Di zaman yang menuntutmu untuk bekerja serba cepat dan multitasking ini, keahlian lain di luar bidang studi yang kamu pelajari di bangku kuliah, mutlak diperlukan. Supaya kamu bisa jadi millennial yang punya nilai jual di mata perusahaanmu kelak atau lebih-lebih buat kamu yang saat ini sudah menjadi pekerja muda.

Nggak perlu ambil kuliah formal lagi kok untuk mendalami ilmu baru. Karena saat ini segalanya sudah serba online, kamu bisa memanfaatkan situs yang menawarkan kursus online di bidang yang tertarik untuk kamu pelajari. Berikut ini nih 5 bidang yang perlu untuk kamu pelajari di waktu luang. Biar semakin jadi anak muda kekinian yang cerdas dan serba bisa!

1. Kalau selama ini kamu masih bingung caranya memasarkan bisnis online-mu, jangan ragu untuk mendalami ilmu social media marketing melalui kursus online di situs berikut ini!

Mempelajari ilmu social media marketing. via pexels.com

Untuk bisa sukses memasarkan bisnis online-mu kamu perlu belajar seluk-beluk ilmu pemasaran via media sosial. Disamping berguru pada temanmu yang sudah lebih dulu sukses menapaki bisnis online, kamu juga bisa mendalami ilmu pemasaran media sosial dengan cara mengikuti kursus online social media marketing di Cousera.org. Kelas online tersebut terdiri dari 5 kursus, ada yang gratis dan ada pula yang dikenakan biaya. Biasanya sih yang dikenakan biaya itu karena disertai dengan sertifikat.

Kursus yang diadakan oleh Northwestern University ini terdiri dari 5 rangkaian, yang diantaranya tentang what is social, the importance of listening, The Engagement & Nurture Marketing Strategies, content, advertising, & social IMC, serta the business of social. Paket lengkap banget ‘kan?

2. Tertarik jadi travel atau beauty blogger? Pelajari lebih dulu ilmu dasar tentang web development, supaya banyak orang tertarik mengunjungi laman blog pribadimu

Advertisement

Biar jadi blogger jempolan. via elitedaily.com

Menjadi blogger itu pekerjaan yang tergolong menjanjikan sekaligus mengasyikkan. Nah biar jadi blogger, kamu perlu memahami seluk-beluk dunia website termasuk mengenal apa itu java script, HTML, dan juga web design tentunya. Karenanya, isi waktumu dengan mengikuti kelas online ‘Basics of Web Development and Coding’ yang diadakan oleh University of Michigan. Kelas online ini menawarkan 5 kursus yang bisa kamu pelajari yang diantaranya pengenalan terhadap HTML 5, CSS3, java script, dan web design untuk pemula. Untuk info lebih lanjut klik di sini.

3. Entah berkarier dulu atau jadi ibu rumah tangga selepas sarjana, nggak rugi kok kalau kamu mempelajari juga ilmu perencanaan keuangan. Ambil kelas online bertema personal and family financial planning

Biar cermat kelola uang. via elitedaily.com

Kursus online tentang perencanaan keuangan pribadi dan keluarga ini diadakan oleh University of Florida. Lama kursusnya sekitar 8 minggu. Adapun yang dapat kamu pelajari di kursus ini diantaranya bagaimana cara memahami personal finance; financial statements, tools, and budgets; bagaimana memahami pajak pendapatan, mengelola risiko, hingga tata cara berinvestasi yang baik. Untuk info lebih lanjut bisa kamu klik di link ini.

4. Meski nggak punya latar belakang psikologi, bukan berarti kamu nggak boleh mempelajari ilmu tentang SDMSupaya lebih paham apa sih yang diinginkan HRD perusahaan

Biar makin paham dengan budaya dan etika kerja. via forbes.com

Punya bekal dalam bidang human resource atau sumber daya manusia itu merupakan sebuah nilai tambah buatmu yang ingin bekerja dalam dunia korporat. Pelajari ilmu di bidang ini melalui kursus tentang managing social and human capital. Manfaat yang bisa kamu dapat dari kursus ini banyak banget. Diantaranya tentang bagaimana motivasi berpengaruh pada performa individu dalam sebuah perusahaan, memahami sistem kerja, hingga tentang struktur organisasi dan performa tim. Dengan mempelajari kursus yang berlangsung 4 minggu ini, kamu jadi lebih paham tentang etika kerja serta bagaimana seharusnya sistem kerja dan struktur organisasi sebuah perusahaan.

5. Belajar bangun perusahan startup-mu sendiri secara online. Melalui program bertajuk startup entrepreneurship, siapa saja bisa belajar cara-cara jadi pengusaha sukses

Supaya tergerak punya startup sendiri. via businessinsider.com

Dorongan untuk membangun startup memang tengah gencar-gencarnya dilakoni pemerintah kita terhadap generasi muda. Karena diharapkan startup dapat mengurangi jumlah pengangguran dan bisa menjadi wadah bagi anak muda untuk berkarya sesuai dengan minat dan bakatnya. Nah, buat kamu yang saat ini sudah berencana untuk punya startup sendiri, bisa mengambil kelas online yang diadakan oleh Technion yang bertajuk ‘Startup Entrepreneurship Specialization’. Pada kursus online ini akan dipelajari bagaimana merintis startup yang berawal dari sekadar ide. Penasaran? Kamu bisa mencari info lebih lanjut tentang kursus ini di sini.

Semoga bisa menjadi referensi buatmu yang ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan yang menambah wawasan. Demi menjadi millennial yang cerdas dan serba bisa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya