Kalau sebelumnya Hipwee sudah pernah membahas berbagai cara mulai dari trik jitu mengerjakan skripsitips berhadapan dengan dosen pembimbing, sampai memberi tahu spot-spot asyik yang bisa kamu kunjungi untuk merampungkan tugas akhir tersebut. Dalam artikel ini akan dibahas tentang cara mengerjakan skripsi sembari bekerja.

Pada dasarnya proses mengerjakan skripsi itu memang tidak bisa dilakukan bersamaan dengan kegiatan lainnya yang juga memforsir tenaga dan pemikiran. Namun dalam beberapa kasus kondisi seperti ini memang tidak terhindarkan. Misalnya saja bagi kamu yang harus membiayai kuliah sendiri atau yang terpaksa bekerja karena memang sedang dalam proses magang demi mendapat data penelitian.

Untuk membantu kamu yang berada di posisi ini berikut Hipwee akan memberi tips bagaimana caranya supaya tetap bisa sukses mengerjakan skripsi ketika harus bekerja:

1. Bagi Waktumu Ke Dalam Tiga Bagian: Hal Ini Dimaksudkan Agar Hidup Tetap Seimbang

bagi waktu secara baik via www.huffingtonpost.com

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mensukseskan misi mengerjakan skripsi dan bekerja adalah membuat perencanaan waktu yang baik. Dengan time-management yang diorganisir secara profesional maka akan lebih memudahkan untuk mengatur kegiatan ke depannya. Pertama-tama bagi waktumu ke dalam tiga bagian yakni:

Advertisement
  • Waktu untuk bekerja
  • Waktu untuk mengerjakan skripsi
  • Waktu untuk beristirahat

Membagi waktu secara proporsional penting hukumnya agar seluruh kegiatan mendapat jatah waktu yang sama besarnya sehingga tidak menimbulkan kesan berat sebelah. Kamu yang harus menyelesaikan skripsi sembari bekerja tidak boleh menyepelekan waktu istirahat karena istirahat penting bagi tubuhmu. Karena jika kamu tidak memberikan wkatu istirahat yang cukup maka akan menimbulkan rasa lelah yang justru berbahaya bagi kesehatan. Waktu 24 jam dalam sehari bisa kamu bagi menjadi 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk skripsi, dan 8 jam untuk istirahat. Dengan membagi waktu secara baik maka diharapkan bisa membantu kamu mengerjakan masimg-masing pekerjaan secara maksimal.

2. Hindari Kebiasaan Makan Sembarangan. Ingat Kamu Tak Boleh Makan Hanya Sekedar ‘Kenyang Doang’

jangan asal kenyang doang via stat.ks.kidsklik.com

Tidak hanya diwajibkan pintar dalam urusan membagi waktu saja, kamu juga harus cerdas ketika memerhatikan aneka makanan yang masuk ke dalam tubuh. Alasannya adalah tubuh yang telah digunakan secara ekstra untuk menyelesaikan berbagai kewajiban membutuhkan asupan vitamin yang baik. Jika kamu enggan melakukannya bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuatmu jatuh sakit.

Kesibukan bekerja dan mengerjakan skripsi mungkin membuatmu tidak sempat memilih makanan yang baik. Bisa jadi ketika waktu makan datang kamu hanya memilih sekedar makan kenyang. Santapan sejenis mie instan tak jarang diandalkan karena selain membuatnya gampang makanan ini juga terhitung murah. Tapi di tengah kesibukan yang dijalani hal tersebut tidak boleh kamu lakukan terus menerus. Pilihlah makanan yang selain kenyang juga bervitamin. Dengan mongonsumsi makanan yang kaya manfaat akan membantu tubuh terus berada pada kondisi terbaiknya di mana hal tersebut tentu berpengaruh pada produktivitasmu.

3. Manfaatkan Keberadaan E-book Atau Pinjaman Buku Teman Jika Jam Kantor Menyulitkan Untuk Datang Ke Perpustakaan

manfaatkan teknologi via www.cplong.org

Kamu yang punya waktu bekerja dari pagi hingga sore hari bisa jadi tidak punya waktu untuk datang ke perpustakaan. Padahal untuk merampungkan skripsi kamu jelas membutuhkan referensi. Salah satu trik jitu yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan buku elektronik atau e-book sebagai sumber lainnya. Jika buku elektronik dirasa belum cukup kamu juga bisa meminjam buku milik teman yang bisa dibaca saat waktu mengerjakan skripsi.

Pada intinya mengerjakan skripsi sembari bekerja menuntutmu jadi mahasiswa yang lebih kreatif. Manfaatkanlah berbagai sumber yang kini tersedia untuk menyelesaikan tugas skripsi tersebut. Berbagai jurnal online yang kini bertebaran juga dapat kamu jadikan sumber referensi. Dengan kecanggihan teknologi yang tersedia kini bisa lebih terbantu untuk menemukan bahan bacaan tanpa perlu pergi ke perpusatakaan.

