Selebriti dan tokoh politik memang sering digunakan sebagai alat marketing sebuah produk, terutama dalam dunia mode. Mungkin itulah yang terjadi beberapa hari lalu di tengah-tengah kekacauan 4 November yang sempat membuat ibukota kita guncang. Alih-alih menghiraukan isi pidato Jokowi, netizen justru ribut memperhatikan bomber jacket berwarna hijau lumut yang dipakai oleh beliau.

Alhasil, jaket ini langsung habis diserbu pembeli semenjak dilihat di layar kaca hari itu juga. Mau tahu ceritanya, simak artikel ini sampai habis yuk.

Bukannya fokus ke isi pidato, Netizen justru sibuk komentar tentang jaket Jokowi mulai dari pujian hingga komentar-komentar lucu

jokowi memakai jaket via life.viva.co.id

Pidato Jokowi terkait ricuh 4 November yang lalu justru tidak digubris oleh Netizen. Netizen berhasil #gagalfokus dan lebih menaruh perhatian mereka pada bomber jacket warna hijau tua yang sedang dipakai oleh beliau. Alhasil, Banyak komentar-komentar lucu baik bernada memuji maupun mencela.

Orang Indonesia selalu humoris dan bisa melihat dari sisi lain. Di luar demo damai yg berakhir ricuh, netizen malah menyoroti#jaketJokowi – tulis akun @artediapi

Beli jaketnya dimana Pak @jokowi? Saya mau beliin juga untuk suami. Keren paraaaaaaaah.. #jaketjokowi#gagalfokus – tulis akun @olippoo

Advertisement

Selain komentar-komentar lucu yang ditulis oleh netizen di sosial media seperti Twitter, banyak juga yang berpendapat bahwa hal tersebut adalah sebuah pengalihan isu. Pengalihan isu atau bukan, fenomena unik ini akan menjadi suatu momen ikonik dalam dunia hiburan dan budaya pop ketika kita membicarakn Presiden Jokowi.

Banyak yang bertanya-tanya terkait brand jaket tersebut, yang mana adalah Zara, sebuah rumah mode asal Spanyol

jaket zara via life.viva.co.id

Seusai acara jumpa pers, banyak penonton yang mempertanyakan di mana bisa membeli jaket yang keren tersebut. Netizen pun sempat bingung mengenai merek bomber jacket berwarna hijau lumut tersebut. Karena kemiripan desain dan warnanya, banyak yang mengira bahwa jaket ini adalah milik rumah mode Pull & Bear. Namun setelah diteliti lebih lanjut, jaket tersebut adalah jaket bermerek Zara. Zara sendiri adalah sebuah rumah mode asal Spanyol dengan produk-produk yang ditujukan pada masyarakat menengah ke atas.

Meskipun harganya mencapai delapan ratus ribuan, jaket tersebut langsung habis dicari oleh netizen

Pak Jokowi terlihat keren via bisnisdigital.net

Dilansir dari Detik.com, jaket yang bernada militer ini langsung laris dan sampai sekarang masih sering dicari oleh pemirsa. Padahal, jaket ini sendiri tidaklah murah lho. Satu bomber jacket milik Zara ini dibanderol dengan harga Rp.899.000,00. Meskipun begitu, harga yang hampir satu jutaan tersebut tidak menghentikan antusias masyarakat untuk membelinya.

Menurut Detik.com, jaket yang baru dirilis baru-baru ini langsung habis di tiga gerai toko Zara yang ada di Jakarta. Tentunya dengan adanya endorse tak sengaja dari pak Jokowi, jaket yang satu ini diprediksi akan laku keras setelah di restock sekitar seminggu yang akan datang.

Gaya jaket yang simpel nan unisex menjadi daya tarik dari Bomber tersebut. Jokowi pun dibanding-bandingkan dengan orang-orang ternama yang sempat memakainya

Salah satu daya tarik yang membuat netizen tertarik dengan bomber jacket tersebut adalah desainnya yang hip dan unisex atau bisa dipakai oleh jenis kelamin apapun. Jaket ini berbahan polyester yang berarti tahan lama, cepat kering, dan hangat. Dengan mode resleting di depan dan di sebelah kanan lengan, bomber jacket yang satu ini memiliki kesan yang modern.

Jokowi pun sering dibanding-bandingkan dengan pemakai jaket lain, terutama selebriti-selebriti asal Korea

D.O EXO memakai jaket yang sama via twicial.com

Park Bo Gum via forums.soompi.com

Sehun EXO via twitter.com

Nggak nyangka presiden kita ternyata bisa jadi kekinian dan hip banget ya. Padahal situasinya justru jauh dari kesan kekinian dan hip. Bagaimana? Kamu tertarik untuk membeli jaket tersebut kah? Atau malah jadi kepingin meng-endorse Bapak Presiden kita dengan produk punyamu? Hehehe.