Buat mencari kerja, mungkin biasanya kamu mengandalkan beberapa portal online yang udah tersedia. Di sana, kamu tinggal membuat resume curriculum vitae (CV) dan apply ke perusahaan sesuai posisi yang kamu inginkan. Tapi, pernah nggak sih kamu merasa dari sekian banyak lowongan yang tersedia di portal online, ternyata masih belum cocok?

Nah, Hipwee udah menyiapkannya nih cara-cara lain supaya informasi loker yang kamu punya nggak hanya itu aja. Kamu juga bisa langsung apply lho! Mau tahu apa aja? Simak yuk!

 

1. Kemudahan dan banyaknya perusahaan yang membuka loker di portal online, membuatmu seringkali mengandalkannya.

portal online pencari kerja memberi kemudahan via news.okezone.com

Kamu pasti udah familiar dong dengan situs pencari kerja seperti Jobstreet, JobsDB, dan Qerja? Secara nggak langsung, kemudahan yang diberikan dari situs-situs ini membuat kamu mengandalkannya saat ingin mencari kerja. Kamu hanya tinggal membuat resume CV yang baik dan apply ke perusahaan yang diinginkan, selesai deh.

Advertisement

Sayangnya proses pemanggilannya kadang cukup lama, kamu jadi ngga sabar karena merasa diPHP-in sama perusahaan. Hal ini karena proses melamar posisi kerja yang hanya via online aja, bisa jadi sainganmu pun juga ngga sedikit.

2. Cara mengirim email langsung ke perusahaan yang kamu incar patut dicoba. Asal kamu menuliskan maksud dan tujuan yang jelas di subject dan body email ya. Jangan asal attach CV aja!

kamu juga bisa tahu info loker dari situs perusahaan yang kamu incar via imgkid.com

Sama seperti situs online pencari kerja, bedanya untuk yang satu ini kamu mendapatkan informasi loker sesuai perusahaan yang kamu minati. Misalnya kamu ingin kerja di ehem Hipwee, kamu bisa langsung membuka website Hipwee dan mencari lowongan yang ada. Hal ini perlu dilakukan karena nggak semua perusahaan membuka lowongannya melalui situs pencari kerja lho.

Untuk cara apply-nya, setiap situs perusahaan berbeda. Ada yang harus mengisi resume CV yang telah tersedia, meng­upload resume CV yang kamu buat sendiri, atau mengirim CV ke alamat email perusahaan. Tapi jangan pernah lupakan untuk menuliskan maksud dan tujuanmu di subject dan body email.

3. Ada fitur search di Facebook dan Twitter yang bisa kamu manfaatkan. Ketik aja kata kunci “vacancy” lalu tulis jenis pekerjaan yang kamu incar.

media sosial gak cuma buat update status aja, tapi juga bisa mendapatkan infro loker dari sana via www.oshup.com

Di zaman modern sekarang ini, udah banyak akun pencari kerja di media sosial. Kamu tinggal memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia, misalnya fitur search di Facebook dan Twitter dengan mengetik “vacancy” dan lanjutkan dengan mengetik jenis pekerjaan yang kamu inginkan. Atau kamu bisa memfollow akun perusahaan atau akun situs pencari kerja. Biasanya kalau ada loker terbaru, mereka akan memberitahukan melalui media sosial juga.

4. Saat masa job fair tiba, jangan lewatkan kesempatan ini untuk bertemu langsung dengan perusahaan incaranmu. Kamu akan dapat info lebih banyak lagi.

jangan cuma siapkan CV, tapi juga fisikmu ya. hehe via www.tribunnews.com

Untuk memastikan suatu perusahaan itu seperti apa, terkadang diperlukan informasi yang ditemukan secara langsung dengan bertemu para karyawannya. Bagimu, belum puas kalau belum bertemu orang-orang perusahaannya. Jadinya, kamu memilih datang ke job fair deh. Apalagi di sana kamu bisa mendapatkan beragam informasi perusahaan-perusahaan dan job desk pekerjaannya. Kamu juga dapat apply saat itu juga.

P.S: Siapkan uang ya, karena nggak semua job fair biaya masuknya gratis.

5. Suka mendapat broadcast message soal info lowongan kerjaBiar ngga ketipu, coba simak penjelasan ini dulu.

ini tuh broadcast message isinya bener apa gak sih? via www.instagram.com

Kamu sering dong mendapatkan broadcast message di aplikasi chatting? Nah, ada kalanya isi pesannya bukan berita bohong atau informasi yang nggak penting lho. Kadang, loker juga disebarkan melalui fitur broadcast message. Jadi, nggak ada salahnya kalau membaca sebentar ya isi pesannya.

Oh iya, untuk mengetahui kebenaran informasi loker dari broadcast message ini, kamu bisa menyocokan email yang tertulis di pesan dengan email yang ada pada website perusahaan.

6. Perbanyak teman dan kenalan senior sejak sekolah hingga kuliah itu sah-sah aja. Dari mereka, kamu bisa mendapat beragam jenis loker lho.

jangan cuma temen ngerumpi aja via www.news247.info

Untuk yang satu ini, nggak ada salahnya kamu memanfaatkan hubungan pertemanan dan kekerabatan yang udah terjalin lho. Teman-teman dan senior-seniormu saat ini pasti udah punya lingkungan kerja yang beragam, siapa tahu mereka punya informasi loker yang oke. Tapi, meminta informasinya jangan langsung to the point ya karena khawatir kurang sopan. Ada baiknya kamu menghubungi mereka saat nggak lagi butuh aja, tapi paling nggak sebulan sekali berkomunikasi. Sekaligus mengakrabkan hubungan pertemanan, bukan?

7. Loker juga biasanya ditulis dengan spanduk di sekitar kantor. Gak ada salahnya kamu cermati dengan baik gedung-gedung perkantoran, siapa tahu benar ada spanduk yang terpampang.

sekalian lewat, sekalian lihat-lihat sekitar gedung kantor ya via www.antaranews.com

Cara satu ini memang jarang dilakukan sih, karena nggak semua perusahaan mau menghiasi gedung kantornya dengan spanduk loker. Tapi, nggak ada salahnya kalau kamu coba. Toh sekalian lewat, siapa tahu mendapat informasi. Hehe..

Sekarang ini berbagai informasi pekerjaan udah bisa kamu dapatkan dengan banyak cara. Jadi, kalau sebelumnya kamu hanya mengandalkan situs online pencari kerja dan job fair aja, coba cara lain yuk yang udah Hipwee rangkum ini. Selamat mencoba ya, semoga sukses.