Orang bilang bahwa hubungan kita unik, tak ada status pasti namun kita berdua masih tetap bertahan walaupun terpisah sejauh ini. Berkali-kali telah kita ucap janji, yang akan kita pegang sampai waktu membawamu kembali. tapi janji membuatku semakin mendambakan kehadiranmu kini, seakan hal itu hanya menambah rasa frustasi.

Tak peduli seberapa kejam jarak memisahkan kita, kuyakinkan kau sekali lagi, semua ini tiadalah berarti selama engkau masih ada di hati rentaku ini

Tahukah kau seberapa lelahnya aku setiap pagi? saat aku sadar kembali, bahwa kau terbangun di belahan dunia yang berbeda? Malam pun tak kalah melelahkannya, semua memori yang dulu, terpanggil kembali, seakan kau di sisiku dan menceritakannya sebagai dongeng pengantar tidurku. Betapa kejam waktu membagi-bagi dunia, ketika aku telah terbuai dalam mimpi, engkau disana baru akan memulai hari. Tak sering aku mendapat kabarmu, tak sesering dulu saat kau masih disini, barang sekali dalam sehari, itupun bagiku anugerah untuk modal tidurku nanti. Walaupun terkadang pesan itu terasa begitu singkat.

Percayalah, bukan hanya engkau yang bersedih hati ketika melihat hubungan yang kita bangun ini mulai retak

Memang benar kata pepatah, tiada gading yang tak retak, begitupun hubungan yang kita lalui. Kita memulainya dengan keyakinan penuh bahwa rintangan sekuat apapun tak akan mampu menjatuhkannya. Namun tetap saja, perbedaan waktu yang terlampau jauh, kurangnya waktu yang dapat kita habiskan bersama, dan kesibukan yang kita jalani; Sedikit demi sedikit mampu menorehkan sebuah goresan pada hubungan yang kita lalui ini. Ketahuilah, ketika hal itu terjadi, bukan engkau saja yang akan menitihkan air mata.

Maaf ketika apa yang kuberikan tidak mampu menorehkan senyum di bibirmu

Bahkan orang paling sejenius sekalipun pasti pernah mendapati dirinya kehabisan dengan ide. Begitu juga denganku, kadang kala kesibukan yang telah aku jalani dipadu pula dengan sedikitnya waktu yang dapat kita bagi bersama membuatku kehabisan akal bagaimana caranya agar aku dapat membuat engkau tersenyum lebar ataupun menorehkan rona merah kedalam pipimu yang indah itu. Ketika hal itu terjadi, tolong jangalah merasa gundah, karena aku pasti akan berusaha untuk membuat semua hari yang kita lewati dipenuhi oleh canda dan tawa dari kita berdua.

Jikalau kau merasa tak sanggup lagi, lihatlah kembali ke jalan yang telah kita lalui untuk mencapai titik ini

Kita bertemu sebagai seorang teman, namun dua tahun yang telah kita lewati sebagai seorang jauh lebih indah dibandingkan tahun-tahunku yang lain. Aku harap engkau juga berpikir demikian. Ketika kau berada disana, merasa tak sanggup melewati waktu yang mencekam ini, lihatlah kembali kepada semua gambar-gambar yang kita ambil ketika kita masih bersama, semua kenagan yang telah kita ciptakan selama ini. Semoga dengan hal itu engkau dapat menyadari bahwa apa yang telah kita lalui terlalu berharga untuk dibuang begitu saja.

Aku yakin, diujung jalan yang berliku ini, kita akan menemukan sebuah kotak penuh kebahagiaan

Advertisement

Hampir semua orang yang aku temui mengatakan bahwa hubungan yang kita lalui ini kejam, dimana beberapa dari mereka masih mempertanyakan kelangsungannya. Namun aku selalu mengindahkan apa yang mereka katakan. Aku tahu bahwa kamu adalah orang yang kuat, dan aku juga percaya pada diriku sendiri. Aku yakin kita akan mampu melewatinya, dan seperti apa yang telah menjadi pola pokok banyak orang, usaha yang besar akan menghasilkan hasil yang besar pula, aku yakin kita akan mendapatkan kebahagiaan yang berlimpah di depan sana, menunggu kita berdua untuk mengambilnya dan membenamkan tubuh kita didalamnya.

Aku bisa saja menahan rasa sakit yang ku derita, aku bisa saja tidak melihat wajahmu dalam waktu yang lama, aku bisa saja mencoba untuk berpaling darimu. Namun, aku tidak akan pernah bahagia, karena kau satu-satunya, yang dapat menjawab atas segala rinduku.