Dale Patridge adalah entrepreneur muda yang sukses mendirikan Sevenly, perusahaan pakaian asal California. Dale yang juga mahir main skateboard ini mau berbagi kisah sukses ketika ia bisa hidup bahagia dan bebas hutang di usianya yang menjelang 30 tahun.

Faktanya, nggak bisa dipungkiri kalau jumlah penganguran terus bertambah. Bahkan, sarjana menganggur kayaknya udah jadi hal biasa. Padahal, seorang mahasiswa butuh waktu kira-kira 4 tahun atau lebih buat dapat gelar sarjana. Menurut Dale, kalau dihitung-hitung, seorang mahasiswa bisa punya hutang sekitar $40.000. Wow!

Lulus kuliah, kerja, nikah, punya anak, sampai nabung, semua serba telat. Sebagai seseorang yang masih muda, maka kualitas kedewasaannya dinilai sangat rendah. Kalau prediksi Dale sih, serba telat kaitannya sama banyak hutang.

Dale dan istrinya kemudian membuat keputusan besar. Mereka akan saling mengingatkan bahwa tidak boleh ada hutang. Mereka sama-sama kerja keras dan nggak mau punya hutang, apalagi yang pakai jaminan. Misal, pengen beli rumah, ya harus dibayar kontan!

Mungkin terdengar sedikit gila, tapi Dale Patridge siap berbagi tips soal yang satu ini. Yuk, simak!

1. Pengeluaran HARUS Lebih Kecil Dari Pemasukan!

Advertisement

pengeluaran lebih kecil dari pemasukan via flooks.net

Kayanya sih gampang ya, tapi prakteknya dijamin bikin kepala puyeng. Apalagi, kalau kita biasa pakai kartu kredit atau bawa kartu debit kemana-mana, misal pergi nongkrong atau jalan-jalan di mall. Nah, kalau kita nggak bisa menahan diri, ya wassalam..

“Kita sering beli barang yang sebenarnya kita nggak butuh, pakai uang yang sebenarnya kita nggak punya, dan tujuannya cuma bikin orang yang nggak kita suka merasa terkesan.”

2. Jangan Kuliah Kalau Nggak Niat

kalau nggak niat nggak usah kuliah via blog.launch.co

Jaman udah jauh berubah. Pendidikan nggak selalu berbanding lurus sama pekerjaan. Kuliah itu bukannya jelek, tapi ketika kita nggak bisa fokus dan sistem pendidikan masih seperti ini, mau gimana? Dale menyebutkan bahwa di tahun 2014, ada 44% sarjana di Amerika bekerja di tempat yang bahkan nggak butuh ijazah sarjana.

Kalau kita masih percaya bahwa tujuan kuliah itu biar cepat dapat pekerjaan, itu salah besar!

3. Beli Mobil? Buat Apa?

beli mobil itu buat apa? via hdw.eweb4.com

Beli mobil baru itu kayak kita lagi nyetir tapi sambil buang-buang duit lewat kaca. Pasalnya, ketika beli mobil baru, cuma butuh sekitar 4 tahun dan harga mobil itu bakal turun 70%. Jadi, kamu mungkin harus berpikir konyol dengan membeli mobil baru yang sama tapi 4 tahun setelah mobil itu rilis. Harganya pasti jauh lebih murah, sekitar 70%. Gimana? Minat?

4. Tabung 10% Dari Penghasilanmu

tabung 10% dari gajimu via weonlydothisonce.com

Dale dan istrinya selalu menabung sekitar 10% dari penghasilan mereka dan kadang bisa lebih. Kebiasaan itu sudah dilakukan selama sekitar 5 tahun. Mereka kadang menyisihkan $300, tapi kadang bisa menabung hingga $3000.

Dengan uang tabungan itu, Dale dan istrinya bisa pergi liburan, sedekah, dan hidup berkecukupan, bahkan berlebih. Nggak ada yang terlambat kok, kamu bisa mulai nabung dari sekarang.

Usia muda bukan berarti kita cuma santai, bersenang-senang, atau menghamburkan uang. Kalau pengen tau gimana masa tuamu nanti, lihat aja kamu sekarang. Siapa sih yang nggak pengen hidup mapan dan nggak punya utang? Selamat berjuang!

Young adults are graduating later, starting their careers later, getting married later, having kids later, and saving later. This has put our youth’s maturity at an all time low and their debt and at an all time high.

One of the greatest decisions my wife and I ever made was to always remain debt free. We have worked very hard to achieve such a title at our age. We’ve also agreed to not even carry mortgage debt. Yes. That means if we buy a house, we pay cash for it.

– See more at: http://dalepartridge.com/4-rules-becoming-debt-free-age-30/#sthash.uyWuswT9.dpuf

Young adults are graduating later, starting their careers later, getting married later, having kids later, and saving later. This has put our youth’s maturity at an all time low and their debt and at an all time high.

One of the greatest decisions my wife and I ever made was to always remain debt free. We have worked very hard to achieve such a title at our age. We’ve also agreed to not even carry mortgage debt. Yes. That means if we buy a house, we pay cash for it.

– See more at: http://dalepartridge.com/4-rules-becoming-debt-free-age-30/#sthash.uyWuswT9.dpuf