“Ya ampuuun, itu pipinya gembul banget siih? Sini cubit dulu!”

“Aduh Mbak, wajah kok isinya pipinya semua.”

Biarpun sebenarnya tak ada yang salah dengan memiliki pipi yang chubby alias gembul, mungkin kamu penasaran bagaimana rasanya punya pipi yang lebih langsing atau tirus. Mengubah pipi chubby memang gampang-gampang susah, dan banyak orang memilih jalan untuk operasi bedah. Tapi, ada kok caranya melangsingkan pipi tanpa harus mengeluarkan banyak uang!

Nggak ada salahnya coba membakar lemak di pipi dengan yoga. Yoga? Yup, otot pipi juga sama halnya dengan otot tubuh yang lain, kamu butuh olahraga untuk membuatnya terlihat lebih tirus. Nah, dalam artikel ini, Hipwee akan memberikan 11 gaya yoga yang menghilangkan pipi chubby-mu dari peredaran. Siap mempraktikannya?

1. Siapa bilang senyum itu hanya tanda bahagia? Membakar lemak di pipi dengan banyak senyuman juga bisa!

Senyum dan disangga dengan dagu via thebeautybean.com

Kamu perlu berhenti mengira bahwa tersenyum sendiri adalah monopoli orang gila. Bahkan tersenyum sendiri sebenarnya bisa membantumu menghilangkan lemak pipi. Caranya cukup mudah: cobalah tersenyum selebar mungkin, lalu tahan selama 10 detik dengan kedua tanganmu menempel di dagu. Ulangi hingga empat kali. Dengan begini, maka otot pipimu akan menjadi lebih kencang. Gaya ini juga bisa membuat wajahmu lebih cerah, lho.

2. Tahukah kamu kalau ekspresi terkejut dapat membakar lemak di pipi? Mungkin orang yang pipinya kurus hidupnya mengejutkan terus, ya…

Advertisement

Kejutkan daku, maka kubakar lemak pipiku via www.herinterest.com

Urusan hidup memang gak jarang bikin kita terkejut. Nah, kalau kamu ingin otot pipimu terlatih, gak ada salahnya mencoba gerakan muka tegang ala terkejut. Gerakan ini dinamakan surprise me. Pertama, katupkan kedua bibirmu. Setelah itu buka matamu lebar-lebar dan angkat alismu setinggi mungkin. Fokuskan matamu ke satu titik selama lima hingga sepuluh detik. Lalu, hembuskan napas. Ulangi gerakan ini sampai empat kali. Dengan gerakan ini, kamu akan merasakan otot pipimu yang mulai terasa kencang. Praktis ‘kan? Kamu bisa melakukanya dimana saja. Saat sedang berantem sama pacar misalnya?

3. Uniknya, latihan yoga dengan gaya wajah balon justru bisa mencegah pipimu jadi sebulat balon.

Gembungkan udara di pipi kanan, lalu pipi kiri secara bergantia via www.mamanatural.com

Siapa sih yang pengen punya pipi tembem kayak balon? Uniknya, kamu bisa mencegah ini justru dengan beryoga wajah gaya balon. Gaya ini cukup efektif untuk mulai membakar lemak di pipimu. Pertama-tama, kamu tekan kedua bibir kedalam mulut dengan rapat. Lalu biarkan mulutmu terisi udara, lantas gembungkan pipi kananmu seperti balon selama 10 detik. Lalu hembuskan. Jangan lupa lakukan latihan yang sama pada pipi kirimu. Lakukan set ini setidaknya selama 5 kali.

Meski gerakan ini membuat pipimu lebih gendut saat latihan, jangan kaget jika pipimu bisa terlihat lebih tirus jika kamu rajin melakukannya!

4. Wajahmu pun bisa menjadi lebih langsing dengan latihan yoga gaya bibir O.

Yoga wajah gaya O via www.wikihow.com

Daripada kamu bengong, gak ada salahnya mencoba membakar lemak pipimu dengan gaya yoga bibir O. Pertama, ambil nafas dalam-dalam, lalu bentuk bibirmu menjadi seperti huruf O — lakukan ini sambil menghembuskan napas secara perlahan. Gerakan ini bisa membuat pipimu menjadi lebih kencang, selain juga bisa membuatmu lebih relaks. Lakukan selama sepuluh detik dan ulangi selama sebanyak 5 kali!

5. Kalau lemak di lengan bisa kamu hilangkan dengan banyak angkat beban, lemak di pipi bisa dihilangkan dengan gaya mulut ikan.

Gaya ikan buntal via voxxi.com

Pipi menjadi tembem karena banyaknya lemak yang tersimpan di jaringan otot tersebut. Untuk mengatasinya, rajin-rajinlah membakar lemak di pipi dengan gaya mulut ikan. Pertama: mulailah dengan senyum yang lebar, lalu “hisap” pipimu ke dalam mulut. Gaya wajahmu pun akan menjadi seperti mulut ikan. Biarkan ini selama 10 detik, dan jangan lupa ulangi hingga lima kali.

Mungkin kamu akan merasa pegal saat pertama kali coba. Tapi, gaya ini sangat berguna untuk mengencangkan otot pipimu dan pembakaran lemak di wajahmu. Daripada kamu bayar mahal-mahal untuk operasi, mending kamu mulai berlatih dengan gaya yoga ini!

