Dibanding cowok, cewek dikenal sebagai orang yang lebih teliti dan rajin mengatur uang. Nggak salah kalau sudah berkeluarga, mereka dijuluki sebagai menteri keuangan dalam rumah tangga. Sayangnya, sebagai orang yang nantinya akan banyak mengatur keuangan, ada beberapa hal yang terlupakan dan dianggap tidak penting. Padahal, kalau sampai benar-benar lalai, masa depan terjamin tampaknya masih jauh dari angan.

Kebiasaan mengatur keuangan baiknya dimulai sejak dini. Nggak perlu nunggu nanti-nanti. Soalnya, apa yang sudah jadi kebiasaan akan berdampak baik ke depannya. Yang pasti, kehidupan yang baik juga perlu disiapkan dari sekarang, bukan? Maka dari itu, Hipwee Sukses memberitahumu mengenai 4 kesalahan yang biasa cewek lakukan dalam merencanakan keuangan. Yuk, disimak!

1. Cewek cenderung nggak tegaan meminjami, jadinya suka mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan sendiri

Pinjamin nggak ya? via doctorrupiah.co

Sifat cewek yang cenderung mengayomi, melindungi dan nggak tegaan membuatnya sering mendahulukan kepentingan orang lain daripada diri sendiri. Sudah punya niat untuk save sekian rupiah, tiba-tiba ada teman yang datang dan mengutarakan maksudnya untuk pinjam uang. Akhirnya, sekian rupiah yang harusnya sudah aman di tabungan malah berpindah tempat masuk ke dalam dompet si teman tadi. Bukannya melarang untuk berbaik hati, tapi teguhkan niat bahwa kita pun punya kebutuhan sendiri.

2. Jangan dikira cewek nggak perlu belajar financial things. Ya masa sih cuma mau menerima nafkah saja tapi nggak tahu gimana mengaturnya?

Belajar cara mengatur keuangan via www.forbes.com

Advertisement

Sudah menjadi kewajiban cowok untuk mencari nafkah dan ceweklah yang kemudian mengaturnya. Terus, tetap nggak mau belajar tentang keuangan, gitu? Apa nanti semuanya akan tiba-tiba habis untuk kebutuhan sehari-hari dan kemudian merasa aman dengan adanya gaji tiap bulan? Padahal banyak yang perlu dipikirkan. Ada yang harus disimpan untuk beberapa kebutuhan tak terduga. Jadi, belajar bagaimana mengatur keuangan dan investasi sangatlah penting. Hal ini ditujukan bukan untuk kehidupan sekarang, tapi agar masa depan dan hari tua terjamin dengan baik.

3. Oke, setiap bulan aman karena ada gaji. Tapi kok nggak ada tabungan ya? Gimana ya cara mengaturnya? Belajar sama siapa ya?

Datangi financial planner via www.forbes.com

Merasa aman dengan adanya gaji setiap bulan adalah kesalahan besar. Apalagi benda-benda yang dimiliki sama sekali tidak ada nilai investasinya. Lalu, apa yang harus dilakukan? Yap, mencari bantuan adalah solusinya. Bisa datang ke financial planner atau advisor di bank tempat kamu biasa menabung. Nggak ada salahnya menggunakan jasa mereka agar perencanaan keuanganmu benar-benar matang.

4. Investasi nggak cuma beli emas atau tanah saja, lho! Ayo, jangan malas untuk terus belajar!

Investasi sangatlah penting via www.kompasiana.com

Investasi mungkin terlalu dini, tapi nggak ada salahnya karena tujuan investasi adalah memetiknya di kemudian hari, bukan untuk dinikmati saat ini. Nah, untukmu para cewek, menjadi mandiri dengan mulai berinvestasi adalah pilihan jitu, lho! Kebanyakan sih justru nggak kepikiran, soalnya nanti ‘kan bakalan ada suami yang menanggung semuanya. Ya, ada benarnya juga. Tapi, kalau cermat, investasi ini nggak ada ruginya kok, meski nanti dilamar sama anak pejabat. Selain tanah dan emas, kamu bisa memilih investasi ruko, apartemen, kos-kosan, atau deposito di bank.

Jadi, girls, yuk mulai dari sekarang benahi diri dalam mengatur keuangan. Ke depannya nanti semua harga akan makin tinggi, masa sih kita tetap tenang-tenang saja dan berharap ada durian runtuh tiap harinya? Menyiapkan segala kemungkinan dengan perencanaan sejak dini akan membuat masa depan terjamin tak lagi hanya mimpi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya