(Tulisan ini didedikasikan untuk seorang teman baikku- WW)

Memiliki teman adalah hal yang menyenangkan dalam hidup, terutama bagi kaum muda. Apalagi bagi kamu yang berusia 20an pasti pengen banget punya teman atau komunitas yang bisa terima kamu apa adanya dan membuat kamu merasa nyaman. Tapi tidak semua teman pantas jadi teman baik atau sahabatmu. Ada teman yang mungin hanya ingin mengambil keuntungan darimu atau hanya berteman ringan tanpa ada komitmen.

Kamu mesti pandai menilai karakter teman kamu sebelum memutuskan untuk mau tetap menjalin pertemanan dengannya atau tidak. Menurut pengalamanku tidak ada suatu kriteria mutlak bagi seorang teman yang layak kamu pertahankan. Semua bergantung pada kebutuhan tiap orang dan kecocokan antar individu itu sendiri. Di antara sekian banyak kriteria seorang teman, aku rasa satu hal ini perlu kalian pertimbangkan.

Seorang teman yang selalu berusaha mendukung pemikiran ataupun tindakan temannya selama hal itu tidak melanggar aturan ada. Saat aku ingin mengejar cita-citaku dia akan tanpa ragu mendukung. Saat aku diskusi tentang pemikiranku dia akan dengan sabar mendengarkan. Tidak berhenti sampai di situ saja, dia akan membantuku dengan membenahi pemikiranku, memberi saran, menyemangatiku saat menjalani proses yang panjang menuju tujuanku dan dia bahkan tidak segan menegurku saat aku melakukan kesalahan.

Aku sering berbagi cerita tentang kehidupan dengannya. Di saat itupun dia juga bersedia mendengarkanku walaupun terkadang ceritaku sudah mulai tidak jelas melebar kemana-mana. Saat kami berbagi pengalaman itulah lama-lama aku mulai menyadari bukti nyata dukungannya padaku sebagai seorang teman yang baik.

Advertisement

Terima kasih teman untuk apa yang sudah kamu lakukan buatku. Mungkin kamu tidak menyadarinya (karena karaktermu yang baik), tapi apa yang kamu lakukan sudah menginspirasiku untuk melakukan hal yang sama buatmu dan buat teman-temanku yang lainnya. Aku ingin kamu tahu bahwa apapun yang kamu lakukan, kamu akan tetap jadi temanku, bahkan teman baikku.