Lensa kontak atau yang biasa disebut softlens warna-warni memang kini sedang populer di kalangan anak muda. Pada awalnya, lensa kontak sebenarnya berfungsi sebagai alat bantu penglihatan bagi orang yang mempunyai kelainan pada mata saat mereka tidak ingin mengenakan kaca mata. Tapi seiring perkembangan jaman, kontak lensa atau softlens ini berubah jadi fashion items yang bisa mempercantik penampilan.

Mungkin kamu salah satu dari penggemar lovely little things satu ini karena bisa banget bikin mata kamu jadi indah. Wajahmu yang memang sudah manis jadi makin cantik jika mengenakan lensa berwarna favoritmu. Setuju? Tak hanya hasilnya yang membuatmu ingin mengenakannya terus. Tapi juga trend make up yang lagi in saat ini ya yang mengandalkan benda kecil satu ini. Rasanya ada yang kurang jika kamu berdandan ala korean-style tapi tak mengenakan softlens berwarna hazel yang kemarin kamu lihat di katalog optik di mall.

Tapi baik untuk yang sudah sering pakai maupun kamu yang berniat ingin membeli, jangan sembarangan dalam merawat lensa kontakmu, ya. Agar lebih tepat memperlakukannya, ada baiknya kamu simak artikel Hipwee kali ini.

1. Di awal pemakaian kamu harus tahu cara memasang lensa kontak dengan benar. Mata cantikmu harus terhindar dari iritasi yang mengganggu pendar

Pakainya seperti ini via www.billuroptik.com

Satu kata yang tepat buat menggambarkan kamu saat awal-awal memakai softlens. Ribet! Ya, karena pemakaiannya di bagian bola mata, kamu menjadi gamang saat memakai softlens pertama kali. Bisa jadi kamu sampai berteriak-teriak dan mengeluarkan air mata saat berusaha mengenakannya.

Advertisement

Padahal cara memasang lensa kontak itu tak seribet yang kamu, kira kok:

  • Langkah pertama, cuci tanganmu dengan bersih. Jangan sampai ada sabun yang tersisa di tanganmu, ya. Lalu keringkan tanganmu dengan handuk atau tisu
  • Keluarkan lensa kontakmu dari tempat penimpanannya, pastikan kamu selalu memakai satu lensa yang sama untuk masing-masing mata kanan dan kirimu. Perhatikan juga apakah lensamu terbalik atau tidak, caranya mudah jika kamu memakai lensa berwarna, karena akan terlihat warna luar akan lebih pucat dari yang di dalam.
  • Taruh lensa kontakmu pada posisi terbalik pada ujung jari telunjuk. Sementara itu, tempatkan jari tengahmu untuk menarik kelopak mata bagian bawah dan jari tengah tangan lainnya untuk menarik kelopak mata bagian atasmu. Saat matamu sudah terbuka lebar, kamu bisa meletakkan lensa kontakmu pada bola mata dengan hati-hati. Pada sesi ini, usahakan matamu tidak berkedip, ya. Beranikan dirimu dan jangan terlalu fokus pada matamu ini, coba rileks saat kamu mulai merasa panik.
  • Setelah lensa kontakmu menempel pada mata, coba kedipkan mata pelan-pelan agar posisi lensa berada di tempat yang tepat
  • Ulangi proses pada mata satunya

2. Setelah dipakai seharian, saatnya melepas dan melakukan perawatan pada lensa kontakmu

Akhirnya terambil juga via yourhealth.asiaone.com

Setelah seharian beraktivitas, kini saatnya kamu melepas lensa kontakmu dan menyimpannya di tempat khusus yang biasanya kamu dapat saat membeli lensa kontak. Sesi melepas lensa kontak pun tak kalah heboh dengan saat pemakaiannya. Hati-hati, lho, saat melepasnya dari matamu. Salah-salah matamu jadi iritasi dan memerah karena prosesnya yang salah.

Cara melepas lensa kontak sangat simpel. Sebelumnya, kamu harus memastikan tanganmu steril sebelum menyentuh matamu. Teteskan cairan lensa kontak pada matamu terlebih dahulu agar proses selanjunya lebih mudah dilakukan. Selanjutnya, tarik ke bawah kelopak mata bagian bawah dengan jari tengah, lalu sentuh lensa kontakmu dengan telunjuk dan arahkan kearah bawah (bagian putih mata), lalu kamu ambil dengan cara mencubit lensa kontakmu dengan jari telunjuk dan jempol. Lakukan hal ini pada kedua mata.

