Kalau kamu orang yang gampang bosan, rutinitas jelas sesuatu yang lebih membunuh daripada sel kanker. Harus bekerja di kantor dari Senin sampai Jumat dari jam 9 sampai jam 5 sore, mengerjakan hal yang sama setiap harinya, bisa membuat kamu gila saking bosannya. Akhirnya, kamu pun sulit bertahan di  kantor yang sama dalam waktu lama. Setahun sudah luar biasa.

Tapi keluar masuk kantor yang berbeda jelas tidak bagus untuk CVmu kelak. Di sini kamu jadi serba salah. Memilih bertahan rasanya berat luar biasa, dan apa-apa jadi tidak maksimal. Tapi terus-terusan berganti pekerjaan demi suasana baru juga tidak bagus untuk masa depan.

Nah, untuk menenangkan kegalauanmu, mungkin pekerjaan-pekerjaan di bawah ini bisa kamu pertimbangkan. Cocok untuk kamu yang gampang bosan, supaya hatimu tetap senang dan bakatmu berkembang.

1. Freelancer, supaya kamu bisa bekerja apa dan pada siapa sesukamu

freelance writer via www.pinterest.com

Menjadi freelancer adalah solusi jitu untuk kamu yang mudah bosan. Pertama, kamu tidak harus datang ke kantor setiap hari dan duduk di belakang meja sepanjang waktu. Kedua, kamu bisa mengambil pekerjaan-pekerjaan yang kamu suka saja. Berbeda dengan kantor yang mengharuskan kamu mengerjakan apapun yang diinstruksikan. Ketiga, kamu juga tidak mengurusi hal yang sama dalam jangka waktu yang lama. Sebagai freelancer, pekerjaan yang kamu tangani biasanya per-project saja. Sehingga ketika satu project selesai, kamu bisa mengerjakan project lain yang berbeda.

2. Kalau kamu orang yang aktif dan suka mengkoordinir sebuah acara, Event Organizer adalah pekerjaan yang cocok untukmu

Advertisement

Event/Wedding Organizing via blog.qceventplanning.com

Mirip-mirip dengan freelancer, seorang Event Organizer juga tidak akan mengerjakan satu acara yang sama seumur hidupnya. Event yang ditangani pasti berbeda-beda, mulai dari event music, bulan depan event edufair, bulan depannya lagi event nikahan. Kan bervariasi. Selain itu, pekerjaanmu juga asyik karena selalu bertemu dengan orang-orang baru. Jangan bayangkan bekerja di balik meja, kamu akan sibuk ke sana kemari demi memastikan event yang kamu handle berjalan sempurna.

3. Waktu yang fleksibel dan murid yang berbeda-beda, menjadi guru privat jelas bisa menjadi pilihan untuk kamu yang gampang bosan dengan kerja kantoran

Guru privat via www.langcom.org

Passionmu berbagi ilmu dan mengajar, tidak selalu membuatmu tahan menjadi guru tetap di sekolah. Datang ke sekolah jam 7 pagi, memakai seragam dan mengoreksi PR-PR murid setiap malam. Tapi tenang, kamu masih bisa melakukan minatmu dengan menjadi guru privat. Kamu tidak perlu memakai seragam korpri, yang penting sopan saja. Kamu tidak perlu juga datang ke sekolah dari jam 7 sampai jam 2 siang, karena kamu bisa memilih jam berapa saja kamu bisa mengajar. Bahkan kalau muridmu cukup asyik dan gaul, kalian bisa belajar di kafe-kafe. Seru banget! Dan jangan salah soal penghasilan. Sebagai guru privat, bisa jadi penghasilanmu lebih tinggi daripada guru tetap lho, karena kamu akan dibayar perjam mengajar.

4. Menjadi seorang researcher memang membutuhkan kesabaran, tapi rasa penasaranmu bisa terpuaskan dan tidak bosan karena kamu bisa ganti-ganti objek penelitian

Bila kamu seorang yang punya rasa penasaran yang tinggi, sekaligus mudah bosan saat rasa penasaranmu terpuasi, karir sebagai researcher sepertinya cocok untukmu. Berbeda dengan profesi lainnya yang hanya berkutat di bidang yang sama, sebagai researcher kamu akan selalu menemukan hal-hal baru yang tak biasa. Salah satu yang biasa dilakukan researcher adalah menganalisa kira-kira apa yang akan terjadi di masa depan. Kurang asyik apa coba kamu berusaha meneropong masa depan?

5. Kamu sering bosan dan selalu ingin pergi ke tempat baru dengan suasana baru? Jadilah traveler blogger. Senang-senang dan bekerja bisa bersamaan

travel blogger via www.shareyouressays.com

Salah satu alasan yang membuatmu bosan di kantor adalah karena kamu selalu mendapati lingkungan yang sama dan berinteraksi dengan orang yang sama pula. Kamu bosan dan jenuh, rasanya ingin pergi keluar menghirup angina segar di tempat lain. Kalau begitu, kamu jadi traveler sekaligus blogger saja. Sebagai traveler kamu akan selalu berpergian di tempat baru, bertemu orang baru, dan menemukan hal yang baru. Jadi kerjamu nyaris nggak akan terasa, karena hatimu senang terus.

6. Salah satu profesi yang mengurusi hal berbeda setiap harinya adalah wartawan. Kamu mau coba?

Jadi jurnalist via dailyme.tumblr.com

Saat ini dunia berjalan sangat dinamis. Setiap hari ada saja cerita dan berita yang berbeda. Dan wartawan adalah orang yang mengabadikan itu semua. Berita yang kamu tulis hari ini tidak mungkin sama dengan berita yang kamu tulis kemarin. Hal yang kamu hadapi hari ini pasti beda juga dengan kemarin. Belum lagi, menjadi wartawan bisa saja akmu dirolling ke desk-desk yang berbeda. Bila saat ini kamu menjadi wartawan ekonomi, besok kamu bisa ditugaskan ke desk budaya. Dan ingat juga, sebagai wartawan, hidupmu akan habis di lapangan. Lupakan itu meja kerja dan ruangan, karena malah aneh kalau kamu diam di kantor saja.

7. Pengelola online shop. Tidak perlu pergi ke mana-mana, kamu bisa bekerja dari kamar atau di manapun kamu berada

Mau kerja santai, bisa nyambi tiduran atau nonton TV, nggak ada bos yang marah-marah, nggak ada deadline yang menyiksa? Juragan online shop adalah jawabannya. Kamu bisa menentukan jam berapa kamu mau kerja. Modal yang kamu punya hanya gadget, internet, dan kemampuan untuk basa-basi dengan customer. Soal penghasilan? Jangan salah. Menjadi penjual online shop bisa memberimu penghasilan puluhan juta setiap bulannya. Asalkan kamu rajin mencari barang baru yang bisa dijual lagi. Cuma modal klik-klik, kamu sudah bisa kaya. Kurang asyik apa coba?

Orang yang mudah bosan memang perlu treatment khusus supaya bisa bertahan. Usahakan pekerjaan yang kamu pilih yang sesuai dengan passion dan hobimu. Meski nggak menjamin kamu nggak akan bosan, setidaknya rasa bosanmu akan berkurang karena kamu mengerjakan hal-hal yang kamu suka. Biar kamu nggak sering resign lagi, coba saja pilihan-pilihan kerja di atas tadi. Banyak kok solusi yang bisa kamu tempuh, karena definisi kerja nggak hanya terpatok di dalam gedung tinggi dan di balik meja.