Pertanyaan abadi manusia: ‘Apa sih makna hidup ini?’, ‘Kemana sih kita setelah mati?’, dan ‘Mau makan di mana?’ Yup, kita memang sering bingung soal makanan apa yang enaknya kita santap dengan teman-teman. Syarat yang kita pasang banyak banget: harus enak, murah, dan — bagi yang sadar kesehatan di antara kita — memenuhi empat sehat lima sempurna.

Makanan macam apa yang memenuhi semua syarat di atas? Banyak! Simak deh daftar berisi 17 makanan di bawah ini. Kamu nggak perlu bingung lagi mau makan di mana dengan pacar atau teman-temanmu hari ini. Nilai plusnya, mereka juga bisa kamu masak sendiri!

1. Nasi Goreng Telur

Nasi Goreng Telur via www.worthypause.com

Siapa yang tidak kenal nasi goreng? Yap, nasi goreng bisa jadi pilihan utama kamu ketika harus masak sendiri. Cara masaknya sangat mudah: haluskan bawang putih, bawang merah, cabai, lalu tumis. Setelah keluar aroma harum (hmm..), masukkan nasinya. Tambahkan garam, kecap (kalau kamu suka) dan apapun yang kamu suka bisa daun bawang atau sayur-sayur lainnya. Terakhir kamu tinggal tambahin telur goreng. Jadi deh! Gampang, ‘kan?

2. Mie Goreng

Kalo kamu bosan sama nasi, kamu bisa mengganti bahan dasar makananmu jadi mie. Nah, cara memasak mie goreng ini juga hampir sama saja seperti masak nasi goreng. Bedanya bumbu dasarnya selain bawang putih, bawang merah, kamu juga harus memasukkan sedikit merica dan kemiri untuk rasa yang lebih mantap. Selanjutnya terserah kamu. Kamu bisa tambahkan telur, sawi, wortel, cabai, tauge, daun bawang, potongan kecil ayam, atau sosis. Berkreasilah apapun sesuai dengan seleramu.

3. Sup

Advertisement

sup sayuran via www.waspada.co.id

Bukan hanya menghangatkan, tetapi sup juga merupakan makanan yang menyehatkan. Karena pada umumnya sup berisi sayur sayuran yang beraneka macam warna dan kandungan nutrisinya. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah menumis bawang putih yang telah dihaluskan. Setelah itu kamu masukkan air atau kaldu ayam kemudian masukkan sayur sayuran seperti wortel, kubis, kentang, buncis, jamur kuping, jagung atau sayur lainnya.

4. Perkedel kentang

Perkedel kentang via www.resepmasakandanduniaibu.com

Biasanya menu ini hadir sebagai teman setia sup. tetapi perkedel juga nikmat untuk dimakan bersama sambal atau saus botol. Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, kupas dan potong kecil-kecil kentang, goreng dan haluskan. Haluskan juga bawang putih, bawang merah, sedikit merica yang sudah ditumis. Lalu goreng hingga kecoklatan. Perkedel baik untuk menyuplai kebutuhan energimu karena terbuat dari kentang yang kaya karbohidrat.

5. Capcay

Capcay sayur via jimbaran-resto.com

Capcay juga memiliki bahan dasar yang gampang yaitu sayur sayuran seperti sawi putih, sawi hijau, dan bunga kol, serta tambahan sayuran lainnya. Untuk adonan tepungnya, kamu bisa goreng tepung yang telah diberi bumbu atau potongan kecil ayam. Tumis bawang putih dan kemiri yang telah dihaluskan, setelah itu masukkan semua sayur, tambahkan saos sambal dan sedikit saos kecap jika suka. Capcay sangat bernutrisi karena kaya akan kandungan gizi dalam sayurannya.

6. Telur Balado

Telur balado via www.tabloidkuliner.com

Ini nih buat kamu ngaku suka sama makanan pedas. Karena kamu harus menghemat maka tidak ada salahnya jka mengganti bahan dasar makanan yang awalnya ayam atau ikan menjadi telur. Jangan salah, kandungan protein dalam telur cukup tinggi sehingga baik bagi regenerasi sel dan pertahanan tubuhmu. Mau bikin sekarang?

Caranya gampang haluskan bawang putih, bawang merah, dan juga cabai merah (campurkan dengan cabai rawit kalau kamu suka pedas). Lalu haluskan juga beberapa buah tomat. Tumis bumbu, setelah matang kemudian tumis tomat, masukkan sedikit garam dan gula pasir. Dan terakhir masukkan telur yang sudah kamu ceplok atau rebus. O iya, kamu juga bisa ganti telur dengan tahu, tempe atau terong yang sudah digoreng terlebih dahulu.

7. Tempe Penyet

Tempe penyet dan sambal via menumasakan.com

Kelanjutan makanan pedas lainnya. Ini adalah cara termudah makan sehat, enak, murah dan gampang. Kamu tahu tempe terbuat dari apa? Yak, benar sekali, tempe terbuat dari kedelai dan oleh karena itu kandungan protein dalam tempe mencapai 20% dari beratnya. Yuk bikin, caranya kamu hanya perlu menggoreng tempe, tahu, terong, atau makanan lainnya yang kamu suka, lalu sisihkan. Setelah itu buat sambal bawang. Jangan lupa untuk menyajikannya dengan nasi yang masih hangat.

