Rendah hati adalah sikap terdamai yang memiliki makna luar biasa. Orang yang bersikap rendah hati, mampu mengakui segala kekurangannya dan mengakui bahwa ia memerlukan orang lain untuk membantunya. Rendah hati adalah salah satu unsur sikap dewasa.

Rendah hati bukan berarti menutupi kelebihanmu, tapi cukup dewasa untuk mengakui kekuranganmu.

Namun, kebanyakan orang menganggap bahwa mengakui kekurangan hanyalah sikap mendramatisir keadaan. Mereka beranggapan pula bahwa lebih baik diam dan menjaga diri dari 'terlihat kurang' daripada meminta bantuan. Ini adalah sikap tersombong yang perlu dihilangkan.

Ketika sikap sombong dan tinggi hati menutupi diri, Anda hanya akan semakin kesulitan menemukan jalan keluar dari permasalahan Anda. Kemudian ketika banyak orang terdiam dalam kesombongannya, munculah manusia yang bersikap tidak peduli pula dengan mereka dan muncullah kalimat, "Sudah, biarkan saja.." "Ah sudahlah biarkan saja orang seperti itu," ini sudah salah, dan harus diubah. Jangan biarkan orang-orang tidak peduli dengan orang disekitarnya pula.

Lalu, pertanyaannya adalah bagaimanakah menjaga sikap rendah hati di tengah dunia yang keras dan memandang kerendahan hati sebagai tanda kelemahan?

Advertisement

Langkah pertama, jadilah pribadi yang apa adanya didepan orang-orang yang Anda percaya. Jadilah sejadi-jadinya, setiap ada masalah dan kesulitan, ceritakanlah dan mintakan bantuan kepada orang yang Anda percaya. Orang-orang tersebut bisa berasal dari keluarga dan sahabat. Carilah orang yang tidak akan memandang Anda lemah, pilih orang yang mencintai Anda tanpa syarat. Ibu contohnya.

Anda akan belajar banyak dari mereka. Anda akan menemukan jalan dari segala kesulitan Anda. Anda pun menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semakin berkembang setiap hari dan semakin Anda mudah berinteraksi dengan banyak orang dalam lingkungan yang lebih luas.

Setelah mendapatkan cara dan kemudahan dari orang terdekat, Anda mampu menjelajahi dunia yang lebih menantang. Beberapa orang akan hormat karena ilmu Anda. Beberapa orang akan kagum dengan cara termudah Anda menghadapi masalah.

Anda harus berbagi, itulah investasi terbesar yang bisa Anda tanamkan. Dengan berbagi ilmu, orang tersebut akan menghargai Anda hingga kapanpun. Dan Anda telah menjadi bagian dalam hidupnya. Kemudian ketika Anda kesulitan, orang-orang tersebut juga akan kembali mempermudah Anda.

Itulah salah satu manfaat dari rendah hati. Mengakui kekurangan, dewasa dalam menyadari kelemahan, mau membagi ilmu dengan orang yang lebih tidak tahu, mengakui bahwa Anda memerlukan bantuan, dan ikut memberi nilai pada diri orang lain adalah hal terindah yang bisa dilakukan seseorang dengan menerapkan sikap rendah hati.

Tak hanya sampai disitu, sebagai pendengar orang yang menceritakan kelamahan serta meminta bantuan, Anda juga harus mau mendengar orang tersebut. Jangan pernah memandangnya lemah dan tidak bernilai. Jangan. Ia hanya berusaha menjelajahi dunia yang belum ia ketahui.

Dengan sikap rendah hati serta menghargai orang yang mau belajar, lingkungan Anda dan seluruh dunia Anda akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan! Selamat mencobaaa:)))