Setelah kamu berhasil melepas softlensmu dari mata, jangan lupa kamu bersihkan dengan cairan pembersih. Karena tak ayal setelah seharian di pakai, lensa kontakmu jadi kotor. Caranya dengan meletakkan lensa kontakmu pada telapak tangan lalu bubuhkan cairan pembersih lensa kontak. Lalu usap-usap permukaannya dengan lembut dalam gerakan searah dengan menggunakan telunjuk atau jari tengah kamu dan pastikan jangan sampai terkena kuku, ya. Setelahnya kamu bisa menyimpannya dengan aman.

Jangan terlalu keras menggosok, ya via www.opsm.co.nz

3. Sebenarnya nggak ada batasan umur untuk pemakaian lensa kontak. Anak-anak pun boleh memakainya

Adik kecil juga boleh pakai via www.youtube.com

Walaupun aman kalau adik-adik kalian memakai lensa kontak, tetap saja harus diawasi, ya. Akan lebih tepat jika penggunaan lensa kontak pada anak-anak harus ada alasan yang kuat dan lebih dari sekedar untuk gaya. Jika memang mereka mempunyai kebutuhan dan terganggu saat menggunakan kaca mata, tak masalah jika harus mengenakan softlens. Mereka bisa menggunakan lensa yang bening agar tidak terlihat berlebihan pada umur mereka.

4. Katanya, softlens bisa masuk dan terjebak dalam rongga mata. Pernah dengar hal seperti ini? Ah, itu hanya mitos

Gak akan kenapa-kenapa via weheartit.com

Banyak orang yang mengatakan kalau pakai lensa kontak bisa beresiko hilangnya lensa kontak ke belakang mata. Serem juga sih kalau dibanyangin. Tapi tenang, hal itu nggak mungkin banget terjadi, lho. Karena kelopak mata kita didesain agar tidak memungkinkan segala sesuatu masuk jauh sampai ke belakang mata. Apa kabar debu jalanan yang sering masuk ke mata kita kalau mereka bisa masuk ke rongga mata? Hehehe

5. Jangan pernah sekali-kali kamu tidur dalam keadaan lensa kontak masih terpasang di matamu. It’s a big no-no

Jangan dibawa tidur, lho via www.kaskus.co.id

Walaupun cuma rebahan dan tidur siang selama 10-15 pun itu terlarang bagi kamu yang memakai softlens. Karena ini dapat membuat matamu jadi merah, nyeri, atau bahkan iritasi yang parah. Gak mau ‘kan mata kamu kenapa-kenapa? Jangan pernah lakukan ini, ya. Lebih baik kalau kamu mau beristirahat siang, lepas dulu softlensmu itu.

6. Hindari juga memakai lensa kontak orang lain. Sama halnya seperti sikat gigi, lensa kontak juga benda yang harusnya hanya dipakai oleh kita sendiri

Meski dengan sahabat sendiri via twitter.com

Ada sebagian barang yang memang seharusnya nggak boleh untuk dipakai bergantian dengan orang lain. Lensa kontak pun begitu, karena dengan memakai lensa kontak milik orang lain yang sudah sebelumnya ia pakai bisa saja akan menularkan bakteri maupun partikel kotoran pada mata kita.

7. Jika sudah tahu aturannya, yuk, sekarang pilih warna lensa kontakmu berdasarkan warna kulitmu

Pemilihan warna lensa kontak juga ada aturannya, lho. Nggak mau ‘kan lensa kontakmu jadi nggak matching dengan warna kulitmu?

Untuk kamu yang mempunyai kulit putih, kamu bisa memilih warna apapun yang kamu mau. Asalkan warnanya disesuaikan dengan warna make up yang kamu kenakan. Sedangkan untuk kulit sedang atau medium, pilihan warna abu-abu atau honey dan hazel bisa jadi akan terlihat cantik jika kamu kenakan. Bisa saja kamu memilih warna yang macam-macam tapi pastikan warnanya masih dalam tone yang natural dan tidak terlalu mencolok. Dan buat kamu yang mempunyai kulit gelap, pilihlah warna natural seperti coklat, abu-abu, atau warna gelap lainnya, ya.

Jadi gimana, sudah siap tampil lebih cantik dengan lensa kontak di mata?