Hai para pejuang SBMPTN 2017! Gimana nih dengan kabar persiapan SBMPTN nya? apakah semakin mantap atau makin khawatir karena bingung mencari jurusan kuliah yang tepat?.

Meskipun SBMPTN masih beberapa bulan lagi, tapi kalian harus tetap mempersiapkan secara matang dan hati- hati ya. Ungkapan dari seorang Winston Churcill "Awalilah setiap pekerjaan dengan perencanaan yang baik, karena gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan". Tidak mau kan jika harus merencanakan kegagalan? So, lakukan perencanaan yang matang dari sekarang ya.

Sebagai seorang pejuang SBMPTN 2017, kalian harus tau trend kelulusan SBMPTN atau tes PTN lainnya dari tahun ke tahun. Siswa yang lulus SBMPTN di tahun 2014 mencapai 13,4% dari jumlah pendaftar, tahun 2015 yang lolos 13,7% dan di tahun 2016 siswa yang lulus SBMPTN adalah 17,5%. Hal ini menunjukan bahwa dari tahun ke tahun yang lulus SBMPTN hanya sekitar 13-18%.

Artinya persaingan SBMPTN dari tahun ke tahun emang sengit sekali, hanya mereka yang terseleksi secara ketat yang akhirnya bisa masuk universitas yang menjadi impian mereka.

Nah, kita coba analisis kenapa masih banyak yang belum berhasil dalam SBMPTN atau tes PTN lainnya. Berdasarkan analisis ternyata diantara mereka yang belum lulus SBMPTN karena tidak memiliki persiapan yang matang, mereka tidak memanfaatkan waktu dengan sebaiknya, mereka cepat puas dengan nilai TO (Try Out), mereka tidak menghafal konsep tapi menghafal tipe soal dan rumusnya, mereka tidak berani keluar dari zona nyaman, mereka cenderung ikut-ikutan dan gengsi, dan penyebab yang paling fatal adalah karena mereka tidak mengetahui jurusan kuliah apa yang tepat dengan karakter mereka.

Advertisement

Ketika seseorang tidak mengetahui potensi dirinya, maka dia akan bingung dengan jurusan atau karir apa yang tepat. Tahukah kamu, bahwa setiap orang memiliki jodoh karir yang dapat diprediksi berdasarkan karakter dirinya. Maksudnya, ketika kalian sudah mengetahui apa karakter dominan yang dimiliki dan kalian tepat dalam memilih jurusan kuliah hingga masuk ke industri yang tepat pula saat bekerja, kalian akan menemukan kenyamanan dan bekerja secara totalitas. Hal ini penting karena dengan mengetahui potensi diri, kita mampu menentukan jurusan kuliah apa yang membuat kita akan berkembang di sana.

So, Para pejuang SBMPTN harus tetap semangat dan jadilah "calon mahasiswa yang cerdas dalam menentukan masa depan". Selamat berjumpa di puncak kesuksesan!