Kalau kita termasuk orang yang kurang beruntung karena nggak bisa bakerja sesuai hobi dan passion, biasanya kita butuh momen-momen untuk kembali pada hobi dan passion itu. Bukan apa-apa, cuma supaya nggak stress aja. Sepulang kantor, setelah seharian berkutat dengan pekerjaan yang bukan bidang kita, belum lagi bermacet-macetan di jalan, alangkah mengobatinya kalau kita bisa melakukan hobi kita yang terlupakan itu. Menulis atau menggambar misalnya.

Meski tak bisa dijadikan pekerjaan, sebaiknya hobi juga jangan sampai dihilangkan. Selain jadi terapi stress saat kamu didera penat, bisa juga kok hobi dijadikan usaha sampingan. Nah, kali ini hipwee akan share beberapa situs-situs yang bisa menyalurkan hobimu (bisa jadi penghasilan tambahan juga). Cekidot yaw!

1. Untuk menembus penerbitan bukan hal yang mudah. Tapi di Wattpad.com dan Storial.co kamu juga bisa jadi penulis yang sesungguhnya.

Untuk membuat bukumu mejeng di toko buku bukan hal yang sederhana. Ada seleksi dari penerbit dan serangkaian proses development naskah yang harus kamu lewati. Jika naskahmu ditolak penerbit, itu artinya kamu masih harus belajar lagi. Tapi tak perlu berkecil hati, naskahmu tetap bisa sampai di tangan pembaca wattpad.com dan storial.com. Keduanya adalah wadah bagi penulis-penulis underground yang ingin karyanya dibaca masyarakat.

Di wattpad.com kamu bisa menulis apapun. Mau genre romance, misteri, sampai fanfiction kamu bisa posting di sana. Nggak ada seleksi apapun. Di storial juga sama. Bedanya yang wattpad buatan luar negeri dan storial buatan anak bangsa. Di sini kamu bisa berinteraksi langsung dengan pembaca yang sering memberikan kritik dan sarannya untuk meningkatkan kualitas tulisanmu. Jangan salah, akhir-akhir ini banyak novelis online yang merambah dunia cetak lho~

2. Hasil motretmu boleh banget dijadikan penghasilan lho! Jual saja foto-fotomu di Fotolia.com dan iStockphoto.com

Advertisement

fotografi via it.tubgit.com

Di fotolia, kamu bisa menunjukkan hasil jepretanmu di akhir pekan ke seluruh pembeli foto di dunia. Di sini kamu bisa menjual atau sekadar memamerkan saja foto-foto jepretanmu. Kalau kamu menjual fotonya, kamu akan mendapatkan royalti sebesar 20-60% dari penjualan foto. Harga fotonya bisa kamu tetapkan sendiri. Semakin banyak yang membeli fotomu, harganya bisa semakin tinggi. Kalau kamu hanya memamerkan fotomu, kamu akan mendapar komisi sebesar 0,25 dollar perfoto yang didownload.

Mirip dengan Fotolia, di Istockphoto.com kamu juga bisa mendapatkan komisi sebesar 15% dari setiap foto yang didownload. Bahkan kalau kamu menjadi exclusive contributor, komisimu bisa sampai 45%. Tapi penghasilanmu baru bisa dibayarkan setelah creditsmu mencapai $100. Kan? Nggak perlu nunggu kamu jadi fotografer profesional untuk menjual karyamu!

3. Hobi menulis indah (Hand Lettering)? Pelajari lebih dalam lagi ilmunya di thepostmanknock.com

hand lettering via letteringdaily.tumblr.com

Hand lattering adalah hobi membuat tulisan tangan indah, atau sering juga disebut dengan kaligrafi. Kalau kamu melihat tulisan judul-judul novel, atau tulisan di kertas undangan yang meliuk-liuk indah, itulah hasil dari hand lettering yang kece punya. Kalau punya hobi ini atau tertarik mempelajari keahlian ini, thepostmanknock,com adalah tempat yang cocok untukmu. Di sana banyak ilmu tentang teknik-teknik hand lettering, dan kamu juga bisa mendapatkan beberapa free worksheet untuk meningkatkan tulisanmu. Bahkan kalau kamu mendaftar menjadi member di thepostmanknock.com, kamu akan mendapatkan akses untuk memakai semua worksheet yang tersedia, sekadar untuk suka-suka, atau untuk kamu jadikan sumber penghasilan.

4. Hobi menggambarmu akan semakin berkembang dengan review dari orang-orang. Coba tingkatkan skillmu di ratemydrawings.com

hobi menggambar via www.tumblr.com

Ratemydrawings.com adalah komunitas online untuk orang-orang yang hobi menggambar di seluruh dunia. Kalau kamu mulai bosan menggambar di kertas, dan mulai tertarik untuk menggambar secara digital, coba main-mainlah ke ratemydrawings.com. Di sana kamu bisa menggambar pada worksheet dan tools yang disediakan. Lalu orang-orang akan mereview dan memberikan rate untuk hasil kerjamu. Di sini kamu juga bisa bertemu dengan banyak orang yang punya hobi sama. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan mereka lho. Skillmu jadi bisa berkembang karena kamu bisa mendapatkan ‘tutor’ di sana.

