Punya badan yang langsing alias kurus mungkin bisa jadi keuntungan sekaligus kerugian bagi kamu para cowok. Seringkali kamu bingung dalam memilih baju yang akan kamu beli biar kelihatan bagus di badanmu.  Alhasil rumus asal suka dan asal muat pun sering kamu terapkan.

Alih-alih keren, cara ini justru membuatmu terlihat makin kurus karena pemilihan baju yang kurang pas. Padahal buat kamu yang punya badan kurus ada trik tersendiri lho buat pilih outfit yang cocok dan ciamik buat kamu pakai. Baca deh artikel Hipwee kali ini. Di jamin kamu akan lebih bisa mematut bajumu biar terlihat makin kece.

1. Pertama, pilih warna yang tepat untuk membuat badanmu jadi terlihat ideal. Warna yang cerah bisa banget dipakai demi menciptakan ilusi itu

Baju warna cerah via imgkid.com

Dalam memilih warna, kamu harus tahu kalau kamu itu paling cocok kalau pakai warna cerah. Karena warna-warna yang cerah bisa membuat badanmu terkesan lebih berisi dan sebaliknya untuk warna gelap yang bisa menghasilkan ilusi yang bisa mengecilkan badanmu. Saat orang lain berusaha tampil lebih langsing dengan berkutat dengan warna-warna gelap, kamu bisa dengan pede tampil keren dengan warna putih, khaki, ataupun abu-abu muda.

Kamu bisa bebas memilih warna yang kamu sukai dan bisa merasa bebas dengan pakai corak warna cerah apapun yang kamu mau. Memakai baju yang terdiri dari beberapa warna juga nggak masalah kalau kamu menyukainya.

2. Pilihlah motif baju yang berukuran sedang kalau nggak ingin “tenggelam”. Untuk corak, pilihlah yang bercorak horizontal

Advertisement

Corak horizontal via www.aliexpress.com

Untuk kamu yang ingin pakai kaus bergambar ataupun kemeja flanel dengan motif kotak-kotaknya, pilih gambar atau corak dengan ukuran yang nggak terlalu besar maupun terlalu kecil. Pokoknya yang ukuran sedang aja. Karena yang terlalu besar akan membuatmu ‘tenggelam’ dan corak yang kecil akan membuat kamu semakin terlihat kecil. Dan jika kamu pakai kaus yang punya corak garis, pastikan kamu memilih kaus dengan corak horizontal. Karena corak vertikal hanya ditujukan bagi orang-orang yang memang ingin menutupi kelebihan berat badan mereka.

3. Demi badan yang lebih berisi pilih baju yang fit di badan agar torsomu bisa terlihat jelas

Model slim-fit via de.aliexpress.com

Kebanyakan cowok akan memilih baju hanya dengan patokan selera mereka, yang penting mereka suka tanpa terlalu memperhatikan ukurannya. Coba pilih baju dengan ukuran yang pas, nggak longgar dan nggak ketat. Karena baju yang pas di badan akan menutupi torso dari badanmu yang kecil tanpa membuatnya terkesan ‘tenggelam’.

Buat kamu cowok kurus yang suka pakai baju longgar, mulai sekarang kamu pakai baju yang pas aja, ya. Tapi bukan berarti yang lebih kecil itu lebih bagus, karena baju yang ketat dan nempel di badan juga akan memperjelas lekuk badanmu yang tipis nan langsing itu. Tips lain jika kamu akan memilih kemeja resmi, pilihlah kemeja yang ada labelnya ‘slim-fit‘ biar kamu terhindar dari kemeja reguler yang kadang jatuhnya masih kedodoran di badanmu.

4. Hindari baju yang punya kerah longgar ataupun V-neck. Justru kamu sangat pas pakai kaus dengan kerah bulat ataupun kerah tinggi yang disebut turtle-neck

Turtleneck collar via www.unrefinery.com

Buat kamu yang punya tubuh kurus, sangat disarankan untuk nggak memakai baju dengan kerah yang longgar ataupun berkerah rendah seperti v-neck. Karena kedua jenis kerah ini bisa membuat tonjolan tulangmu disekitar leher jadi terlihat dan membuatmu jadi semakin terlihat kurus. Sedangkan kaos berkerah v memang ditujukan untuk memberi efek yang melangsingkan bahu dan lengan, sehingga kalau kamu pakai baju jenis ini bahumu akan terlihat lebih sempit dan lenganmu jadi kecil.

