Makan adalah kebutuhan badan. Sayangnya, banyak orang yang sekarang doyan makan karena hobi. Duh, repot ‘kan? Akibatnya, pola makan jadi nggak terkontrol. Asal ada makanan entah enak atau nggak, langsung aja deh disikat!

Selain berat badan yang bisa melonjak drastis, kebiasaan ini juga mengundang berbagai macam jenis penyakit lho. Mulai dari gangguan kolesterol, tekanan darah tinggi, sampai gejala stroke. Tapi satu-satunya masalah yang bakal segera dirasakan adalah…badanmu mulai terasa berat!

Nah, supaya pola makanmu lebih teratur dan asupan nutrisimu juga lebih terjaga, sebaiknya bikin jus-jus sehat ini aja!

1. Lemon ginger zinger adalah ramuan alami yang bikin perutmu rata lagi.

jus wortel dan apel hijau via garden-of-vegan.tumblr.com

Kebiasaan banyak makan pastilah bikin volume perutmu bertambah besar. Solusinya, kamu butuh asupan yang ampuh melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Apel hijau dikenal ampuh untuk urusan yang satu ini. Ditambah lemon dan wortel, bentuk tubuhmu pun bisa ideal kembali.

Advertisement

Cara membuat ramuan ini gampang kok:

  • Peras 1/2 buah lemon
  • Potong-potong 1 buah apel hijau
  • Kupas dan potong-potong 2 buah wortel
  • Tambahkan 1 ruas jahe kupas
  • Blender semua bahan hingga halus

2. Jus bayam dan mangga ampuh atasi perut begah akibat kebanyakan ngemil.

bayam sama mangga juga enak via www.gruenesmoothies.org

Hayo, kamu yang doyan ngemil pasti sering ‘kan mengalami perut begah? Hal ini terjadi lantaran terlalu banyak makanan yang masuk dalam perutmu. Lantaran tidak bisa sekaligus dicerna, perut jadi teras sesak dan berat. Nah, coba deh mulai kontrol makan dengan cukup menyantap jus ini saja!

Cara membuatnya:

  • Cuci bersih dan potong-potong 1 ikat bayam
  • Siapkan 3 buah mangga potong dadu
  • Tambahkan 1 gelas air, lalu blender hingga semua halus

3. Campuran susu almond, pisang, stoberi, dan kurma ini ternyata nikmat sekaligus sehat buat tubuhmu lho!

susu almond dan pisang smoothies via offbeatandinspired.com

Resep minuman ini gampang banget:

  • Siapkan 2 gelas susu almond (bisa dibeli di supermarket)
  • Potong-potong 2 buah pisang
  • Tambahkan 6 buah stroberi
  • Siapkan 5 buah kurma buang bijinya
  • Tambahkan 1/2 sdt vanila ekstrak
  • Blender semua bahan hingga halus

Susu almond memiliki kalori paling rendah dibanding jenis susu lainnya. Selain itu, perpaduan pisang dan stroberi mampu memberi nutrisi tinggi bagi tubuh tanpa meninggalkan lemak. Karena bisa membuatmu kenyang, menyantap jus ini ampuh banget lho menekan kebiasaan ngemil sembarangan.

4. Jus jeruk dengan yogurt rendah lemak cocok banget buat kamu yang ingin diet.

jeruk dan yogurt via fantasticedibles.tumblr.com

Selain menjaga tubuh dari bahaya dehidrasi dan kekurangan vitamin C, jeruk ternyata juga berkhasiat mengontrol kalori dalam tubuh. Memasukkan resep jus ini ke dalam menu dietmu tentunya akan ampuh mengembalikan bentuk tubuhmu yang dahulu.

Cara membuat jus ini mudah:

  • Masukkan es batu dalam blender
  • Peras 1 buah jeruk
  • Tambahkan 1/4 gelas yogurt rendah lemak
  • Masukkan 2 sdm jus jeruk konsentrat
  • Bubuhkan 1/4 sdt vanila ekstrak, lalu blender

5. Apel hijau + wortel + buah bit yang dijus jadi solusi supaya kamu bisa bye-bye lemak jahat.

jus buah bit via beetjuiceguide.com

Buah bit sebenarnya punya khasiat utama sebagai anti oksidan bagi tubuh. Tapi jika dipadukan dengan apel hijau dan wortel, ramuan ini paling pas buat menghalau lemak-lemak jahat yang nempel di tubuhmu. Buat jus ini tiap pagi dan lihat perubahanmu nanti!

