Titip Absen atau lebih tepatnya titip presensi atau yang sering kita sebut dengan TA (dibaca: te a) adalah tindakan mahasiswa yang bertujuan untuk memanipulasi daftar presensinya untuk kepentingan pribadi dengan cara menitipkan presensinya kepada teman sekelasnya yang (sekiranya) hadir dalam suatu mata kuliah. Hal ini disebabkan karena presensi merupakan salah satu syarat untuk bisa mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Hampir semua mahasiswa pernah melakukan hal tersebut, tapi tentunya dengan alasan yang berbeda-beda.

Bolos kuliah merupakan hal yang lumrah di kalangan mahasiswa. Banyak hal digunakan sebagai alasan yang menyebabkan seorang mahasiswa membolos, mulai dari hal yang masuk akal hingga hal yang tidak masuk akal, entah itu karena kegiatan kampus, organisasi ataupun karena hal lain. Selain itu rasa bosan dengan cara mengajar salah satu dosen pada matakuliah juga merupakan salah satu alasan mengapa mahasiswa lebih membolos daripada harus masuk kelas. Tindakan ini menyebabkan banyak dampak negatif untuk masadepan mahasiswa sendiri, berikut beberapa penjelasan tentang dampak buruk dari TA (titip absen):

1. Ketidak jujuran

Kejujuran merupakan hal penting bagi kehidupan. Dengan menitip absen secara tidak langsung berarti kita telah melakukan hal yang tidak jujur baik itu yang meminta TA maupun yang menandatangani presensi (orang yang dimintai bantuan untuk TA). Ketidakjujuran dalam hal kecil akan menimbulkan ketidakjujuran lain yang berdampak lebih besar.

2. Membuat rasa malas semakin bertambah

Advertisement

Dengan menitip absen akan membuat karakter seorang mahasiswa menjadi pemalas dan menciptakan generasi yang tidak produktif. Rasa malas tersebut akan berdampak pada dunia kerja, padahal sebenarnya tugas mahasiswa di bangku kuliah itu lebuh ringan dibandingkan dengan tugas yang didapatkan pada dunia kerja.

3. Tertinggalnya pelajaran

Salah satu dampak yang paling nyata dari TA adalah tertinggalnya pelajaran, walaupun pada akhirnya kita bisa mengikuti ujian tetapi belum tentu kita paham dengan apa yang disampaikan ketika perkuliahan.

4. Membuat kemunduran pada moral bangsa

TA merupakan contoh kecil tindakan yang dapat berpengaruh terhadap kemunduran moral bangsa, namun jika hal ini akan terus berlanjut akan berdampak besar. Dimulai dari ketidak jujuran hingga menyepelekan hal hal kecil. Apabila sejak kuliah sudah terbiasa berbohong bagaimana di kehidupan sesungguhnya yang lebih besar lagi nantinya?

Demikian beberapa penjelasan dampak butuk dari TA (titip absen) bahwasannya menitipkan absen adalah tidakan yang kurang tepat untuk dilakukan, bahkan dari hal ini dapat menyebabkan dampak lain yang lebih besar yang dapat berpengaruh bagi kehidupan baik itu diri sendiri, orang lain, maupun bangsa kita.