“Widiiih, selamat ya Sis! Akhirnya sarjana!”

“Sarjana gimana? Tadi aja gue baru ketemu dosen ngebahas kelas yang harus gue ulang.”

“Oooh. Kirain. Abis lo pake kemeja putih sih, kirain mau sidang skripsi. Hihi.”

“… Haha.” #getir

Kemeja putih adalah baju yang pasti dimiliki oleh semua orang. Termasuk kamu, para cewek. Biasanya kemeja polos ini kamu beli untuk keperluan formal dan peristiwa tertentu saja, misalnya seragam SMA, untuk sidang tugas akhir, sampai melamar kerja. Setelah semua acara itu selesai, kemeja putihmu pun harus beristirahat dengan tenang di lemari. Alasannya, kamu tak tahu bagaimana bisa memakainya tanpa harus terlihat seperti mau melamar kerja atau sidang skripsi.

Sebenarnya kemeja putih tetap bisa kamu manfaatkan untuk tampil santai, kok. Tentu ada cara-cara yang bisa kamu ikuti supaya tetap terlihat kasual mengenakannya. Mau tahu seperti apa padu padan yang bisa kamu coba?

1. Agar tak terlihat seperti fresh graduate yang sedang melamar kerja, jangan pakai bawahan formal! Sebagai gantinya, kenakan saja rok bunga midi.

Raisa, mengenakan kemeja putih polos dengan rok floral midi dan hak tinggi. via instagram.com

Padu padan kemeja dan rok hitam memang tidak asing. Tapi kamu mau ke luar atau main ke rumah teman, bukan sedang bekerja sebagai training. Jadi, ganti rok hitam polosmu dengan rok bermotif, misalnya motif floral atau bunga-bunga.

Advertisement

Tak perlu pakai rok pendek agar terlihat seksi, motif floral pada rokmu sudah akan membuat penampilanmu menarik kok. Rok berukuran midi akan membuat penampilanmu tetap rapi dan sopan. Lalu jangan lupa masukkan kemejamu ya, agar bajumu terlihat lebih pas di badan.

Kamu juga bisa melipat bagian lengan kemeja sedikit ke atas. Gunakan saja sepatu apapun yang kamu punya, entah itu hak tinggi seperti Raisa di atas, wedges, platform, mary-jane, atau flat shoes yang nyaman dikenakan. Dengan penampilan semacam ini, kamu pasti bakal terhindar dari penampilan ala karyawan magang!

2.  Kamu pun bisa tampil edgy dengan memakai rompi. Supaya tak seperti karyawan restoran, pilih biker vest polos untuk dikenakan.

Jessica Alba yang manis pun bisa terlihat ‘gagah’ dengan kemeja putih dan rompi via www.elle.es

Terpaksa mengistirahatkan kemeja putihmu di lemari karena takut dibilang mirip karyawan restoran? Eits, tunggu dulu, kamu bisa mengambil inspirasi dari situ lho. Coba deh pasangkan kemeja putihmu dengan jeans bermotif dan boot gelap (walaupun ini sepatu boot, warnanya yang gelap tidak akan menarik perhatian). Sebagai pelengkap, tambahkan biker vest atau yang berwarna gelap. Jangan lupa lipat sedikit bagian pergelangan agar penampilanmu terlihat kasual.

Gaya ini cocok untukmu yang selama ini bosan berpenampilan feminin, tapi tak merasa tampilan santai seperti kaos dan t-shirt atau kemeja flanel itu “mencerminkan dirimu”. Selain tetap terlihat rapi dan tak berantakan, kesan maskulin yang muncul dari penampilan ini tak akan membuat cowok-cowok berpikir kamu tomboy, kok!

Nah, berani mencoba memadankan kemeja seperti gaya Jessica Alba? Keluarkan kemejamu sekarang!

3. Pergi kuliah dengan kemeja putih polos dan rok kotak-kotak adalah cara mudah untuk tampil beda di antara ratusan mahasiswa.

Kemeja putih dengan rok kotak-kotak, dengan kemeja dikeluarkan via www.harpersbazaar.com

Buat kamu yang sudah mempersiapkan kemeja putih namun ternyata skripsi masih jauh dari pandangan dan belum bisa sidang, gak usah sedih! Jika biasanya kamu mengenakan kemeja putih dan bawahan polos untuk sidang skripsi atau tesis, sekarang saatnya kamu tampil percaya diri dengan balutan busana kemeja putih dan bawahan rok kotak-kotak saat masuk kelas. Nggak apa dong harus mengulang kelas kalau kamu bisa tampil semenarik ini? Hehe.

Tak harus pakai sepatu hak tinggi. Kalau takut kakimu cedera, gunakan saja sepatu sneakers berwarna putih. Dijamin, ini akan membuat penampilanmu berbeda di antara ratusan mahasiswa.

4. Pakaian bukan cuma kain yang dijahit sampai jadi. Pakaian adalah identitas diri. Buatmu yang tomboy, padukan saja kemeja putihmu dengan jumper pants!

White shirt and jumper pants: perfection via yesstyle.com

Kemeja putih memang selalu identik dengan tampilan formal dan rapi. Tapi, sekarang kamu masih bisa tampil energik meskipun mengenakannya? Caranya, padupadankan saja dengan jumper pants kesayanganmu!

Tak perlu bingung memilih warna, karena kemeja ini bisa kamu pakai denim jumper pants warna apa saja. Lalu jangan lupa gunakan sepatu sneakers untuk menambah kesan santai pada tampilanmu. Gaya ini juga bisa kamu terapkan dengan mengenakan jilbab, asal kamu memastikan bahwa warna jilbabmu senada  dengan warna jumper pants. Kemeja putih juga bisa dibawa asyik kok… Berani coba?

5. Kamu mungkin takut kemejamu terkena noda. Kalau begitu, ke luar saja dengan sweater tipis dan celana jeans! 🙂

Kemeja putih dengan sweater? bagus nih via www.style-plaza.com

Karena takut kemeja putihnya terkena noda saat dipakai, orang lebih suka menyimpan barang itu di lemari. Begitu ingin dipakai, kemejanya sudah tidak pas lagi di badan.

Padahal kamu bisa lho mengenakan kemeja tanpa perlu takut kena noda. Tambahkan saja sweater kaos polos sebagai outer-nya. Lalu, gunakan celana jeans sebagai bawahan dan kenakan sepatu flat, sneakers, atau espadrilles. Kamu yang mengenakan jilbab juga bisa mengaplikasikan gaya ini dalan keseharianmu. Asal pastikan, warna jilbabmu tetap senada dengan outermu. Gaya ini cocok untukmu yang ingin tampil serius, seperti mahasiswa S-2 atau S-3 😛

6. Tak mustahil untuk tampil mewah dengan kemeja. Tambahkan saja blazer sequin sebagai luaran, atau percantik kulitmu dengan perhiasan.

Kemeja puith dengan outer blazer via prepaganda.tumblr.com

Umumnya, kemeja putih hanya bisa dikenakan untuk kerja, kerja, dan kerja. Gak jarang kamu jadi bingung untuk mengenakannya ketika di luar hari kerja. Tapi sekarang kamu bisa tampil mewah dengan kemeja putihmu lho. Tambahkan saja blazer bertema glamor, seperti blazer penuh sequin gold di atas. Hanya dengan tambahan blazer seperti ini, selepas kerja kamu bisa tampil lebih percaya diri saat pergi ke pesta. Masih ragu untuk mengenakan lagi kemejamu?

7. Jangan takut hujan. Cukuplah kamu takut hitam dan takut Tuhan. Dengan menambahkan jaket sebagai luaran, kemeja putihmu tetap akan aman dipakai di musim penghujan!

Kemeja putih dan jaket di musim hujan via somuchtosmileabout.com

Udara dingin bukan lagi menjadi penghalang untuk tampil cantik dengan kemeja putih. Meskipun udara sedang dingin kamu bisa berpenampilan keren dengan padu padan kemeja putih dan jaket anti air. Lalu pasangkan dengan celana jeans berwarna hitam.

Jaket ini juga bisa berguna melindungi kemejamu saat hujan turun. Kamu pun tak perlu takut bajumu basah hingga tembus pandang. Tak perlu ragu-ragu lagi, kamu bisa tampil keren saat nongkrong dengan teman-temanmu!

8. Kemeja putihmu tak akan membosankan jika kamu menumpuknya dengan blus pendek bermotif. Dijamin lebih asyik!

Kemeja dengan tambahan outer motif via theepitomeofquiet.tumblr.com

Gak sedikit orang yang enggan mengenakan kemeja putihnya untuk hangout keluar, karena takut warnanya membosankan. Kalau mau penampilanmu sedikit lebih ramai, kamu bisa mencoba memadankan kemeja putihmu dengan blus pendek bermotif sebagai luaran. Kamu juga bisa memilih bahan satin ataupun rajutan. Jangan lupa, sesuaikan warna blus pendek ini dengan bawahan yang kamu pakai, ya.

