas! Beberapa list perjalanan kamu untuk liburan segera bisa kamu wujudkan lho buddies. Yuk lihat beberapa panduannya berikut ini.

1. Memilih tanggal

Ini adalah salah satu hal atau faktor terbesar untuk liburan kamu yah, memilih tanggal. Kalau kamu seorang traveler yang bergaya backpacker atau low budget, pastinya kamu mengharapkan harga untuk akomodasi yang semurah mungkin. Kamu bisa memilih tanggal di sebelum atau sesudahnya long weekend, memang sih long weekend itu kesempatan sekali, khususnya para pekerja untuk memanfaatkan cuti.

Long weekend biasanya terjadi di hari kejepit, misalnya hari libur nasional di hari Selasa, pastinya kamu akan memanfaatkan hari Senin untuk mengajukan cuti. Nah, kalau sudah begini harga tiket pastinya sudah mahal sekali, dari mulai tiket kereta maupun tiket pesawat. Jadi sebaiknya, lebih baik kamu pergi liburan di 1 minggu sebelum long weekend atau sesudahnya.

2. Menentukan destinasi

Biasanya ini terjadi sebelum kamu menentukan tanggal perjalanan, benar nggak? Bener banget dong yaah! Mengapa? Karena destinasi yang baru saja kita lihat atau baru saja mendapatkan informasi dari sosial media atau teman, bisa menjadi ide baru yang brilian untuk liburan kamu, atau bisa jadi, hal yang sudah lama kamu rencanakan. Di musim panas, kamu sudah tidak terlalu galau lagi mau kemana kamu berlibur. Ke pantai, gunung, kota-kota, semuanya itu sudah bisa kamu wujudkan.

Buat kamu yang modalnya backpacker, jika destinasi kamu memerlukan budget berlebih, contohnya ke Labuan Bajo, kamu bisa mengikuti open trip atau ajak beberapa teman kamu. Selain kamu pastinya tidak sendirian, untuk biaya akomodasi juga bisa ditanggung bersama-sama. Jadi lebih irit dan lebih terjangkau. Tetapi yang jadi nomor satu dan intinya kemanapun kamu pergi berlibur, jangan lupa selalu berdoa, hati-hati, dan tetap menjaga lingkungan yah.

3. Menikmati perjalanan

Advertisement

Tidak sedikit orang mengatakan bahwa untuk mengenal diri sendiri lakukanlah sebuah perjalanan. Perjalanan bukan hanya liburan happy yang pada umum dan biasanya. Lebih dari itu, tanpa kamu sadari banyak hal yang bisa kamu jadikan pelajaran atau sesuatu hal yang bisa kamu pahami.

Liburan bukanlah soal happy-happy terus dari awal kamu pergi sampai kamu kembali lagi ke rumah. Di dalamnya pasti banyak sesuatu yang kamu temukan, yang berasal dari keadaan, waktu, teman yang kamu ajak liburan, dan bahkan dari diri kamu sendiri. Misalnya seperti, ketika kamu sudah merencanakan tempat yang ingin kamu kunjungi, tiba-tiba teman kamu membatalkannya begitu saja dengan muka dan raut wajah yang kurang bersahabat. Di sinilah biasanya hal-hal yang tidak enak akan terjadi pada saat liburan.

Atau contoh kedua, kamu tidak sependapat dengan teman perjalanan kamu, jika teman ingin pergi ke kota, lalu kamu inginnya pergi ke tempat yang sejuk. Masalah ini kembali lagi kepada diri kita sendiri. Caranya mengatasinya adalah, untuk sama-sama dibicarakan dengan baik-baik, hingga menemukan jalan terbaiknya. Tanpa ada satu orang yang dirugikan tentunya. Intinya, nikmatilah perjalanan kamu pada saat liburan, meskipun kamu dalam keadaan yang membingungkan.

Jadi mau kemana liburan musim panas kamu?