Mungkin masih ada orang-orang yang berpikir tentang apa sih gunanya aksesoris. Bagi wanita aksesoris tentu sangat penting, aksesoris dapat menjadi penunjang penampilan, memperindah dan mempercantik diri. Aksesoris dapat digunakan pada saat acara formal maupun hanya sekadar untuk santai aja. Arti aksesoris pun sangat penting bagi wanita, sebagai penyempurnaan penampilan serta dapat mencerminkan kepribadian.

Aksesoris sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu, karena pada dasarnya wanita dan perhiasaan memang nggak bisa dipisahkan. Seiring perkembangan jaman, aksesoris pun mulai mengalami perkembangan mulai dari bentuk maupun coraknya. Dari mulai aksesoris yang asli dengan harga mahal atau aksesoris imitasi dengan harga murah, nggak jadi masalah bagi wanita yang ingin tampil trendi dan nyentrik. Ngomong soal aksesoris, Indonesia juga punya berbagai macam aksesoris yang dibuat dari bahan-bahan lokal yang menjadi ciri khas daerah tertentu, walaupun terkesan agak mahal tapi dengan kualitas yang bagus dan unik, dijamin kamu nggak akan nyesel beli.

Nah buat kalian yang suka dengan barang-barang etnik dan unik, Hipwee akan kasih rekomendasi aksesoris unik yang mungkin bisa kamu beli.

1. Gelang rope dari Kulawi, Sulawesi Tengah bisa bikin penampilan tanganmu terlihat unik dan seru

Gelang ini terbuat dari biji rope atau jali-jali yang merupakan tumbuhan biji-bijian dari suku padi-padian. Pada jaman dahulu rope digunakan sebagai salah satu pengganti makanan selain nasi. Rope terkenal di daerah Kulawi, Sulawesi Tengah. Mungkin kalian berminat untuk membeli agar penampilan terlihat unik.

2. Gelang anyaman rotan dari Kalimantan Tengah bikin penampilan pun terlihat kece juga

Advertisement

gelang rotan via www.tokopedia.com

Gelang ini terbuat dari resam atau rotan Kalimantan Tengah. Rotan yang telah diserut kecil, dibentuk menjadi anyaman. Warna hitam diperoleh dari proses pewarnaan alami dengan cara merendam rotan dalam fermentasi daun rambutan di lumpur.

3. Gelang sikka dari Sikka, Nusa Tenggara Timur. Mewah di balik tradisi

gelang sikka via www.gerai%20nusantara.com

Biar penampilan mu semakin unik, kamu perlu nih coba pakai gelang sikka dari NTT. Dulu gelang ini digunakan sebagai mahar pernikahan, terbuat dari gading gajah. Tapi karena gading gajah semakin langka dan termasuk hewan yang dilindungi, sehingga sekarang diganti dengan tembaga. Gelang ini dipakai oleh wanita dikedua tangannya dengan jumlah yang sama.

4. Kalung etnik kayu, banyak ditemui di daerah Jogja dan Solo

gelang kayu etnik via www.olx.com

Selain gelang, kalung juga dipakai sebagai aksesoris penunjang penampilan. Kalau kalian jalan-jalan ke daerah Jogja atau Solo, pasti nggak asing lagi liat banyak penjual yang menjual kalung yang berbahan dasar kayu. Terbuat dari kayu lokal yang dibentuk menjadi bermacam-macam bentuk, seperti kupu-kupu, bunga, atau lingkaran. Dicat dengan warna coklat atau warna-warni. Kalung ini juga cocok dipakai dalam gaya formal maupun kasual. Cocok deh buat kalian yang suka dengan gaya etnik.

5. Kalung kayu kalimasada asli Karimunjawa wajib kamu miliki juga nih

kayu kalimasada via www.kayustigi.com

Kayu kalimasada tergolong jenis kayu langka yang berasal dari kepulauan Karimunjawa. Kayu ini berwarna hitam, sangat ringan serta berserat padat. Nama kalimasada memiliki arti Kalimah Sahadad. Karena kalung ini terbuat dari kayu yang tergolong langka, harga untuk sebuah kalung ini pun lumayan mahal.

6. Kalian yang suka menggunakan syal, biar penampilan mu keliatan chic, kamu bisa coba syal tenun dari Lombok

syal tenun Lombok via www.olx.com

Pulau Lombok semakin terkenal karena sebagai detinasi wisata favorit dari dalam maupun luar Indonesia. Selain itu, Lombok juga terkenal dengan hasil kain tenunnya yang berbagai corak. Hasil tenun dari Lombok pun sudah terkenal sampai ke mancanegara dan kualitasnya pun sangat bagus. Kalian yang ingin coba penampilan berbeda, bisa coba menggunakan syal tenun dari lombok yang coraknya sangat variatif.

7. Dompet unik Piongan dari Toraja Sulawesi Selatan ini, bisa digunakan juga pada saat kondangan

clutch piongan via www.gerai%20nusantara.com

Kamu yang mau kondangan, tapi bosen dengan penampilanmu yang gitu-gitu aja, kamu bisa coba gaya baru nih. Pergi kondangan dengan memakai tas tangan unik dengan bahan yang terbuat dari rumput rawa. Dompet ini terbuat dari rumput rawa yang disebut mendong atau purun tikus. Tanaman khas ini tumbuh di daerah Piongan, Sulawesi Selatan. Selain unik dan cantik, dijamin deh banyak belum punya tas tangan khas Piongan ini.

Nah, itu dia guys aksesoris unik khas Indonesia yang mesti kamu punya. Walaupun buatan lokal tapi kualitasnya mancanegara Guys, bahkan udah ada yang di ekspor ke luar negeri juga lho. Selain itu dengan membeli produk hasil Indonesia, kamu juga udah ikut melestarikan budaya Indonesia:).

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya