Di zaman smartphone canggih seperti sekarang, kamu gak perlu lagi keluar uang banyak untuk menghasilkan sebuah foto yang mengagumkan. Dengan kamera ponselmu, kamu bisa mengabadikan setiap momen, mengeditnya menjadi foto yang indah, lalu mengunggahnya ke media sosial agar karyamu bisa dilihat dan diapresiasi oleh banyak orang.

Nah, buat kamu penggiat fotografi ponsel, belum lengkap rasanya jika kamu belum memiliki aplikasi-aplikasi kamera dan penyunting foto ini di smartphonemu.

1. Camera Zoom FX

Camera Zoom FX via news.softpedia.com

Camera Zoom FX adalah salah satu app kamera terbaik di platform Android. App ini dipersenjatai dengan fitur-fitur keren agar kamu bisa mengambil gambar lebih baik, seperti mode stable-shot yang cuma mengambil gambar ketika kameramu cukup stabil, mode memotret lewat suara, mode tap-to-focus dan tap-to-snap, serta grid untuk membantumu menerapkan Rule of Thirds maupun Golden Ratio untuk mengatur komposisi fotomu. App ini juga memiliki fitur timelapse lho!

Kamu cukup membelinya seharga Rp35.000 di Play Store. Tapi, ada juga versi gratisnya kalau kamu ingin mencoba sebelum membeli.

2. Camera FV-5

Advertisement

Camera FV-5 via 2fatdads.com

Camera FV-5 juga bisa menjadi alternatif aplikasi kamera Android yang oke. App ini memiliki sejumlah fitur serupa, tapi juga memberimu kontrol lebih pada kamera dan elemen foto yang gak bisa diakses sebelumnya, seperti exposure time, aperture, light metering, dan sebagainya. So, kamu bisa mengambil gambar long exposure dengan mudah. Viewfinder-nya bahkan dilengkapi dengan live RGB histogram.

Dengan harga Rp49.000, aplikasi ini layak kamu miliki. Ada juga versi Lite-nya kok. Fitur lengkapnya bisa langsung kamu lihat di website ini.

3. Manual

Manual Camera via www.techzattak.com

Bagi pengguna iPhone, kamu juga bisa mengakses kontrol kamera lebih dalam lewat Manual. App ini memberi kamu keleluasaan lebih pada kamera ponselmu dengan memberikan akses pada pengaturan shutter speed, ISO, white balance, focus, dan exposure. Selesai melakukan penyuntingan, semua fotomu akan disimpan pada Camera Roll di pnselmu. Kamu bisa memiliki app ini dengan $1,99 saja.

4. Camera Plus

Camera Plus via itunes.apple.com

Camera Plus adalah salah satu aplikasi kamera terbaik yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif dari aplikasi kamera bawaan di iPhonemu. App ini menonjolkan fitur-fitur seperti three focus mode, “Lumy” untuk pencahayaan yang sempurna, focus shift, serta sejumlah filter foto. Dengan app ini, kamu juga bisa memasangkan dua perangkat iOS dengan “AirSnap” untuk mengambil foto dari jarak jauh dengan menjadikan salah satu perangkatmu sebagai remote shutter dan layar preview.

Dengan sejumlah fitur unggulan, rasanya $1,99 adalah harga yang murah.

5. VSCO Cam

VSCO Cam via mortalmuses.com

VSCO Cam (dibaca Vizco Cam) adalah aplikasi kamera yang didesain secara apik untuk pengalaman berfoto yang simpel, mudah dan tanpa gangguan. Meski simpel, app ini tetap memiliki fitur-fitur seperti fokus manual, shutter speed yang bisa diatur, white balance dan exposure compensation. Gak cuma itu, VSCO Cam juga terintegrasi dengan platform publikasi foto, VSCO Grid, di mana kamu bisa berbagi foto dan melihat foto-foto indah dari fotografer lainnya.

Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di perangkat iOS dan Android.

6. Snapseed

Snapseed via www.imore.com

Snapseed adalah aplikasi penyunting foto serbaguna yang bisa memenuhi hampir segala kebutuhan penyuntingan fotomu. Mulai dari yang otomatis, filter, sampai keleluasaan untuk mengedit setiap elemen secara manual ada di sini. Bagi kamu yang masih pemula dan hal edit foto ponsel, fitur Auto Correct akan membuat fotomu terlihat lebih baik secara instan. Sementara, yang lebih berpengalaman bisa menggunakan Tune Image dan Selective Adjust untuk penyuntingan yang lebih luas.

Unduh aplikasi ini di iOS dan Android, gratis!

7. Pixlr Express

Pixlr Express via www.gizmodo.in

Pixlr Express menawarkan app penyunting foto yang mudah dengan sejumlah fungsi pengaturan serta filter yang ciamik di platform Android. Dengan desain antarmuka yang mudah, kamu bisa melakukan banyak hal–mulai dari penyuntingan dasar seperti crop, resize, dan rotate, serta menambahkan berbagai filter, tulisan, maupun stiker–tanpa harus menggali sejumlah menu dan pengaturan. Fotomu gak hanya disunting, tapi juga menjadi lebih personal dengan mengkombinasikan fitur-fiturnya.

8. Adobe Photoshop Touch

Photoshop Touch via play.google.com

Buat yang hobi motret, kamu pasti gak asing lagi dengan aplikasi Adobe Photoshop di komputermu. Nah, kalo kamu menginginkan layout yang familiar, set fitur, terminologi, dan pendekatan yang sama untuk mengedit foto di ponselmu, Photoshop Touch bisa jadi pilihan.

App ini memang tidak mengemas semua fitur yang ada di versi desktopnya. Tapi, kamu masih bisa mengutak-atik layer, image adjustment, filter, selection tools, filter effect, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menyimpan gambar garapanmu di ponsel, untuk dibuka nanti di desktop atau laptop jika kamu memiliki akun Adobe Creative Cloud.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di iOS dan Android dengan harga mulai $5,00.

9. Quickpic

Quickpic memang bukanlah aplikasi kamera ataupun penyunting foto seperti yang telah disebutkan di poin-poin sebelumnya. Tapi, perannya diponselmu lumayan penting. Quickpic adalah alternatif galeri foto untuk perangkat androidmu yang kerjanya jauh lebih cepat dibanding galeri bawaan ponselmu. Selain itu, app ini juga dengan mudah terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain di ponselmu, terutama app kamera, editor foto, dan photo sharing.

10. Instagram

Instagram via www.droid-life.com

Lis ini belum lengkap tanpa Instagram. Sebagai salah satu media berbagi foto dan video terbesar, aplikasi ini wajib kamu miliki jika fotomu ingin diperlihatkan kepada khalayak luas di seluruh penjuru dunia. Ada banyak penggiat fotografi hebat di sana; kamu hanya perlu cukup pandai untuk memilah siapa yang mesti kamu ikuti agar kamu juga bisa belajar dari karya mereka. Unduh saja langsung ke ponselmu lewat perangkat iOS maupun Android.

Dengan aplikasi-aplikasi di atas, kamu bisa memaksimalkan ponselmu untuk mengabadikan foto terbaik. Jadi, gak perlu berkecil hati jika kamu gak memiliki DSLR, karena yang terpenting itu bukan kameranya, melainkan siapa orang di baliknya. Nah, apakah kamu punya app lain yang bisa kamu rekomendasikan ke pembaca? Bagikan saja di kolom komentar.