Assalamu'alaikum wr.wb
Dipenghujung awal bulan Muharram ini tentunya kalian sebagai umat muslim merasa bahagia dengan kedatangan tahun baru Hijriah. Yah, tahun baru Islam tentu banyak dirayakan dan diperingati oleh masing-masing individu dengan cara yang berbeda. Apa boleh? Tentu saja boleh, asalkan kita tidak melakukan sesuatu hal yang berlawanan dengan syariat agama.

Lalu sob, apa yang menjadi pembeda bulan muharram dengan bulan-bulan lain? Muharram merupakan salah satu dari keempat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Buktinya, banyak sekali karomah dan pertolongan yang Allah turunkan kepada nabi-nabi terdahulu.

Pada tanggal 10 Muharram:

Nabi Musa dan Nabi Harun sedang menghindar dari kejaran Raja Fir'aun bersama pasukannya. Nabi Musa dan rombongan terjebak dan terhenti setelah melihat arah jalan yang ia lewati ternyata mengarah ke Laut Merah. Namun, berkat petunjuk yang diberikan Allah. Nabi Musa memukulkan tongkatnya ke laut dan Laut Merah pun terbelah memberikan jalan Nabi Musa dan rombongan untuk menyebrang ke sebrang daratan. Ketika Nabi Musa dan rombongan selamat dan sampai ke sebrang, kala itu rombongan fir'aun masih sampai pertengahan laut. Na'as, laut kembali pada keadaan semula. Fir'aun dan pasukannya pun tenggelam dan binasa dilaut termakan gelombang besar.

Nabi Ayub yang terkena penyakit mengerikan, sembuh atas karunia Allah pada tanggal 10 Muharram. Nabi Ayub mendapat kesembuhan dari mata air yang keluar dari ketukan kakinya. Nabi Ayub menggunakan air itu untuk minum dan mandi, dan berkat mu'jizat dari Allah Nabi Ayub sembuh dari penyakitnya.

Advertisement

Nabi Ibrahim tidak mempan dibakar oleh api Raja Namrud. Nabi Ibrahim yang menghancurkan berhala-berhala sesembahan Raja Namrud, membuat Raja Namrud murka dan mengutus utusannya untuk menangkap Nabi Ibrahim serta membakarnya. Namun, berkat pertolongan Allah. Api itu menjadi dingin dan justru membut Nabi Ibrahim merasa nyaman.

Nabi Yunus keluar dari ikan paus pada tanggal 10 Muharram. Pada tanggal 10 Syuro (Muharram), Nabi Yunus yang ditelan ikan raksasa akhirnya berhasil keluar berkat pertolongan Allah.

Ruh Nabi Muhammad diciptakan tepat pada 10 Muharram

Dan sebagainya

Itulah sedikit gambaran tentang hal – hal istimewa yang dialami oleh para Nabi dan Rasul Allah pada bulan Muharram, khususnya pada tanggal 10 Muharram.

Demikian juga, Para ahli agama mengutarakan bahwa muharram merupakan bulan yang sangat dimuliakan. Sehingga pada bulan muharram kita disunahkan untuk melakukan puasa sunnah, amalan dzikir, memperbanyak membaca al qur'an, dan ibadah sunnah lainnya.

Pada tanggal 9 Muharram, kita disunahkan berpuasa Tasu'a dan pada tanggal 10 Muharram kita disunnahkan pula berpuasa Assyura. Pahala dari kedua puasa sunnah ini sangat besar, sehingga sangat dianjurkan oleh para ahli agama untuk mengamalkan.

Puasa utama setelah ramadhan adalah puasa 10 muharram

Pahala dari berpuasa 10 Muharram adalah diampuninya dosa seseorang ditahun lalu dan ditahun yang akan datang. (Sebagian ulama berpendapat 1 tahun, sebagian berpendapat 50 tahun). Subhanallah, memang sangat istimewa puasa dibulan yang satu ini.

Amalan sunnah yang dianjurkan lainnya:

Membaca ayat kursi sebanyak 360 kali, ini menandakan bahwa kita beranggapan memiliki cadangan membaca ayat kursi selama setahun.

Membaca yasin sebanyak 41 kali.

Perbanyak sholat tahajud dan sholat malam lain.

Perbanyak bertaubat dan memohon ampunan Allah SWT.

Dan masih banyak amalan – amalan sunnah lain yang dapat Anda lakukan, jadi? Jangan ketinggalan untuk berpuasa 10 Muharram yang Insya Allah pahalanya sangat besar tersebut.
Wassalamu'alaikum wr.wb