Saat orang lain nggak bisa pakai pakaian hangat berkerah tinggi atau turtle neck karena terlihat jelek, tapi kamu yang bertubuh kurus bisa banget pakai model baju ini dengan keren. Kerah yang menyempit dan bulat pun bisa membuat penampilanmu jadi lebih proporsional.

5. Selalu kenakan baju berlapis untuk membuat badanmu jadi telihat makin berisi. Pakai teknik layering demi mengombinasikan beberapa baju

Kaus dobel sweater via www.lyst.com

Seperti misalnya saat pakai kemeja, kamu bisa memakai kaus polos di dalamnya. Setelahnya boleh juga kamu dobel dengan jaket varsity kesayanganmu. Mungkin beberapa cowok bilang ini ribet. Tapi saat orang lain pengin tampil keren dengan aksesoris jaket dan ini itu, kamu bisa memakainya dan nggak akan terlihat berlebihan.

Kaus dan jaket pun bisa kamu padukan jika ingin berjalan-jalan santai. Atau kaus ditambah kemeja dan blazer juga bisa kamu pakai untuk pergi ke acara resmi. Baju yang berlapis akan membuat badanmu menjadi semakin berisi dan jelas lebih keren.

6. Cowok pasti nggak akan jauh-jauh dari jaket. Untuk itu pilihlah ukuran jaket yang  fit dan panjangnya pas tepat di pinggangmu

Varsity jacket via www.pinterest.com

Mungkin jaket adalah salah satu pendukung penampilan yang terpenting dan bisa dipakai dalam berbagai acara dan situasi yang sering jadi andalan para cowok. Setuju nggak, guys? Memang jaket bisa banget bikin penampilan cowok jadi lebih keren karena modelnya yang pas dipadukan dengan baju apa saja dan bisa dipakai di segala acara non-formal.

Tapi jika memilih jaket untukmu yang bertubuh kurus, pilihlah jaket dengan panjang yang pas tepat di pinggangmu. Karena jaket yang terlalu panjang sampai melebihi pinggang akan membuatmu terlihat seperti anak kecil yang lagi pakai selimut. Atau jika terlalu pendek, maka kamu akan terlihat semakin cungkring. Disarankan juga kamu pilih bahan jaket yang cukup tebal untuk menambah volume tubuhmu.

7.  Perhatikan juga ukuran aksesoris yang kamu pakai ya, guys. Jangan sampai kamu pakai yang terlalu besar

Jam tangan yang proporsional via browsa.se

Aksesoris cowok seperti jam tangan, ikat pinggang, dasi, kaca mata dan tas memang yang paling sering dipilih cowok untuk melengkapi penampilannya. Tapi yang harus diperhatikan adalah ukuran dari aksesoris itu. Jangan sampai kamu yang bertubuh kurus memakai jam tangan ataupun ikat pinggang yang terlalu besar, hal ini karena proporsi ukurannya dengan tubuhmu yang akan membuat kamu jadi terlihat semakin kecil. Pilih aksesoris dengan ukuran yang sedang disesuaikan dengan ukuran tubuhmu.

8. Nggak perlu tergoda ingin pakai celana pensil, celana dengan model lurus memang yang paling pas untukmu

Boot-cut jeans via www.aliexpress.com

Walaupun memang sedang jamannya celana ketat model pensil, tapi buat kamu yang bertubuh kurus sebaiknya menghindari celana jenis ini. Karena modelnya yang ketat, maka bagian kakimu pun akan terlihat jadi semakin kecil. Sebaiknya kamu pilih celana dengan model lurus seperti model bootcut untuk jeans kamu dan model flat-front untuk celana bahan yang bisa kamu pakai di acara resmi.

Celana flat-front via pixshark.com

Kunci dari style untuk kamu yang bertubuh kurus adalah dengan memperhatikan proporsi tubuhmu terhadap ukuran outfit yang kamu kenakan. Kalau digabung dengan pemilihan warna dan corak yang tepat, sudah pasti akan membuat gayamu jadi semakin keren.