Seringkali kita tinggal bersama orang yang lebih tua atau lebih senior di atas kita, di manapun berada. Jika kita seorang siswa, maka senior kita adalah kakak kelas, jika kita seorang mahasiswa, maka semester di atas kita adalah senior kita. Pastinya tak jarang kita mendapati tingkah-tingkah mereka yang kurang kita suka, ini dia di antaranya:

1. Tukang suruh

Wahai para junior, bersabarlah kalian dengan senior-senior yang seenaknya. Apalagi jika harus tinggal sekamar dan kalian pun akhirnya dengan berat hati menerima anjuran dan usulan yang terkadang lebih mirip perintah untuk dituruti. Entah jadwal piket kebersihan yang mereka abaikan, kebijakan bersama yang kurang adil atau apapun itu.

2. Tidak mau kalah

Siapa sih yang mau menerima kekalahan? Hanya sedikit orang yang dapat menerimanya, begitu juga dengan para senior kita, ada saja alasan yang dilontarkan untuk pembelaan diri. Ah, memang senior adalah pemilik kebenaran, hehe.

Advertisement

3. Timbulnya sifat menguasai

Bilangnya ingin meminjam, tapi hingga saat ini tidak dikembalikan. Kau tempati tempatku, kau babat habis jatahku, duh wahai senior-senior tercinta, kalian memang dewa, hehe. Sayangilah junior-juniormu, bukankah Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa yang tidak menyayangi maka tidak akan disayangi."

 

Itulah beberapa sifat para senior yang semaunya dalam bertindak, tapi tidak semua senior begini loh. Ada dari mereka yang memeliki sifat seperti sahabat sendiri, mengayomi, menyayangi, dan membantu adik-adiknya yang sedang dalam kesulitan. Untuk kalian para junior, jika ada yang mengeluh karena disuruh ini itu oleh mereka, maka katakan saja kepadanya:


“Jika kau sudah di posisi mereka, jangan seperti itu ya!”