Seiring perjalanan hidup, kita semakin banyak menemukan tentang hal-hal dan pengalaman baru yang kita rasakan atau yang kita lihat orang lain mengalaminya. Kadang ada pelajaran yang harus kita ambil atau memang kita biarkan hal itu terjadi begitu saja. Satu yang pasti hidup ini tidak terlepas dari masalah dan cinta. Masalah yang pasti dialami oleh semua manusia walau tidak semua masalah itu bisa dilalui atau sebagian orang memilih untuk lari darinya.

Sama halnya seperti cinta, yang kita tidak tau kapan dan dengan siapa kita akan jatuh cinta. Untuk yang satu ini menurut pengalaman ku terhadap orang-orang yang disekitarku, mereka lebih siap untuk menghadapi cinta, dan sedikit yang menghindar. Karna kadang kamu pun tau alasan seseorang menghindar karena dia tau dia tidak akan pernah memiliki cinta tersebut, atau dia menghindar karena dia tau kalaupun keduanya saling mencinta mereka tidak akan pernah dapat bersatu.

Dalam urusan percintaanpun tidak lepas dari masalah. Kamu bertemu dengannya, kalian berpacaran, kemudian setelah beberapa waktu berpacaran timbul masalah mulai dari hal kecil seperti cemburu, si pria tidak peka, si wanita terlalu banyak menuntut sampai kepada persoalan yang lebih besar daripada itu yg memungkinkan bisa jadi pasangan tersebut berpisah.

Entah bagaimana manusia rasa-rasanya siap untuk merasa sakit dengan berpisah dengan orang yang di cintai, dan sekarang kita akan membahasnya. Ada dua tipe manusia soal pendamping dalam hidupnya sepengetahuanku. Yg pertama, kita memberi contoh dia seorang laki-laki dan dia mengejar satu orang perempuan pada akhirnya mereka berpacaran. Lalu setelah beberapa tahun pacaran mereka putus, entah karena tidak cocok lagi, entah untuk suatu alasan pendidikan atau apapun itu.

Namun beberapa tahun kemudian, si cowok kembali memulai percakapan dengan mantannya si perempuan tadi, sampai pada beberapa waktu akhirnya mereka bersama dan kembali menjalin kasih. Contoh yang kedua, ada seorang laki-laki yang sudah lama memendam rasa kepada wanita yang ia cintai sampai pada akhirnya mereka jadian lalu putus ditengah jalan untuk alasan apapun itu. Dan setelah beberapa waktu berlalu, si pria tersebut ini mulai membuka hatinya untuk mencari cinta dari perempuan yang lainnya lagi.

Advertisement

Jadi intinya dari kedua contoh diatas, setiap orang punya pilihan masing-masing dalam hidupnya. Untuk contoh yg pertama, bagi seorang laki-laki tersebut, hanya ada nama wanita itu dalam hati dan hidupnya. Baik sekarang dan sampai selamanya hanya akan terukir dan tersimpan sosok wanita tersebut. Dia tidak akan pernah tergantikan, karena bagi si pria kalau sudah satu, maka hanya wanita tersebut selalu dalam hidupnya.

Dan contoh yg kedua, untuk laki-laki yang sudah berpisah dari kekasih dan kemudian menjadi mantan, maka perjalanan cinta selanjutnya dia akan mencari sosok wanita baru yang lebih tepat bagi dirinya. Dan ketika sudah menemukan, maka si pria hanya akan mencintai wanita tersebut untuk selamanya. Dia akan melupakan mantan kekasihnya dan hanya akan mencintai wanita yang saat ini sedang bersamanya.

Ada satu cinta yang luar biasa masuk kedalam hati dan kehidupan seseorang sehingga ia tidak bisa pindah ke lain hati dan seterusnya ingin bersama seseorang tersebut. Dan ada seseorang yang melupakan cintanya yang terdahulu dan sekarang memilih untuk bersama orang baru yang tentunya memeberikan cinta yang lebih hebat kepada dirinya. Dan aku? Aku termasuk tipe manusia yang mana? Mungkin belum bisa kujawab karena belum aku akhiri perjalanan cintaku, masih belum berhenti berlabuh.

Dan juga kamu? Kamu berada di contoh yang mana? Untuk seseorang, ada yang dalam hidup dan hatinya hanya satu nama dan hanya akan ada orang tersebut. Untuk seorang lainnya, orang yang dulu pernah ada namun telah pergi, dan dia sekarang telah menemukan pengganti, maka si pengganti tersebut akan selalu ada dalam hidup seseorang tersebut untuk selamanya."