Hidup di daerah beriklim tropis memang enak-enak susah. Keuntungannya adalah kita tak usah repot memakai baju musim dingin yang berat atau menyalakan penghangat ruangan agar tak kedinginan. Tapi susahnya, matahari yang bersinar setiap tahun membuat kulit kita sebagai perlindungan terluar harus bekerja dua kali lebih keras. Wajar saja jika kulit kita banyak terserang masalah. Contohnya saja? Jerawat!

Meskipun bentuknya hanya benjolan kecil, jerawat bisa membuat wajahmu yang tadinya manis menjadi terlihat kurang terawat. Bahkan kadang kamu bisa terserang jerawat batu yang sakit dan begitu mengganggu.

Kalau sudah begini, kamu tak boleh diam saja. Lakukanlah sesuatu agar jerawat mau menyingkir dari wajahmu. Nah, agar untuk itu, pastikan tips-tips di bawah ini bisa kamu terapkan!

1. Semua merk facial foam menjagokan diri paling bisa membuat jerawat teratasi. Tapi, pastikan kamu hanya memilih yang tak menyebabkan kulit kering.

Pilih facial foam yang benar via www.wallpaperup.com

Di pasaran, beredar begitu banyak merk pencuci wajah yang mengaku mampu mengatasi jerawat. Dengan teknologi terkini dan aneka kandungan yang dimiliki, mereka bisa menjadi pilihan kita untuk mengatasi jerawat. Akan tetapi, kamu harus tetap selektif dalam memilih pencuci wajah. Artinya, pilihlah yang tidak menyebabkan kulitmu kering, karena dalam keadaan kulit yang kering, minyak justru lebih cepat terproduksi. Keadaan ini pada akhirnya akan menambah parah jerawatmu.

Advertisement

Cara mengetahui apakah kulitmu kering atau tidak setelah mencuci wajah pun mudah. Apabila wajahmu terasa seperti ditarik atau kencang, itu artinya pencuci wajahmu membuat kulitmu kering dan kamu harus segera mengganti facial foam.

2. Sabun bayi adalah kecupan yang nyaman bagi kulitmu. Dengan kelembutannya, ucapkan selamat tinggal pada jerawat batu!

Jangan remehkan sabun bayi via www.missliterati.com

Sabun bayi sesungguhnya adalah nutrisi yang baik untuk kulit. Karena diciptakan untuk kulit bayi yang sensitif, sabun bayi tidak bersifat mengeringkan kulit. Sebaliknya ia justru melembabkan kulit dan termasuk aman untuk kulit wajah.

Tapi sabun bayi ‘kan sabun batang yang diperkenankan untuk badan? Nah, yang perlu kita ketahui adalah kebanyakan sabun batang untuk dewasa yang beredar di pasar adalah sabun batang yang keras dan tidak cepat habis apabila sering terkena air. Sabun dengan ciri demikian merupakan sabun yang sifatnya membuat kulit bersih namun kering. Tentu berbeda dengan sabun bayi, yang memang bereaksi cepat terhadap air karena bersifat melembabkan.

3. Wajahmu memang perlu dilembabkan. Namun, jangan gunakan pelembab jika jerawat masih merah meradang

Jangan gunakan pelembab via www.missliterati.com

Apabila kamu memeriksakan jerawatmu ke dokter spesialis kulit, dokter akan menyarankan kamu untuk tidak menggunakan pelembab dahulu. Ini karena kulitmu harus dikondisikan dulu supaya ‘fokus’ melawan jerawat. Jika kamu menggunakan bermacam-macam produk, pengkondisian kulit ini akan memakan waktu lebih lama sehingga jerawatmu pun tak akan bisa segera hilang.

Jadi, istirahatkanlah dulu produk pelembabmu, ya. Setelah jerawat di kulitmu sudah menyingkir atau berangsur-angsur hilang, barulah kamu kembali menggunakannya.

4. Jangan balurkan obat jerawatmu pada seluruh muka. Krim anti-jerawat bukanlah masker kecantikan biasa.

Obat jerawat bukan masker kecantikan biasa via www.nsmbl.nl

Masih berhubungan dengan poin pertama dan kedua. Jerawatmu memang boleh disembuhkan dengan cara dibuat kering. Namun jangan membuat seluruh bagian wajahmu menjadi kering.

Oleh karenanya, gunakan obatmu hanya pada bagian atau spot yang berjerawat saja. Sejumlah obat jerawat dari Dokter Spesialis Kulit pun memang disarankan untuk penggunaan topikal (digunakan pada area yang sakit saja) karena efeknya yang mengeringkan.

5. Facial memang membuat wajahmu kesat. Namun, jauhilah facial saat jerawat sedang kumat.

Daripada facial, pakai masker plasenta saja via wellspokengirlinstilettos.tumblr.com

Facial memang menjadi kegiatan yang lumrah dan mengasyikkan untuk wanita. Meski rasanya menyakitkan, facial tak pernah sepi peminat. Bahkan kegiatan mengeluarkan komedo dan kotoran dari wajah ini, selalu jadi alternatif untuk memanjakan wanita di sela-sela kesibukannya.

Tapi, berpikirlah ulang untuk melakukannya di saat jerawatmu sedang merah dan sakit-sakitnya. Salah-salah wajahmu akan berubah seperti permukaan bulan yang bolong-bolong. Belum lagi kebersihan alat facial, yang belum tentu kamu tahu pasti. Jika tidak benar-benar steril, malah komedo ekstraktor itu sendiri yang nantinya bisa menyebarkan bakteri ke bagian wajah yang masih mulus.

6. Jangan kenakan foundation dan concealer terlebih dahulu. Kulit tak akan bisa bernapas dan bisa makin menambah jerawatmu.

Makeup tipis pun bisa terlihat cantik, kok via wynaarini.wordpress.com

Foundation dan concealer adalah jenis kosmetik yang komedogenis, alias mampu menyebabkan timbulnya komedo. Maklum, dua jenis kosmetik ini begitu tebal sehingga bisa membuat pori-pori wajah tertutup.

Kamu yang pernah datang ke acara resepsi pernikahan, pasti tahu beratnya menggunakan foundation bukan? Makeup tersebut menutupi kulit kamu hingga berjam-jam. Sepulang dari acara resepsi, timbullah jerawat-jerawat kecil karena kulit tidak mampu bernapas selama mengenakan makeup tadi.

7. Selain sabun bayi, bedak bayi atau bedak tabur pun bisa merawat kulitmu dan membuat jerawat mati kutu

bedak tabur tipis bisa menjadikan kulitmu bebas jerawat via blog.birchbox.com

Bedak tabur amat disarankan bagi wanita-wanita yang berjerawat. Apalagi jika jerawatnya lumayan parah. Ini karena bedak tabur memiliki partikel-partikel yang tidak menutupi pori-pori kulit.

Kalau kamu enggan menggunakan bedak tabur milik ponakan kamu, kamu tidak perlu khawatir. Kini sudah banyak merk bedak tabur khusus wajah di pasaran, yang bisa kamu kenakan untuk mempercantik diri. Beberapa di antaranya bahkan diperuntukkan khusus kulit berjerawat dan berminyak.

8. Hati-hati pada tempat kamu biasa meletakkan jari. Jangan-jangan selama ini, spons bedak atau handphone-mu adalah sarang bakteri!

Hati-hati sama ponsel layar sentuhmu. Via http://www.persuasionmagazine.com

Handphone Android dengan layar sentuh kini merajarela di mana-mana. Jika kamu mengamati, dalam waktu sehari, layar ponsel akan ribuan kali kamu sentuh dengan tanganmu. Padahal tanganmu pun telah memegang aneka macam benda, tanpa kamu tahu kebersihannya. Tak jauh berbeda, spons bedakmu sering kamu tapukkan berulang kali pada pipimu. Terkadang kamu lengah untuk mencucinya, sehingga bakteri gemar mengendap di situ.

Belajar dari pengalaman itu, kamu bisa kenakan tisu untuk membasuh layar ponselmu sebelum dipakai. Spons bedakmu pun dapat dicuci dalam jangka waktu tertentu. Cukup kenakan sabun batang biasa, peras, dan jemur sampai benar-benar kering. Setelah ini, sponsmu siap dikenakan lagi.

9. Jika ingin cara yang mudah dan murah untuk menenangkan wajah, masker es batu bisa menjadi pilihanmu

Maskeran es batu via http://sharshongbad.com

Ketika jerawatmu yang sedang meradang itu nyut-nyutan, sebenarnya ada langkah sederhana yang bisa kamu lakukan. Pergilah ke kulkas dan ambillah sekotak kecil es batu dari cetakan. Tempelkan es batu itu ke seluruh bagian wajah dengan gerakan memutar. Lakukan hingga esnya habis dan biarkan wajahmu mengering dengan sendirinya.

Kamu bisa merasakan relaksasi yang luar biasa pada wajah. Di samping itu, komedo yang mengendap dalam pori akan jadi lebih mudah terdorong keluar. Ini karena air meresap ke dalam kulit. Pun noda-noda bekas jerawat yang tadinya bersarang, akan lenyap perlahan-lahan jika mengaplikasikan hal ini rutin sebelum tidur.

10. Ketika semua sudah kamu lakukan dan jerawat belum juga hilang, jangan ragu untuk menemui dokter spesialis.

Jangan segan-segan pergi ke dokter spesialis via rebloggy.com

Jika permasalahan jerawat kamu tergolong parah atau menahun, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Kamu bisa menemuinya di rumah sakit dan atau klinik pribadi.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin sudah pasti ahli dalam bidangnya. Ia akan memberikan saran dan resep yang sesuai dengan permasalahan kulit kamu. Sebab permasalahan kulit jerawat setiap orang dapat berbeda-beda, dan kasusnya pun beragam. Misalnya saja, siapa tahu kamu selama ini berjerawat bukan karena kondisi kulitmu, namun karena stres yang berlebihan atau pola makan yang tak ideal? Wajar saja jika selama ini usahamu untuk mengkondisikan kulit tak berbuah banyak.

Bagaimana? Apakah selama ini masih ada yang terlewat ketika kamu menyembuhkan jerawatmu? Selamat mencoba, ya!