Di era ini, banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk merintis usaha sendiri. Kemajuan teknologi dan munculnya tren yang terus berganti membuat mereka selalu berusaha berpikir kreatif. Mencari ide-ide usaha yang baru dan menemukan strategi-strategi yang bisa membuat bisnis semakin maju.

Yup, meski tidak bisa dibilang mudah, banyak hal kok yang bisa kamu lakukan. Mulai dari memilih nama, membangun “wajah” brand-mu, hingga menemukan cara-cara cerdik untuk menarik pelanggan. Nah, agar usaha yang kamu tekuni semakin lancar, kali ini Hipwee akan memberikanmu sedikit bocoran. Mau tahu apa aja? Simak, yuk!

1. Meski kelihatan sederhana, bisnis online shop tidak bisa dijalani seadanya. Pilih nama brand yang mudah diingat atau yang enak didengar telinga

Menjalankan onlineshop dari rumah via imgkid.com

Saat ini banyak sekali anak muda umur 20-an mempunyai usaha berjualan di dunia maya atau yang biasa disebut online shop. Tak bisa dipungkiri, bisnis ini memang cukup menjanjikan dari segi keuntungan. Selain itu, bisnis online sangat memungkinkan dijadikan sambilan sehingga kamu yang masih kuliah pun tak akan kerepotan untuk membagi waktu.

Meski tampak mudah, menjalankan bisnis ini bukannya tanpa tantangan. Perkara memilih nama dan membangun image atau wajah dari online shop-mu pun tak bisa sembarangan. Kamu harus memikirkan nama apa yang paling cocok. Tentunya harus yang mudah diingat atau diucapkan calon pelanggan. Bagaimana membuat logo, tagline, hingga gaya bahasamu saat promosi di media sosial dan membalas pesan dari pelanggan pun harus diperhatikan.

2. Merintis bisnis cafe memang menyenangkan. Soal pelayanan dan dekorasi cafemu harus bisa membuat pelanggan merasa nyaman

Advertisement

Vintage cozy cafe via honside.com

Banyak cafe atau restoran yang kini sukses jadi sasaran tempat nongkrong anak muda. Rata-rata dari jajaran cafe dan restoran yang sukses itu pastilah punya ciri khas tersendiri. Selain itu, mereka bisa menonjolkan kelebihan yang dimiliki sehingga mampu menarik banyak pelanggan setiap harinya.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah perkara dekorasi di cafe-mu. Pastikan kamu memilih jenis kursi, desain dinding, dan lampu-lampu yang serasi. Perkara kenyamanan tentulah jadi prioritas utama karena itulah yang menjadi daya tarik bagi pelangganmu. Yang kedua, soal pelayanan yang diberikan cafe-mu pun harus bagus, hingga pelayanan yang cepat tanggap dan ramah. Pastikan ada fasilitas yang memadai seperti wi-fi gratis misalnya.

3. Ketika bisnis bimbingan belajar sedang menjamur, kamu wajib punya metode-metode pembelajaran yang nggak bikin pelanggan kabur

I want to teach via pueblanoticias.com.mx

Awalnya kamu hanya coba-coba untuk mengajari anak tetanggamu. Eh, malah kamu jatuh hati dengan pekerjaanmu itu. Kamu bisa lho membuat pekerjaanmu jadi bisnis yang menjanjikan. Kamu bisa mengajak temen-temanmu dan mendirikan sebuah lembaga pendidikan.

Sayangnya, bisnis bimbingan belajar bisa dibilang sangat ketat persaingannya. Kamu harus menemukan metode-metode pembelajaran yang unik dan berbeda tapi tetap efektif bagi anak-anak bimbinganmu. Selain itu, kualitas-kualitas pengajar di bimbingan belajarmu pun harus bisa diadu. Selama kualitas dan metode yang kamu tawarkan baik, tak perlu ragu dengan banyaknya pesaing-pesaingmu di bisnis ini.