Cara ini ampuh untuk membuat penampilanmu lebih hidup saat harus pergi ke mal atau ketemu calon mertua. Dengan gaya ini, dijamin kemeja putihmu bisa menjadi lebih seru!

9. Harus ikut seminar? Buat penampilanmu berbeda dengan blus potongan pendek dan rok pensil.

Kemeja putih dengan outer sweater pendek via atlantic-pacific.blogspot.com

Kemeja putih memang pakai paling pas dipakai mengunjungi acara-acara resmi. Namun, kamu seringkali akan merasa bosan dengan paduan kemeja dan rok sepan. Nah, jika kamu ingin tampil lebih sumringah saat mengunjungi seminar, kenakan saja blus potongan pendek sebagai luaran. Selain itu kenakan rok pensil bermotif agar lebih cerah. Bagaimana, berani coba?

10. Siapa bilang kemeja putih polos bisa menghilangan aura femininmu? Dengan tambahan dress bermotif, kamu bisa tetap tampil cantik!

Dress dengan kemeja putih? jangan ragu lagi via www.helenabordon.com

Kemeja putih adalah jenis pakaian yang pasti ada disetiap lemari. Cewek ataupun cowok pasti tidak luput dari kemeja ini. Namun, terkadang masih ada beberapa orang beranggapan bahwa kemeja putih yang formal dan kaku bisa melunturkan sisi manis seorang perempuan. Jangan salah, kemejamu bisa membuatmu menjadi lebih cantik jika kamu padankan dengan dress selutut bermotif. Dan jangan lupa gunakan sepatu flat cantik polos untuk memaksimalkan penampilanmu. Berani bergaya bergaya seperti ini? Dijamin, kemejamu bisa membuatmu menjadi lebih cantik dengan tambahan dress ini!

11. Kemeja putih polos bisa juga kok kamu pakai kencan. Dengan jumper skirt, kamu bisa tampil manis secara instan.

Kemeja dengan rok jumper via baroquedown.tumblr.com

Jangan khawatir kemeja polosmu membuatmu menjadi kaku saat kencan dengan pacar. Untuk tampil manis, padu padankan saja dengan jumper skirt  bermotif floral. Tanpa perlu pusing lagi, kamu bisa menggunakan sepatu flat, sneakers, atau boot pendek untuk membuat penampilanmu menjadi lebih asyik. Dengan gaya ini, kamu bisa jauh-jauh dari kesan kaku dan sidang skripsi. Pastikan kamu memilih motif jumper skirt yang menarik, ya!

12. Kemeja putih memang terkesan resmi. Jika tak ingin terlihat membosankan, pakai saja sweater hitam sebagai luaran!

Sweater hitam juga bisa jadi pilhan via www.pinterest.com

Tidak bisa dipungkiri, kemeja putih polos memang mudah membuatmu terkesan resmi. Kamu pun tak banyak memakainya karena takut terlihat membosankan. Nah, jika kamu ingin tampil beda saat kuliah atau tes pekerjaan, tidak ada salahnya kok kamu tambahkan sweater hitam polos agar penampilanmu menjadi  lebih menyenangkan. Tenang, cara ini tidak akan tidak akan membuatmu terlepas dari kesan sopan kok. Baju yang bersih dan rapi sudah lebih dari cukup. Selamat mencoba!

13. Kemejamu baru — jangan membiarkannya beristirahat dengan damai. Celana jeans biru akan memastikannya tetap terpakai.

Padu padan kemeja putih dengan jeans tidak membosankan via somuchtosmileabout.com

Tanpa banyak aksesoris, sebenarnya kamu mengenakan kemejamu dengan celana jeans. Ini saja sudah cukup menjagamu dari kesan formal, kok. Coba deh bayangkan, tidak ada ‘kan orang yang sidang skripsi atau melamar kerja dengan celana jeans?

Gunakan kemejamu dengan lengan terlipat ke atas. Tambahkan juga statement necklace sebagai penghias. Jika kamu adalah penggemar hot pants, maka kemeja putih dua ukuran di atasmu cocok kamu kenakan. Sederhana bukan?

Terlepas dari kesan formalnya, kamu bisa menggunakan kemeja putih untuk tampil santai sehari-hari kok. Jadi kamu tidak perlu ragu untuk mencoba gaya-gaya yang Hipwee berikan ini.

Sudah beli kemeja dengan harga mahal, jangan biarkan dia menjamur di lemari! Selamat mencoba gaya-gaya ini! 🙂