Penilaian orang lain sama sekali tidak mengubah nilai diri anda. Oranglain boleh saja menyepelekan anda, merendahkan anda, baik dengan kata-kata langsung, maupun secara tersirat. Anda tidak akan bisa menghindari itu dalam kehidupan sosial. Memang tidak nyaman didengar, namun anda tidak akan bisa meminta mereka untuk diam.

Bahkan disaat anda berbuat baik kepada mereka, belum tentu mereka akan baik juga kepada anda. Tidak usah berkecil hati mendengar kata-kata negatif dari oranglain yang menjatuhkan, kuncinya hanyalah bagaimana anda menyikapinya.

Jika anda terpengaruh dengan kata-kata oranglain, artinya ada keraguan dalam diri anda. Mungkin anda seringkali berasumsi dan berprasangka untuk memikirkan apa yang bisa anda perbuat tentang hal-hal diluar kendali anda. Ini yang seringkali membuat anda terjebak untuk berpikir hal-hal yang negatif. Berilah kesempatan pada pikiran anda untuk berpikir positif, karena anda lah yang memegang kendali atas pikiran anda sendiri.

Terkadang anda hanya perlu terus berjalan, tanpa peduli pada apa yang oranglain katakan. Fokus dengan apa yang anda lakukan, sehingga apa yang menjadi impian anda selama ini semakin dekat untuk diraih. Jangan pernah menganggap diri anda tidak cukup baik. Jangan bandingkan pencapaian anda dengan pencapaian oranglain, karena hidupmu adalah hidupmu sendiri. Anda tau yang terbaik untuk diri anda sendiri. Anda hanya perlu memberikan usaha yang maksimal untuk hidup anda.

Merasa diterima oleh oranglain adalah sesuatu yang bisa membuat manusia senang. Justru karena itu, mereka menjadi sangat peduli dengan apa yang oranglain pikirkan dan katakan. Padahal, seburuk apapun yang oranglain katakan tentang anda tidak berarti apa-apa. Anda tidak perlu membuang seluruh energimu untuk meladeni mereka.

Advertisement

Hidup ini terlalu singkat hanya untuk mendengar pendapat buruk oranglain tentang kita. Manfaatkan waktu anda sebaik-baiknya dengan meraih banyak hal dalam hidup. Tak perlu khawatir dengan apa kata orang, anda harus yakin dengan apa yang ingin anda jalankan.

Setiap perkataan yang kurang enak didengar, ada baiknya tak perlu mempedulikannya. Buktikan saja dengan keberhasilan yang nanti akan anda raih. Buat mereka merasa malu karena telah salah menilai anda. Yakinlah bahwa kerja keras akan membuahkan hasil yang besar.

Emosi negatif hanya akan merugikan diri anda sendiri. Terlepas apa yang dikatakan orang tentang anda itu benar atau tidak, anda harus tetap menyikapinya dengan positif. Karena semua yang positif akan baik untuk diri anda. Mungkin ini cara Tuhan untuk mendewasakan anda agar kita lebih tenang, lebih bijaksana, dan lebih terlatih.

Saya sadar memang tidak mudah untuk bersikap seperti ini. Tapi percayalah, anda tidak dilahirkan untuk membahagiakan semua orang. Dan tidak ada satu pun orang yang bertanggungjawab atas kebahagiaan anda sendiri. Bahagia atau tidaknya diri anda terletak pada diri anda sendiri. Setiap kali hidup anda merasa tidak sempurna, selalu ingat diluar sana ada orang yang tidak seberuntung hidup anda. Jadilah seperti singa, karena ia ditakuti karena pendiam. Jangan jadi seperti anjing yang dijadikan mainan karena mereka terus menggonggong.