Cara membuatnya:

  • Potong 1 buah apel hijau
  • Kupas dan iris 1 buah bit
  • Tambahkan 2 buah wortel
  • Blender hingga semua bahan halus

6. Biar badan kembali ringan dan segar, ganti menu sarapanmu dengan jus buah pir dan daun ketumbar.

jus buah pir dan daun ketumbar via www.caitlininspires.com

Daun ketumbar ‘kan buat masak? Hmm…iya sih. Tapi, daun ini ternyata punya khasiat hebat untuk menekan kolestrol dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat dan vitaminnya juga bagus buat pencernaanmu lho.

Membuat minuman ini gampang banget. Kamu hanya perlu mengambil segenggam daun ketumbar yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong. Lalu, tambahkan 3 buah pir potong, 3 buah aprikot potong, dan 3 gelas air. Nyalakan blender dan biarkan semua bahan halus sempurna.

7. Kalau kamu nggak doyan sayur-sayuran, jus stroberi dengan susu kedelai ini bisa jadi andalan!

paduan stroberi dan pisang via yummyaddiction.com

Kamu mungkin salah satu yang anti banget sama sayuran. Meskipun sebenarnya hal itu nggak baik, kamu tetap bisa sehat dengan menyantap jus yang satu ini. Paduan buah stroberi, pisang, dan susu kedelai bakal berkontribusi menjaga berat badanmu – khususnya menjaga perutmu tetap ramping. Dan ternyata, resepnya juga gampang banget dibikin nih!

  • Siapkan 10 buah stroberi
  • Tambahkan 2 gelas susu kedelai rasa vanila
  • Potong-potong 3 buah pisang
  • Masukkan 3 sdm selai kacang
  • Tuang 1 1/2 gelas es
  • Blender hingga lembut

8. Supaya pencernaan lancar dan perut lebih longgar, rutinlah minum jus pisang plus daun selada segar.

selada dan pisang via www.tinnedtomatoes.com

Daun selada ternyata nggak cuma buat lalapan aja, ya. Selada memiliki kandungan serat tinggi sehingga dapat berperan aktif dalam proses pencernaan makanan. Meski nggak sekonyong-konyong bikin tubuhmu ramping, pencernaan yang sehat adalah kunci dari berat badan yang terkontrol.

Yang pasti, kamu nggak perlu repot membuatnya. Siapkan seikat daun selada yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong. Lalu, kupas dan potong 3 buah pisang. Kemudian, tambahkan air secukupnya dan blender semua bahan hingga halus.

9. Penasaran gimana rasanya jus alpukat yang dicampur kurma dan rumput laut? Coba bikin aja, yuk!

alpukat dengan lemon via nutriadviser.com

Cara membuatnya sederhana aja:

  • Siapkan 1 buah alpukat
  • Peras 1 buah lemon
  • Siapkan 5 buah kurma, buang isinya
  • Iris tipis 1 ons rumput laut, lalu blender

Alpukat memang dikenal memiliki kandungan lemak tinggi. Tapi, kamu nggak perlu khawatir karena kandungan lemak dalam alpukat tergolong baik. Kandungan beta-sitosterol dalam alpukat juga ampuh untuk menghantam kolesterol berlebih yang ada dalam tubuhmu. Jadi, kamu nggak bakal tambah gemuk setelah minum jus ini.

10. Rasanya manis sekaligus creamy! Jus sehat yang satu ini dijamin bikin kamu pengen minum lagi dan lagi…

jus pisang dengan selai kacang via www.averiecooks.com

Sekilas terdengar unik ketika selai kacang dicampurkan dalam jus buah. Namun, kandungan potasium yang tinggi dari selai kacang akan membantu meredam resiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung akibat kolesterol berlebih. Makanya, kamu nggak perlu heran dengan resep yang satu ini. Rasanya enak banget kok!

Cara membuatnya:

  • Potong 1 buah pisang
  • Tambahkan 1 sdm selai kacang
  • Tuang 1/2 gelas susu rendah lemak
  • Bubuhkan 1 sdm coklat bubuk
  • Blender hingga halus

Nah, gimana? Sudah berencana menjajal resep-resep jus sehat di atas? Siap-siap kembali segar dengan tubuh yang terasa ringan, ya! 🙂