8. Teri sambal

Sambal Teri via www.wikihow.com

Ketika kondisi keuangan tidak lagi membuatmu mampu menjangkau makanan mahal, tidak ada salahnya kita beralih pada perpaduan rasa sederhana nan sehat yang cukup menggoda. Cobalah menu ikan teri atau ikan kering asin yang digoreng kering dipadu dengan berbagai jenis sambal(bisa sambal bawang, tomat, kecap, terasi atau sambal apapun kesukaanmu) atau dimasak dengan sambal secara bersamaaan. Walaupun sederhana, teri memiliki kandungan protein dan kalsium yang cukup tinggi, begitu juga kandungan vitamin C yang tinggi dalam cabai yang kamu gunakan untuk sambal. Bagi penyuka pedas, pilihan yang satu ini tidak boleh dilewatkan.

9. Sayur asam

Sayur asem meniliki kandungan gizi yang beragam karena memiliki bahan yang bermacam – macam. Bahannya dapat dengan mudah kamu dapatkan dari sekitar yaitu hanya jagung, kacang tanah, kacang panjang, labu dan terong. Tinggal rebus air dalam panci, masukkan asam, garam, gula, dan irisan bawang secukupnya. Masukkan sayur sayur lainnya. Mudah ‘kan? Nikmati sayur asammu bersama tempe goreng dan sambal.

10. Gado gado

Gado gado via gado22.wordpress.com

Kalaupun kamu nggak punya duit, bukan berarti kamu bisa beralasan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Coba bikin gado-gado aja. Tinggal siapkan sayuran seperti selada, kentang, tauge, kubis atau cari sayuran berharga miring lainnya. Lalu beli bumbu kacang kemasan ekonomis yang memang sudah tersedia untuk mebuat gado-gado. Rebus kentang, potong-potong lalu potong semua sayuran lainnya. Satukan dalam bumbu kacang. Hmmm…enak ‘kan?

Nah, setelah tadi deretan makanan bercita rasa Nusantara, nggak ada salahnya kalau kita eksplorasi juga makanan dari negeri-negeri lain. Yuk, lanjut cek daftar makanan-makanan menggoda ini.

11. Panekuk

Delicious pancake via www.slate.com

Siapa tidak suka dengan pancake? Teksturnya yang lembut, aroma butter dan susu. Hmm.. Kalau kamu nggak terlalu laper tapi tetap ingin makan camilan manis yang enak dengan anggaran terbatas, saran terbaik adalah: makan panekuk! Kamu hanya perlu mengumpulkan bahan-bahan seperti tepung terigu, susu cair, dan mentega, maka kamu sudah memenuhi tiga kebutuhan dasar membuat pancake. Aduk hingga lembut ketiga bahan tadi, tambahkan sedikit gula dan garam. Tuang sedikit demi sedikit diatas pan anti lengket. Setelah itu terserah kamu, kamu bisa oleskan madu, selai cokelat, atau selai strawberry, atau kamu bisa juga tambahkan potongan pisang di atas tumpukan pancake lezatmu.

12. Spaghetti

Spaghetti bolognese via www.sailingeurope.com

Ini murah lho. Jangan salah, bahan utamanya cuma pasta, tomat, kaldu ayam, bawang putih, bawang bombai dan oregano. FYI, ini membuat spaghetti memiliki kandungan vitamin C dan A yang cukup tinggi. Untuk membuat saosnya (agar lebih sehat dan hemat) kamu bisa rebus tomat, lalu hilangkan kulit dan bijinya, kemudian haluskan. Setelah itu tumis bumbu dan masukkan tomat dan oregano. Rebus pasta dan tuang saosnya. Dan kalau kamu punya anggaran berlebih, kamu bisa juga menambahkan potongan sosis atau taburan keju. Yummy!

13. Jamur Crispy

Walaupun memang sudah cukup mudah menemukan jamur goreng disekitar kita, akan lebih hemat kalau kita membuatnya sendiri bukan? Camilan ini cukup sehat karena jamur memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dalam protein dan karbohidratnya. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah mencampurkan jamur kedalam tepung yang sudah dibumbui, lalu goreng hingga garing. Nikmati dengan saus cabai atau sambal favoritmu.

14. Sandwich

Sandwich telur via mynameisnisaa.wordpress.com

Makanan ini akan membuat harimu lebih berenergi. Selain enak, makanan ini juga gampang dibuat. Siapkan dua potong roti tawar, selipkan telur goreng di tengahnya, masukan juga potongan tomat, timun dan taburkan sedikit saja garam, lada, juga sedikit saus kalau kamu suka.

15. Puding

Puding Enak via meatified.com

Puding itu enak dan kaya serat. Masak agar agar dan jelly, campurkan dengan susu atau buah-buahan. Masukkan ke dalam cetakan, nikmati puding dinginmu dengan fla.

16. Chocolate Ball

Kamu suka cokelat? Oke, Ikuti cara gampang makan coklat yang enak ini. Hancurkan secara kasar beberapa biskuit kering, buat mengepal dengan susu kental manis. Selanjutnya celupkan kedalam cokelat yang sudah dilelehkan,taburi kacang atau sprinkles lainnya, dinginkan dan masukkan ke dalam kulkas selama setengah jam. Enjoy your chocolate balls!

17. Smoothies

Smoothies via insearchofsadie.com

Lapar tapi pingin minuman sehat dan menyegarkan? Ayo bikin smoothies aja!

Pilih buah yang kamu suka (stroberi, pisang, alpukat, apel, jeruk, mangga, dll) lalu tambahkan yoghurt atau susu cair, masukkan sedikit madu atau gula sesuai selera. Kemudian haluskan dengan beberapa potong es batu.

Jadi gimana, udah menentukan rencana mau makan atau masak apa? Semoga daftar tadi bisa memberikan sedikit inspirasi. Selamat makan! 😉