Setiap orang tentu berharap bisa merasakan kebahagiaan setiap harinya. Namun, akan ada saat dimana kamu harus rela merasakan sedih, kecewa, atau bahkan depresi.

Banyak yang berpendapat bahwa bahagia itu hanya perkara pikiran dan cara pandang terhadap hidup itu sendiri. Sekalipun kebahagiaan nggak bisa selamanya dirasakan, ada kok cara-cara untuk mengusahakannya.

Nah, supaya hari-harimu selalu bahagia, coba deh terapkan 16 tips rahasia di artikel ini. Langsung simak, yuk!

1. Terapi Tertawa

terapi tertawa via www.flickr.com

Ibaratnya, tertawa adalah obat buat segala macam ‘ketidakpuasaan’ dalam hidup. Misalnya nih, kamu gagal masuk kampus favorit, putus cinta, lagi bokek, atau berantem sama pacar – obatmu adalah tertawa.

Advertisement

Menurut para ahli, ketika kamu memikirkan hal-hal yang lucu, maka tubuh akan memproduksi hormon kebahagiaan  (endorfin). Selain itu, sistem kekebalan tubuhmu pun akan bekerja 87% lebih efektif.

Hmm…coba deh sering-sering nonton film komedi atau ngobrol sama teman yang bisa bikin kamu ketawa.

2. Perbaiki Pola Tidurmu

perbaiki pola tidurmu via www.flickr.com

Tidur ternyata jadi salah satu penentu kebahagiaan seseorang, lho. Jika menginginkan hidup yang sehat dan bahagia, pastikan kamu punya waktu tidur yang cukup setiap hari. Sayangnya, banyak orang mengabaikan hal ini lantaran alasan kesibukan.

Waktu tidur malam yang ideal yaitu 7 sampai 8 jam. Sebaiknya, kamu berhenti beraktivitas dengan alat elektronik atau gadgets setidaknya satu jam sebelum tidur. Terapkan kebiasaan ini secara teratur dan disiplin maka ritme biologismu seterusnya akan membaik. Dalam beberapa hari, kamu bisa merasakan perubahan positif pada tubuh dan keseharianmu.

3. Dengarkan Musik Yang Menenangkan

dengarkan musik yang menenangkan via www.flickr.com

Musik terbukti efektif untuk menenangkan syaraf dan mereduksi stres. Ilmuwan menjelaskan bahwa musik menghasilkan perasaan bahagia melalui rangsangan di otak. Rasa bahagia ketika mendengarkan musik hampir sama dengan kebahagiaan ketika menyantap makanan.

Selain itu, musik juga bisa menurunkan tekanan darah dan denyut jantung lho. Nggak percaya? Coba deh sesekali dengerin musik klasik atau lagu-lagu atmospheric dan rasakan perbedaannya.

4. Bersihkan Kamarmu

bersihkan kamarmu via www.flickr.com

Gimana bisa happy kalau kamar udah mirip kapal pecah? Hehehe. Yuk, jaga kebersihan sekitarmu! Mulailah dari membersihkan dan merapikan kamarmu sendiri. Lalu, nggak ada salahnya bantu-bantu ibumu atau ‘mbak yang kerja di rumah‘ buat bersih-bersih.

Pasalnya, tempat yang kotor akan menghasilkan energi negatif. Sementara, ruangan yang bersih dan rapi akan membuatmu merasa lebih rileks. Bahkan, kegiatan seperti menyapu, mengepel, atau cuci piring bisa jadi cara menghilangkan stres lho!

5. Tuliskan Rencana Dan Tugas Yang Harus Kamu Selesaikan

tuliskan rencana dan tugasmu via www.flickr.com

Cara yang satu ini bakal ampuh meringankan kerja otakmu. Dengan menuliskan rencana atau daftar tugas, maka otak nggak akan terlalu terbebani untuk mengingat banyak hal. Otak akan lebih rileks dan fokus pada satu demi satu tugas yang harus dikerjakan.

Selain memudahkan, membuat to do lists akan membuatmu merasa puas ketika semua pekerjaan dalam daftar itu berhasil diselesaikan. Nah, rasa puas inilah yang kemudian membuatmu merasa bangga dan berbahagia. Berhasil menyelesaikan tugas-tugasmu seperti bisa mencapai gol dalam hidupmu.

6. Sebaiknya, Hindari Multitasking

sebaiknya, hindari multitasking via www.flickr.com

Menurut para psikolog, orang yang berusaha menyelesaikan beberapa hal dalam satu waktu akan lebih rentan menderita tekanan darah tinggi dan stres. Akan lebih baik jika mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu. Fokuskan energi dan pikiranmu pada hal itu.

Jadi, ketika kamu sedang mengerjakan draft skripsimu, jangan sekali-kali klik Facebook attau Twitter. Sama halnya ketika sedang berbicara dengan orang lain, jangan malah sibuk mengotak-atik ponselmu sendiri.

7. Pilih Hobi Yang Positif

pilih hobi yang positif via www.flickr.com

Pastikan kamu punya hobi yang sifatnya positif, misalnya berkebun, bersepeda, atau berenang. Hobi inilah yang akan membuatmu tetap aktif ketika kamu punya waktu luang. Yup, menyibukan diri dengan hobi membuatmu merasa bahwa hidupmu sudah cukup memuaskan.