5. Hobi unik seperti koleksi perangko ini layak dilestarikan. Dapatkan perangko dari seluruh dunia melalui stampcenter.com dan stampworld.com

filateli~ via www.tumblr.com

Kalau dulu, kamu harus mencari di tempat-tempat tertentu atau bersurat-suratan via pos dengan teman-teman di seluruh dunia untuk mendapatkan perangko, sekarang kamu bisa mendapatkannya dengan lebih mudah. Stampcenter.com adalah tempat berkumpulnya para filateli di seluruh dunia. Artinya, kamu bisa mendapatkan perangko dari seluruh dunia tanpa susah payah. Beda keduanya adalah, kalau di stampcenter.com kamu Cuma bisa membeli perangko, di stampworld.com kamu juga bisa menjual perangko Indonesia ke para filateli di dunia.

6. Hobi desain juga bisa menjadi uang kalau kamu telateni. Terus asah kemampuanmu melalui logomaker.com

design logo

Kalau kamu sedang ingin membuat logo untuk komunitasmu, atau kamu memang hobi membuat logo, logomaker.com adalah salah satu situs yang bisa kamu pakai membuat logo. Di logomaker ada lebih dari 10.000 gambar yang bisa kamu jadikan gambar dasar logo. Semuanya didesain oleh para ahli seni di dunia lho. Kalau kamu telateni, hobimu mendesain logo ini bisa berguna nantinya. Selain kamu selalu bisa mendesain logo untuk kepentingan sendiri, kamu juga bisa menjadi desainer logo handal dan professional.

7. Keahlian membuat prakarya itu tidak semua orang bisa. Hasil kreasi homemade-mu bisa menghasilkan uang jika kamu jual di Qlapa.com

homemade produk lokal via blog.qlapa.com

Hobi membuat kerajinan tangan dan cinta produk lokal Indonesia? Kemampuanmu jangan disia-siakan begitu saja. Kalau kamu hobi membuat pernak-pernik homemade seperti kalung, sepatu lukis, atau berbagai hiasan, kamu bisa membuka toko online di Qlapa.com, sebuah marketplace yang khusus menghubungkan para pengrajin homemade dengan pembelinya. Jangkauannya bisa ke seluruh Indonesia lho. Lumayan kan, selain hobimu tersalurkan, kamu bisa juga mendapatkan penghasilan tambahan dari sana. Siapa tahu nanti produk homemade buatanmu terkenal dan jadi brand sendiri.

8. Kamu punya hobi melukis sketsa atau membaca ramalan melalui tarot atau garis tangan? Jual jasamu di Gobann.com dan dapatkan uang 50.000/transaksi. Lumayan~

keahlian tarot juga bisa dijual via blog.freepeople.com

Gobann.com adalah situs yang menyediakan jasa apa saja dengan biaya 50.000/transaksi. Jadi untuk kamu yang nggak hobi menulis, motret, menggambar, atau membuat kerajinan tangan, tapi kamu bisa membaca tarot atau membuat slide presentasi yang keren abis, kamu bisa menjual keahlianmu di gobann.com. Komisi yang akan kamu dapatkan sebesar 50.000 rupiah. Selain hal-hal yang hipwee sebutkan di atas, banyak keahlian-keahlian lain yang bisa kamu jual di gobann.com. Namanya juga menyediakan ‘apa pun’.

9. Yang terakhir ini pasti semua sudah tahu. Kamu yang hobi membuat video bisa punya ‘chanel’ sendiri Youtube.com

youtube via subsistmusic.com

Kalau yang ini pasti sudah pada tahu semua ya? Youtube.com adalah situs yang memungkinkan kita untuk menonton acara-acara era 90an atau sebelumnya yang sudah nggak ada lagi di TV. Nah, di sini kamu bisa membuat video apa saja untuk dipertontonkan ke warga di seluruh dunia. Kalau kamu hobi video dan terobsesi menjadi sutradara, kamu bisa membuat film-mu, lalu membuat chanelmu sendiri di youtube. Saat ini youtube sudah bukan hal yang asing lagi. Banyak juga youtuber-youtuber yang sukses yang akhirnya bisa leha-leha dan mendapatkan penghasilan tinggi dari chanel youtube nya.

Untuk mendalami sesuatu atau menyalurkan sebuah hobi, kamu nggak perlu harus mengambil pendidikan di bidang tersebut. Di era digital yang serba praktis ini, kamu bisa belajar dan menyalurkan hobimu melalui banyak cara. Jangan sampai hobimu yang berpotensi itu hilang begitu saja karena kamu nggak tahu harus menyalurkannya ke mana. Ingat ya, banyak jalan menuju Roma 🙂