Hidup ketika kita berusia 20 sampai 30-an memang tidak akan mudah. Berbagai macam hal yang berkaitan dengan karier dan kesuksesan terus datang menguji silih berganti. Banyak yang belum dapat kerja, ada pula yang sudah dapat kerja tapi tak sesuai dengan passion-nya hingga akhirnya resign. Alhasil cukup banyak generasi kita yang sekarang masih belum mendapatkan pekerjaan alias pengangguran sementara.

Padahal usia kita sekarang ini sedang produktif-produktifnya lho, sayang kalau sampai tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Jadi kalaupun kamu masih menganggur kamu tetap harus produktif mencoba berbagai macam hal. Deretan orang-orang sukses dunia ini sudah membuktikannya. Berawal dari pengangguran mereka justru berhasil membangun kesuksesan.

“Success is going from failure to failure without losing enthusiasm. (Winston Churchill) “

1. Walt Disney, pencipta dunia ajaib untuk anak-anak itu juga pernah mengecap hidup jadi pengangguran

Walt Disney via theodysseyonline.com

“The way to get started is to quit talking and begin doing.” (Walt Disney)

Advertisement

Pria yang berhasil menciptakan tempat terindah di dunia bagi anak-anak ini pernah dipecat dari posisinya sebagai editor berita. Ia dianggap terlalu banyak berimajinasi dan tidak pernah benar-benar memiliki ide yang bagus untuk pekerjaannya. Dia kemudian menjadi pengangguran dan mencoba peruntungannya di berbagai macam bisnis yang terus gagal hingga akhirnya melakukan pertunjukan pertamanya, Snow White.

2. Jika JK rowling tak pernah jadi pengangguran sebelumnya, mungkin novel Harry Potter tidak akan ada di tangan kita

JK Rowling via techinsider.io

“I stopped pretending to myself that I was anything other than what I was,…” (JK Rowling)

Joanne atau yang lebih dikenal dengan J.K. Rowling menulis novel Harry Potter pertama di akhir usia 20-an. Ketika itu dia baru saja bercerai, memiliki seorang anak dan mengurusnya sendiri, tinggal di flat kecil, dan dia pun pengangguran. Kini ia merupakan seorang penulis novel terkaya di dunia, salut buat Joanne!

3. Kegagalan pun tak lepas dari cerita kesuksesan Harland Sanders, kakek-kakek yang gambarnya nampang di KFC

Harland Sanders via chicagotribune.com

“One has to be remember that every failure can be a stepping-stone to something better … ” (Sanders)

Ayam goreng KFC yang sering kamu makan itu adalah buah karya kerja keras Harland Sanders, penemunya. Sebelum sukses dia pernah mengalami masa-masa di mana ia tidak pernah mendapatkan pekerjaan tetap. Bahkan saat ia mencoba menjual ayam gorengnya, dia ditolak oleh lebih dari 1000 restoran. Hingga akhirnya ada satu restoran yang menerima, dari situlah kita bisa mengenal KFC yang sekarang.

4. Perjalanan Jack Dorsey sebagai co-founder twitter ternyata juga tak mulus, ia sempat didepak dari sana

Jack Doursey via technewstoday.com

Dorsey pernah menjadi CEO Twitter pada tahun 2006 berkat ide-ide briliannya untuk media sosial tersebut. Tapi pada tahun 2008 dia disingkirkan hingga pada tahun 2011 dia kembali menduduki jabatan itu secara permanen. Selama dia tidak lagi berada di Twitter, Doursey tidak tinggal diam. Dia mempelajari banyak hal dan mencoba menemukan kesalahan yang telah ia lakukan di Twitter. Kini media sosial itu sudah sukses berada di tangannya.

5. Tak ada yang lebih menakjubkan dari Steve Jobs, dari di-drop out hingga dipecat dari perusahaannya sendiri

Steve Jobs via digitaltrends.com

“Sometimes life hits you in the head with a brick. Don’t lose faith.” (Steve Jobs)

Siapa yang sekarang tak mengenal si jenius Steve Jobs, ia mendirikan Apple di usia 20-annya dalam sebuah garasi milik orang tuanya. Kemudian pada usia 30-an, Jobs dipecat dari perusahaannya sendiri oleh jajaran direksi. Tak menyerah di masa-masa kehilangan pekerjaan, Jobs mencoba terus berkarya dan memulai proyek NeXT dan Pixar hingga akhirnya dipanggil kembali ke Apple. Kamu pun tak boleh menyerah saat kehilangan pekerjaan, percayalah itu hanya untuk sementara.

6. Mirip Steve Jobs, Bill Gates juga di-drop out dari Harvard dan pernah gagal dalam bisnis yang dia bangun

Bill Gates via aduba.co

“If you can make it good, at least make it look good.” (Bill Gates)

Perjuangan Bill Gates untuk membangun Microsoft yang membuatnya jadi orang terkaya di dunia tidaklah mudah. Ia yang pada awalnya di-drop out dari kampus ternama, Harvard University, juga pernah berselisih dengan Steve Jobs soal hak cipta. Bisnisnya bertajuk Traf-O-Data pun gagal, tapi dia tak menyerah untuk mengisi kekosongan waktunya. Dia mencoba berbagai macam hal baru hingga ide pembentukan Microsoft itu muncul.

7. Belajarlah dari Suiciro Honda yang mengatakan sukses itu dihasilkan dari 99% kegagalan dan 1 % usahamu

Soichiro Honda via thebestyoumagazine.co

“Degree was worth less than a movie ticket”

Sebelum membangun perusahaannya sendiri, Honda pernah dipecat oleh perusahaan dengan lini usaha serupa yaitu Toyota. Ia menjadi pengangguran selama beberapa waktu, tapi dia memanfaatkan waktunya sebagai pengangguran dengan sangat baik. Ia mulai membuat motor scooter di rumahnya dan dengan kemampuan marketing-nya yang luar biasa, usahanya pun berkembang hingga seperti sekarang.

Jadi intinya, ketika kamu masih menjadi pengangguran jangan hanya diam saja. Selain tetap mencoba mencari pekerjaan yang sesuai, kamu juga harus mencoba hal-hal baru dan menciptakan sesuatu. Tanpa semua usaha itu, waktu menganggurmu tetap akan sia-sia dan tak membuahkan kesuksesan apapun.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!