8. Ada Kalanya Kamu Harus ‘Istirahat’

ada kalanya kamu butuh istirahat via www.flickr.com

Istirahat bukan berarti harus tidur atau nggak melakukan apa-apa. Tapi, luangkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaan dan rutinitasmu. Biarkan pikiranmu sejenak kosong dan bebas dari berbagai informasi yang memberi imbas negatif.

Pasalnya, mengakses terlalu banyak informasi justru bisa membuatmu stres dan depresi. Hipwee pernah menuliskan tentang fenomena ‘kelebihan informasi’ di sini.

Kamu bisa mencoba meditasi dengan melakukan yoga, baca buku, menulis, atau menari. Istirahat dari pekerjaan dan rutinitas akan membuat hidupmu lebih bahagia. Di saat inilah kamu punya kesempatan untuk men-charge pikiran dan tubuhmu.

9. Coba Deh Pelihara Binatang…

pelihara binatang via www.flickr.com

Dibuktikan dalam penelitian bahwa hewan peliharaan efektif untuk menyembuhkan stres dan tekanan. Orang-orang yang punya hewan peliharaan punya resiko 50% lebih rendah untuk terserang penyakit jantung. Mereka lebih bisa mengatasi stres dan depresi daripada orang-orang yang nggak punya hewan peliharan.

Jadi kalau kamu, punya peliharaan apa nih di rumah?

10. Gunakan Aroma Terapi

gunakan aroma terapi via www.flickr.com

Aroma terapi adalah salah satu yang bisa menghilangkan stres dan frustasi yang mungkin kamu alami. Semprotkan cairan aroma terapi di kamarmu. Bisa juga gunakan minyak atau lilin aroma terapi yang membuat kamarmu lebih segar dan wangi.

Menurut penelitian, lavender sangat efektif membuat pikiran menjadi lebih rileks. Sementara, rosemari terbukti meningkatkan kekuatan otak dan mengurangi rasa panik atau gelisah.

11. Luangkan Waktu Untuk Pergi Ke Tempat Yang Tenang

pergi ke tempat yang tenang via www.flickr.com

Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan stres adalah pergi ke tempat-tempat yang tenang. Kamu bisa pergi ke taman, gunung, museum, atau perpustakaan. Tempat-tempat yang tenang akan membantumu mengurai stres dan rasa gelisah. Secara otomatis, kebiasaan yang satu ini akan membuat hidupmu lebih rileks dan bahagia.

12. Sempatkan Membantu Orang Lain

membantu orang lain via www.flickr.com

Gunakan waktu luangmu untuk kerja sosial demi membantu orang lain. Lakukan juga hal-hal sederhana seperti membantu ibumu memasak atau ketika adikmu mengerjakan PR.

Ini lho yang bikin kamu merasakan kebahagiaan dari dalam dirimu sendiri. Ketika kamu bisa meringankan kesulitan orang lain, membuat temanmu tertawa, atau meaafkan kesalahan orang-orang disekitarmu. Sederhana ‘kan?

13. Kamu Perlu Waktu Untuk Dirimu Sendiri

butuh waktu untuk dirimu sendiri via www.flickr.com

Apakah dalam kegiatan sehari-harimu selalu berhubungan dengan orang lain? Sudahkan kamu punya cukup waktu buat dirimu sendiri?

Nggak ada salahnya kok pergi belanja, nonton bioskop atau jalan-jalan ke mall sendirian. Kadang, kamu justru akan menemukan kebahagiaan yang selama ini nggak pernah kamu rasakan. Aktivitas menyenangkan yang dilakukan sendirian bisa membuatmu merasa benar-benar bebas.

14. Jogging Atau Jalan Kaki Di Pagi Hari

jogging pagi via www.flickr.com

Olahraga sederhana seperti berjalan kaki atau jogging di pagi hari jadi cara paling murah supaya bisa hidup bahagia. Olahraga membuat pikiran dan tubuhmu rileks. Dengan rutin berjalan kaki atau jogging, detak jantung menjadi lebih teratur dan tekanan darah cenderung normal. Cara ini juga disarankan para dokter bagi orang-orang yang menderita stres atau depresi.

15. Punya Hubungan Yang Baik Dengan Orang-Orang Di Sekitarmu

hubungan yang baik dengan pasangan atau keluarga via www.flickr.com

Orang-orang yang berbahagia adalah mereka yang punya hubungan baik sama keluarga, teman, atau pasangannya. Nah, kalau kamu gimana?

Ternyata, mereka yang punya hubungan baik dengan sekitarnya punya kemungkinan lebih rendah menderita tekanan darah, kolesterol, diabetes, atau stres.

16. Selalu Berpikir Positif

berpikir positif via www.flickr.com

Berpikir positif berarti menghargai kebaikan-kebaikan di sekitarmu. Orang yang selalu berusaha berpikir positif akan jauh lebih bahagia daripada mereka yang sibuk mengkritisi hidup. Syukuri semua yang sudah kamu miliki sampai saat ini — baik itu kesehatan, pasangan, teman, atau keluargamu.

Ketika bisa bersyukur berarti kamu sudah merasa puas dan cukup dengan hidupmu. Rasa cukup dan puas inilah yang akan menuntunmu menjalani hari-hari yang bahagia. Jadi, nggak salah ketika kebahagiaan diukur dari seberapa kamu bisa mensyukuri hidupmu sendiri.

Apakah hidupmu sudah cukup bahagia? Jika belum, nggak ada salahnya ‘kan menerapkan tips-tips di atas. Mungkin, salah satunya akan berhasil menjadikanmu orang yang berbahagia. Selamat mencoba, ya!