Setiap kegiatan orang pastilah akan memiliki ending yang berbeda meski mereka memiliki kesamaan jenis. Semuanya tergantung bagaimana orang tersebut menyikapinya dari hati masing-masing. Begitu juga dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan kegiatan wajib para mahasiswa sebelum melangkah ke proses skripsi.

Percaya atau tidak, kegiatan KKN selalu disambut dengan sikap kurang ramah oleh para mahasiswa. Kekhawatiran pun selalu muncul diawal setiap kegiatan ini akan dimulai. Kemudian, kegundahan tingkat tinggi pun tak jarang melanda para mahasiswa. Hal ini dikarenakan beberapa pertanyaan seperti dimana lokasinya, siapakah temannya, bagaimana tempat tinggalnya, bagaimana kondisi disana, apakah potensinya, dan sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan itu selalu menjadi tanda tanya besar ditengah para mahasiswa sehingga terciptalah sindrom bad mood menjelang KKN.

Terlepas dari pertanyaan-pertanyaan yang menghantui para mahasiswa, sebenarnya terdapat segudang manfaat yang sangat besar untuk para mahasiswa yang pastinya tidak menciptakan bad mood untuk kedepannya nanti. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat yang harus para mahasiswa tahu:


  • Menambah relasi

Relasi seperti halnya teman dan keluarga baru akan hadir pada saat KKN. Pastinya mereka akan memberikan warna baru dihari-hari kita kedepannya. Terlebih lagi akan ada banyak cerita yang dapat dijadikan album cerita dimasa depan.

Advertisement


  • Belajar bersosialisasi di masyarakat

Pada saat mahasiswa lulus kuliah, masyarakat pastilah sebagai wadah untuk berinteraksi bagi setiap orang. Berkat KKN, para mahasiswa dapat belajar berbagai dinamika yang ada di masyarakat. Mahasiswa KKN pun pasti akan mendapatkan gambaran bagaimana bersosialisasi yang baik di masyarakat.


  • Belajar hidup sederhana

KKN bukan kegiatan yang harus mewah, elit dan ajang pamer tetapi kegiatan sosial yang mengajarkan banyak pesan moral. Seperti halnya bagaimana mahasiswa dapat hidup ditengah masyarakat pedesaan dan belajar sederhana seperti mereka.


  • Belajar membangun potensi masyarakat

Masyarakat tidak semuanya sadar dengan potensi yang mereka miliki. Lewat KKN, kita akan belajar menyadarkan potensi masyarakat dan membangun program yang dapat masyarakat jangkau dengan potensi tersebut.


  • Belajar menyelesaikan masalah di masyarakat.

Jangan harap KKN itu akan bebas masalah, tetapi justru sebaliknya. Masalah dapat datang dari masyarakat, instansi lokasi dan bahkan dari kelompok KKN sendiri. Maka dari itu, disini kita dapat berlatih menjadi problem solver yang handal.

Itulah manfaat KKN yang pastinya tidak akan membuat menyesal dimasa depan. Semoga para mahasiswa yang menjalani KKN bisa mendapatkan arti KKN yang sebenarnya.