6. Gaya yoga selanjutnya adalah gaya mencium ke atas. Mungkin terlihat aneh, tapi wajib dicoba jika kamu ingin punya pipi langsing.

Mulut seolah ingin mencium via www.pinterest.com

Langsing bukan cuma milik perut ya, pipimu juga berhak untuk itu. Nah, daripada kamu hanya pasrah di depan kaca dengan pipimu yang makin menggemaskan, gak ada salahnya coba gaya yoga ini.

Pertama, ambil posisi yang nyaman (kalau bisa jauh dari pengamatan orang-orang) lalu angkat dagumu dan menataplah ke atas. Senyum lebar, ambil napas, dan mulailah mengatupkan kedua bibirmu sambil bergerak maju seperti ingin mencium. Lalu hembuskan napasmu perlahan-lahan.

Lakukan hal ini selama 5-10 detik sebanyak 5 kali. Dengan melakukan gaya ini, pipimu bisa lebih langsing karena otot rahang yang terlatih!

7. Gerakan yoga selanjutnya yang bisa kamu coba adalah gaya Mang Cepot. Tabah-tabah ya, mau pipimu tirus ‘kan?

Gaya mang cepot via faceyogamethod.com

Siapa sih yang gak kenal dengan Mang Cepot? Tokoh lawak ini punya raut muka aneh dengan bibir bawah yang lebih maju dari bibir atas. Nah, ternyata gaya bibir seperti itu bisa membuat pipimu lebih kencang, lho.

Gaya yoga ini cukup mudah untuk dilakukan. Pertama, katupkan bibir bawahmu dengan posisi lebih maju dibandingkan bibir atasmu. Cobalah untuk tersenyum, lalu tahan selama 5-10 detik dan ulangi 5 kali. Gaya yoga wajah ini bisa membantumu untuk mengurangi lemak dan mempertegas tulang pipimu!

8. Buka mulut lebar-lebar. Wajahmu juga harus tahu bagaimana rasanya angkat beban!

Buka mulut lebar-lebar biar otot wajah kayak abis angkat barbel via www.wikihow.com

Kamu mungkin saja bisa menguruskan badan dengan sering angkat beban. Tapi, wajah tidak pernah bisa mengangkat apa-apa. Jadi cobalah “menguruskannya” dengan membuka mulut lebar-lebar dan menahannya selama 5-10 detik. Kamu pun akan merasakan otot wajah yang tertarik ke semua arah. Nah, posisi inilah yang bisa membantu memperlancar pembakaran lemak di pipimu. Mudah, bukan?

9. Bibir ala Marilyn Monroe tenyata juga bisa membantumu mengatasi pipi chubby, lho.

Menggoda via www.herinterest.com

Untuk mendapatkan pipi yang tirus, otot wajahmu memang perlu lebih sering dilatih agar bisa membakar lemak lebih mudah. Nah, untuk melatihnya, kamu bisa coba gaya Marilyn Monroe. Dengan mimik muka yang datar, majukan bibirmu seperti ingin mencium. Tahan ini selama 5-10 detik sambil menghela napas perlahan-lahan. Kemudian ikuti dengan gerakan blow a kiss dengan dua jari atau telapak tangan.

Ulangi gerakan ini selama empat kali agar pembakaran lemak di pipimu bisa lebih efektif!

10. Cobalah juga menjulurkan lidah. Bukan untuk mengejek orang, tapi untuk bentuk pipi yang lebih kencang.

Ternyata gaya menjulurkan lidah seperti ini bukan hanya bisa untuk iseng-isengan atau mengejek orang, lho. Ini juga bisa membuat pipimu lebih kencang. Dengan membuka mata lebar-lebar dan menjulurkan lidah ala singa, kamu bisa memiliki pipi yang lebih cantik. Lakukanlah selama 5-10 detik lalu pasang muka tanpa ekspresi. Jangan lupa ulangi selama 5 kali. Walaupun terlihat lucu, gerakan ini akan bisa menyehatkan otot mata dan menetralisir racun yang mengumpul pada lidah.

11. Akhiri seluruh rangkaian yoga wajah dengan gaya mata indah dan senyum cerah.

Senyum dan tarik kedua mata dan mulutmu keatas via www.pickthebrain.com

Menyingkirkan lemak di wajah memang gak mudah. Tapi jika kamu mau usaha, gak ada hal yang gak mungkin! Jadi gak ada salahnya kamu coba gaya ini.

Pertama, letakkan jari-jari tanganmu di kedua ujung mulut dan mata. Lalu tersenyumlah sambil membuka mata selebar-lebarnya. Tarik kedua sisi mulut dan mata dengan tanganmu ke bagian atas. Lakukanlah selama 5-10 detik, lima kali. Gerakan ini bisa membantu memposisikan wajahmu agar lebih tirus dan terangkat. Sederhana, ya?

Nah, ternyata mengatasi pipi tembem gak susah-susah amat kan? Yoga wajah ini toh bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Asal, kamu melakukannya secara rutin.

Karena konsisten adalah kunci untuk cantik, maka kamu tidak boleh malas ya. Juga jangan melupakan untuk tetap makan teratur dan olahraga agar lemakmu tidak habis.

Semoga berhasil!