4. Peluang membuka usaha warnet atau game online memang tak sebesar dulu. Tapi selama punya kualitas koneksi internet dan fasilitas yang mumpuni, kamu tak perlu lagi ragu

Warnet ini sungguh keren via www.huffingtonpost.com

Buat kamu yang sedang menekuni bisnis warung internet atau warung game online, mungkin akan merasa was-was lantaran banyaknya pesaing di bidang ini. Tapi, tak perlu khawatir ketika kamu sudah bisa menonjolkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki usahamu.

Jangan pikir usaha warnet cuma butuh koneksi yang baik dan semua bilik yang terisi penuh. Bukan hanya itu yang dibutuhkan untuk menjaga bisnis menjadi berkelanjutan. Jangan kamu lupakan bahwa bisnis ini merupakan bisnis jasa, jadi jangan lupakan pelayanan yang maksimal di warnet kamu. Karena pelayanan yang kamu berikan dapat berupa fasilitas tempat yang nyaman seperti tempat duduk nan empuk dan AC yang dingin. Selain itu, dapat ditunjang pula dengan operator yang ramah serta cekatan, serta tersedianya camilan atau minuman yang dapat mereka beli langsung di warnetmu.

5. Banyak anak muda tertarik menjajal bisnis clothing line. Agar bisa sukses, pastikan kalau produkmu berkualitas dengan desain yang nggak pasaran

menjajal bisnis clothing line via ahmadmaaher.wordpress.com

Bisnis clothing line boleh dibilang salah satu yang jadi favorit anak muda. Pasalnya, banyak dari mereka yang menyukai dunia desain dan fotografi sehingga keinginan untuk mengembangkan hobi menjadi bisnis pun semakin besar. Sayangnya, banyak dari kita yang mungkin terburu-buru atau tidak punya perhitungan matang sebelum menekuni bisnis ini. Akibatnya, bayangan kerugian dan kemungkinan usaha gulung tikar pun menjadi semakin besar.

Nah, satu hal yang terpenting ketika ingin menekuni bisnis ini adalah mengukur kemampuan diri sendiri terlebih dahulu. Ketika kemampuan untuk mendesain dan menghasilkan karya belum cukup mumpuni, tak ada salahnya mengajak teman atau rekan yang lebih ahli untuk bergabung. Memiliki tim yang solid sangat penting di bisnis ini. Pasalnya, bisnis clothing line memang membutuhkan inovasi setiap waktunya. Sebagai pengusaha, kamu harus aktif mengamati pasar dan mewujudkan apa yang mereka inginkan. Dan jangan lupa, perkara kualitas tentu jadi hal utama yang harus baik-baik dijaga.

6. Merintis bisnis start-up bukan sekadar tren, kamu wajib punya konsep yang jelas agar bisnismu bisa sukses dan terlihat keren

bikin startup sendiri via ahmadmaaher.wordpress.com

Merintis start-up boleh dibilang juga sedang populer di era ini. Bisnis start-up umumnya berkaitan dengan teknologi dan menjual produk berupa aplikasi berbentuk digital. Namun, tak hanya kalian yang mengerti dunia IT, para penulis pun kini meminati serunya menjalankan bisnis start-up misalnya dengan membuat website atau portal-portal berita.

Catatan bagi kamu yang ingin merintis bisnis ini adalah memperhatikan kualitas produkmu. Aplikasi yang kamu jual haruslah benar-benar membawa manfaat dan memudahkan orang lain. Khusus bagi kamu yang ingin merintis website pribadi, perkara konten, fitur yang ditawarkan, hingga keberadaan pesaing juga harus dipikirkan.

Meski perkara membangun sebuah merek atau brand tidak mudah, bukan berarti kamu yang kini tengah merintis bisnis di usia muda boleh menyerah. Selama kamu punya kemauan untuk terus membuat inovasi dan menekuni bisnismu, bukan tidak mungkin kesuksesan di usia muda bisa kamu dapatkan segera! 🙂