4. Bersikap Jujur Pada Tempatmu Bekerja: Keterbukaan Akan Membuat Perusahaan Memahami Kondisimu Sekarang

bicara dengan bos via www.pinterest.com

Ketika memutuskan bergabung dalam sebuah perusahaan mungkin kamu belum berada pada masa mengerjakan skripsi sehingga semuanya lebih mudah dilakukan. Akan tetapi saat tiba masa mengerjakan skripsi kamu pun dibuat kelimpungan dalam mengatur waktu dan tenaga yang kamu punya. Jika sudah begini salah satu solusi yang bisa kamu ambil adalah dengan berbicara dengan pihak kantor mengenai kondisimu tersebut.

Perasaan tak enak mungkin akan ada dalam hatimu saat harus berbicara tentang masalah itu. Akan tetapi jika tidak dibicarakan makabukan tidak mungkin kamu justru bisa menghadapi masalah yang lebih besar. Dengan berbicara kepada pihak kantor, setidaknya mereka akan tahu bahwa saat ini kamu punya beban lainnya selain urusan pekerjaan. Setelah membicarakannya biasanya kamu dan atasan bisa menegoisasikan bagaimana kebijakan yang ke depannya akan diambil.

5.  Beritahukan Pula Pada Dosen Pembimbing Bahwa Saat Ini Kamu Juga Sedang Berkewajiban Kerja Sehingga Beliau Tahu Bahwa Kamu Tidak Punya Waktu Sebanyak Mahasiswa Lainnya

bicarakan juga dengan dosen via www.bu.edu

Selain pada pihak perusahaan sikap terbuka juga harus kamu lakukan pada dosen pembimbingmu. Beritahukan pada beliau jika selain mengerjakan skripsi kamu juga sedang bekerja. Sikap terbuka tersebut akan membuat dosen pembimbing memahami kondisimu yang harus membagi waktu antara skripsi dan bekerja. Misalnya saja setelah menceritakan kamu yang harus bekerja beliau mengizinkan kamu untuk melakukan bimbingan melalui email sehingga tidak mengharuskan pertemuan secara langsung.

Asas keterbukaan baik pada perusahaan tempat bekerja dan juga dosen pembimbing juga menjadi salah satu trik jitu jika ingin kelancaran skripsi dan pekerjaan tidak terganggu. Jangan takut dulu ketika mau berbicara pada mereka. Jika kamu ketakutan dan memilih untuk tidak berbicara mereka tidak akan tahu kesulitan yang sedang kamu hadapi. Alhasil pihak-pihak yang sebenarnya berperan esensial ini tidak dapat membantu kesulitanmu tersebut.

6. Jika Memungkinkan Pilih Jenis Pekerjaan Parttime dan Bukan Fulltime Sehingga Kamu Tak Perlu Terlalu Kelelahan Dengan Segala Kewajiban

kerja paruh waktu bisa jadi pilihan via www.dailyfinance.com

Beberapa mahasiswa yang bekerja saat mengerjakan skripsi sebetulnya bukan disebabkan karena masalah finansial tapi juga karena keinginan mencari pengalaman. Hal ini jelas merupakan hal positif karena pengalaman kerja selagi masih menjadi mahasiswa akan menjadi modal untukmu nantinya. Jika memang seperti ini kondisinya maka kamu tidak perlu mengambil pekerjaan full-time. Ambil saja pekerjaan paruh waktu yang biasanya hanya membutuhkan waktu kerja 4-5 jam dalam sehari.

Dengan mengambil pekerjaan paruh watu kamu tetap bisa mendapatkan pengalaman, tambahan uang, dan juga punya waktu lebih untuk mengerjakan skripsi. Jangan bersikap ‘rakus’ dengan mengambil jenis pekerjaan penuh waktu agar mendapat uang lebih tetapi mengorbankan waktu mengerjakan skripsi. Ingat, pekerjaan penuh waktu yang bisa diambil jika memang terpaksa dilakukan. Kalau niatnya hanya untuk mengumpulkan pengalaman Hipwee rasa bekerja part time saja bisa diandalkan.

7. Displin Pada Jadwal Yang Telah Disusun Adalah Kunci Utama Untuk Mensukseskan Keduanya

displin mengatur waktu via premiumblogtips.com

Tips terakhir untuk melancarkan skripsi dan kerja secara bersamaan adalah kedisplinan. Terdengar mudah memang tapi sayangnya masih banyak orang yang sulit untuk melakukan. Tanpa adanya kedisplinan terhadap waktu maka niat untuk sukses skripsi dan kerja tidak dapat terlaksana. Tidak patuhnya kamu pada jadwal juga akan membuat kewajibanmu didapat dipenuhi dengan baik.

Setelah membagi waktu hal selanjutnya yang wajib kamu laksanakan adalah berdisplin pada jadwal tersebut. Janga mengerjakan hal-hal lain di luar kegiatan yang seharusnya dilakukan. Prosesnya memang berat namun jika berhasil dilakukan pada akhirnya tentu akan nikmat.

Membagi waktu dan tenaga sekaligus untuk mengerjakan skripsi dan juga bekerja memang bukanlah hal yang mudah. Keduanya seolah membutuhkan perhatian penuh untuk diselesaikan. Akan tetapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Dengan tips dari Hipwee di atas semoga bisa membantu membantu kerepotanmu dalam membagi waktu ya! Good luck..