Kita sering kali sibuk menyiapkan resolusi untuk tahun-tahun mendatang. Sampai lupa untuk melakukan refleksi atau introspeksi diri untuk setiap kesalahan.

Sebenarnya boleh aja sih menyusun rencana-rencana baru untuk masa depan. Itu tidak salah kok. Dan itu memang perlu. Namun ada baiknya sebelum kita menuliskannya kembali apa saja rencana atau resolusi kita di masa depan, tak ada salahnya untuk berintrospeksi diri terhadap peristiwa atau kejadian sebelumnya. Mengapa kita perlu melakukannya?

Refleksi dan Resolusi, dua hal yang akhir-akhir ini sering disebut banyak orang. Apalagi saat akan mendekati akhir tahun dan awal tahun baru masehi. Orang-orang akan berlomba-lomba untuk membuat rencana-rencana baru dalam hidup mereka. Membuat resolusi yang akan dilakukannya selama satu tahun ke depan. Tak jarang bagi mereka yang pada tahun-tahun sebelumnya belum bisa mewujudkan harapan, impian, atau cita-citanya, maka ditahun mendatang mereka berharap semua itu bisa diwujudkannya. Entah dari hal yang sederhana, remeh, atau sepele sekalipun hingga hal-hal yang besar, atau tinggi. Mereka berusaha dan akan terus berusaha untuk mewujudkan itu semua.

Namun ada hal yang perlu diingat sebelum menuliskan itu semua ke dalam catatan resolusi. Hal itu adalah peristiwa atau kejadian yang mengikutinya. Coba kita tarik mundur diri kita pada satu tahun ke belakang. Perkuat ingatan dan lihatlah kembali hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki. Sebenarnya tahun yang akan segera berlalu ini bisa saja digunakan sebagai ajang untuk merefleksikan diri. Mencari kesalahan pada diri sendiri dan kemudian di perbaiki. Namun sayangnya tidak semua orang sadar akan hal itu. Kebanyakan dari mereka sibuk mengejar apa yang menjadi cita-cita mereka.

Tidak apa jika kita ingin membuat resolusi untuk tahun-tahun mendatang. Tapi jangan sampai lupa untuk merefleksikan diri terhadap tahun-tahun sebelumnya. Tak ada salahnya bukan untuk belajar dari pengalaman yang terdahulu? Resolusi memang penting tapi refleksi untuk senantiasa memperbaiki diri jauh lebih penting. Karena memperbaiki diri juga termasuk ke dalam resolusi. Utamanya resolusi dari hari ke hari.