Hi, apa kabar kamu yang lagi diet? Kenapa sih giat banget diet? Tahu nggak di atas usaha kalian yang super keras itu, aku di sini pengen banget dibilang “kok gemukan?”.

Dibanding ledekan badan gendut atau baju kekecilan. Disini ada yang selalu mendapat tamparan kalau badan keker-ingan, yang kalau buka baju dijamin anjing pada ngejar (tulang semua). Belum lagi kata ‘tinggal tulang sama ketut saja’ cukup ngebuat shock kalau ternyata diluar sana banyak orang yang berusaha nuruni berat badannya untuk dibilang ‘ih kamu kurusan ya’.

Duhai pengiat ilmu adakah sebuah alat yang dapat mentransfer lemak untuk kami-kami yang meski sudah cukup makan masih kurus juga. Tolong buatkan untuk kaum ku ini. Yang sedang mencari artikel menaikan berat badan, tapi munculnya malah ‘tips diet, tips nuruni berat badan’.

Baiklah kawan, inilah gaya hidupku yang mungkin bisa sedikit membantu, si kurus untuk kamu yang sedang berjuang nurunin berat badan. Semangat!

Makanlah setelah lapar, Berhenti sebelum kenyang

Alih-alih dianjurkan oleh Rasul Muhammad SAW, aku selalu melakukan hal ini ketika makan. Kenapa? karena kalau tidak lapar selera makanku rendah sekali. Karena itu makan sebelum lapar adalah satu hal yang selalu ku lakukan. dan kenapa berhenti sebelum kenyang, karena jika makan terlalu kenyang, akan menjadikan malas, ngantuk dan akhirnya tidur. Tidur setelah makan tidak sehat.

Minum air putih sebelum makan dan saat makan

Advertisement

Bukan berarti kamu harus minum melulu, tapi minumlah sedikit sedikit. Aku memang terbiasa minum air putih sebelum makan, tujuanku adalah untuk membuat mulut tidak kering. Tapi dari beberapa artikel hal inilah yang mengurangi nafsu makan. Dan minum ketika makan adalah tujuannya untuk menyeimbangkan antara makanan dan air didalam lambung. Karena tidak sedikit dari beberapa dari mereka yang makan dengan lahap dan diakhiri dengan minum membuat porsi makan lebih banyak.

Makan apa yang diambil saja, jangan tambah-tambah

Entah kenapa kebiasaanku adalah makan apa yang sudah aku ambil saja. Tidak tambah dan tidak mengurangi. Ini yang kadang buat jadi kesel kalau lagi di rumah makan yang kalau ngasi nasi Portugal banget (porsi tukang gali). Aku terpaksa untuk ngabisin walaupun udah kekenyangan (gag boleh mubazir).

Jangan makan bersama

Apa lagi kalau makan di resto, warteg, wardang (warung padang) soalnya mahal. Apa lagi kalau kita lagi ulang tahun. Selain bikin namabah berat badan juga bikin kantong kering. Kenapa? karena makan bersama atau rame-rame bisa meningkatkan nafsu makan dua kali lipat. Aku biasa makan sendiri *sudah terlalu lama sendiri.

Makan ama calon *Mertua

Biasanya suka jaimkan kalau makan bareng calon. Makannya dikit-dikit disisahin. Tapi jangan minta bungkus ya.

Siang makan nasi kalau malam minum susu

Aku tu gak biasa makan malem, makan siang aja males banget. Repot tau harus keluar sana, muter sini, belum lagi mamang basonya nggak mangkal, pecel lelenya belum dipancing, gerobak nasi gorengnya diangkut satpol PP. Makanya ganti aja sama minum susu, ama ngemil roti kaleng yang jarang disentuh. Lebih simple. Tinggal seduh. Udah.

Jangan nggak sarapan

Mungkin karena semalem nggak makan ya jadi aku harus sarapan. Tapi ya gitu, tetep aja sarapannya paling beberapa potong kue basah, atau roti, sama susu. Udah. Itu dimaksudkan biar upacara kuat sampai kata ‘bubar grak’.

Kalau mau ngemil, pakai mode berjamaah

Pasti tahu slogan “bersatu kita teguh bercerai kita runtuh” begitulah kekuatan berjamaah. Maksud hati biar semangat ngemilnya eh cemilannya habis duluan sama yang lain. *gue yang beli juga !!!

Abisin waktu buat jalan-jalan bukan buat jajan-jajan

Orang kurus kaya aku tu hobinya jalan, badannya ringan, kalau dikejar anjing kencang, kalau kena angin kaya layangan. Slogannya my trip my adventure bukan my food my adventure.

Kalaupun nggak jalan-jalan, sibukin sama kerjaan. Kerjaan mikir

Biasanya kalau udah ada kerjaan lupa ama segalanya, pacar aja bisa lupa (padahal nggak punya), lupa mandi, ganti baju lupa, lupa istri (nikahnya kapan !), apa lagi makan. Bahkan nama sendiri bisa lupa. Jackie chan triak *Who am Iiiiiiiii !!?.

Jadi anak kostan

Jadinya selera makan turun drastis, karena selain males masak sendiri, males beli makanan sendiri, ternyata yang selama ini bikin nafsu makan meledak itu cuma masakan orang tua tercinta.

Ganti ngemil ama ngelamun

Kebiasaan orang kurus kaya ini kalau ada masalah ngelamun, mikir untuk nyelesein masalahnya, ngak malah dilampiasin ama makan sebanyak-banyaknya. Tuh kan jadi pada glambir.

Puasa

Untuk yang ini Cuma beberapa kata aja “Hidup sehat dengan ibadah”. Bilang aja Anak kost. Tapi jangan niatkan puasa untuk diet, apa lagi hemat.

Syukur

Kadang aku nggak sadar kalau badan ku itu termasuk kategori kurus. Sampai beberapa temen blang ‘ ih kok kurus banget sih’, sejak kapan jadi wayang kulit’ atau ‘itu badan tinggal tulang ama kentut aja’. Kenapa aku nggak sadar karena aku nggak terlalu mempedulikan hal itu, karena aku ngerasa beginilah tubuhku ku yang diberikan, cukup bagiku, asal sehat, dan mampu beraktifitas. Biarin aja beli celana kedodoran, kemeja kebesaran. Toh ada tukang vermak. Bagi-bagi rejeki kan dapet pahala.