Sebagai cewek berdarah Asia, seharusnya kita bangga dengan warna kulit sawo matang yang kita punya. Walaupun memang, banyak cewek yang mengidamkan punya kulit putih menawan yang katanya lebih enak dipandang. Hmm, jangan salah, kulit kecokelatan juga bisa terlihat cantik nan eksotis jika kamu men-treatment-nya dengan baik, lho. Termasuk pintar mengaplikasikan make-up yang sesuai.

Masalahnya, memilih make-up untuk kulit sawo matang cukup tricky. Jika sampai keliru, bisa-bisa riasanmu justru bikin kulit wajah tampak lebih kusam, terlalu menor, belang, bahkan mirip lenong. Nah, Hipwee Style punya trik berdandan untukmu agar bisa tampil eksotis dan menarik tanpa perlu memutihkan wajah. Ikuti tutorialnya berikut, ya!

1. Bersihkan wajah dan aplikasikan pelembap yang sesuai jenis kulit agar make-up bisa lebih membaur dengan kulit wajah

gunakan pelembap setelah bersihkan wajah via pilot.hintmd.com

Membersihkan wajah yang benar adalah dengan mendiamkan sejenak sabun yang telah menjadi busa dan menempel pada wajah, kemudian bilas menggunakan air bersih tanpa dikeringkan dengan handuk supaya air dapat meresap ke dalam kulit.

Jangan lupa mengaplikasikan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah untuk menutrisi dan melembapkan kulit.

2. Gunakan foundation dengan warna senada atau satu tingkat lebih gelap dari warna kulit, pilih juga yang berbahan dasar air atau oil-free

Advertisement

tes warna di leher, ya! via www.instyle.com

Pilihlah 3 warna foudation yang paling dekat dengan warna kulit wajahmu, oleskan di garis rahang atau leher, bukan di punggung tangan. Cobalah ke luar ruangan untuk mendapatkan pencahayaan alami dan melihat hasilnya. Warna yang paling terlihat menghilang adalah warna yang layak kamu pilih.

Hindari menggunakan foundation dengan warna yang terlalu cerah karena hanya akan membuat wajahmu mirip topeng. Jangan lupa, oleskan tipis-tipis saja untuk mendapatkan hasil yang natural, ya!

3. Untuk menjaga foundation, aplikasikan bedak dengan warna yang sama dengan warna kulitmu. Sedang pemilihan bedak padat atau tabur bisa disesuaikan dengan jenis kulitmu juga

aplikasikan bedak dengan menggunakan brush via www.theknot.com

Pemilik kulit sawo matang akan lebih baik jika memilih bedak jenis translucent, yakni bedak transparan yang jika terkena cahaya maka akan memberi efek wajahmu jadi lebih cerah dan bercahaya. Jika kulitmu tergolong kulit berminyak dan sensitif, lebih baik menggunakan bedak tabur. Sebaliknya, gunakan bedak padat untuk jenis kulit normal dan kering. Pemilihan warna juga disesuaikan dengan warna kulitmu. Ingat, jangan terlalu cerah. Selain itu, usahakan untuk menggunakan kuas untuk pengaplikasian bedak agar hasilnya lebih merata, ya!

4. Sempurnakan bentuk alis dengan warna yang senada dengan warna rambut atau mengombinasikan 2 warna alis yang berbeda

gunakan warna natural via pearlstoapicnic.com

Hitam dan cokelat merupakan warna yang tepat untuk diaplikasikan pada kulit sawo matang. Untuk mendapatkan tampilan yang natural, gunakan perpaduan 2 warna alis tersebut secara bergantian. Selain itu, untuk menyempurnakannya, samarkan warna alis bagian ujung dekat hidung agar terkesan alami dan segar.

5. Selanjutnya, rias kelopak mata dengan eyeshadow berwarna gelap atau aksen gold untuk memberikan kesan yang elegan

pakai warna-warna netral via www.dailymotion.com

Untuk make-up harian, disarankan untuk memilih eyeshadow berwarna gelap seperti cokelat, cooper, bronze, burgundy dan almond. Boleh juga memilih rangkaian warna pink atau peach, tapi usahakan yang berwarna paling lembut. Tambahkan efek shimmer pada bagian kelopak atas dan sapuan warna putih atau silver pada sudut mata dalam untuk memberikan kesan mata yang lebih hidup dan menonjol. Untuk acara-acara khusus, kamu bisa menambahkan aksen gold untuk memberi kesan elegan.

6. Agar rona wajahmu semakin terpancar, sapukan blush on dengan sedikit shimmer untuk tampilan yang glowy

blush on untuk wajah merona via www.madivas.com

Warna blush on yang tepat untuk kulit sawo matang seperti peach atau keunguan, coral, apricot, dan deep rose. Gunakan warna-warna tersebut untuk riasan siang hari agar wajahmu tampak lebih segar. Sementara untuk menghadiri pesta pada sore dan malam hari, sebaiknya pilih blush on berwarna plum atau bronze untuk menonjolkan tekstur kulitmu. Hindari warna-warna kecokelatan dan nude karena akan membuat kulitmu tampak lebih kusam.

Sapukan tipis-tipis dari tulang rahang ke pipi dengan arah ke dalam. Tambahkan juga sedikit sapuan pada area yang terkena sinar matahari seperti dahi dan tengah hidung. Pilih blush on dengan sedikit shimmer agar kulit wajahmu terlihat lebih glowy dan eksotis, ya!

7. Riasan nggak akan sempurna tanpa pulasan lipstik. Pilihlah lipstik dengan warna yang senada dengan kulitmu

warna nude via khoobsurati.com

Pilihan warna lipstik yang sesuai untuk kulit sawo matang seperti peach, coral pink, wine, merah, burgundy, plum dan cokelat nude. Hindari memilih warna-warna yang terlalu muda karena akan membuat wajah tampak pucat. Hindari juga warna-warna yang terlalu terang seperti neon karena akan terlalu kontras dan berlebihan di wajahmu. Nah, belakangan sedang hits penggunaan lipgloss dengan warna-warna nude yang cocok untuk kulitmu yang kecokelatan, lho!

Mulai sekarang kamu nggak perlu dandan berlebihan untuk membuat kulit wajahmu lebih putih karena ada tutorial khusus untuk membuat wajahmu tampak eksotis dan menawan. Kulit gelap juga bisa cantik, ‘kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya