Tertarik belajar Bahasa Jepang secara otodidak? Blibli.com khusus menyiapkan artikel ini buatmu

Konon, bahasa Jepang adalah salah satu bahasa tersulit di dunia. Mulai dari hurufnya yang tidak menggunakan abjad seperti bahasa kebanyakan sampai pelafalannya yang tidak mudah diucapkan jadi tantangan. Tapi walaupun sulit dipelajari banyak orang yang tertarik mendalami bahasa yang satu ini.

Apakah kamu termasuk salah satu di antaranya? Tertarik belajar bahasa anak-anak AKB 48 tanpa harus mengeluarkan biaya? Hipwee dan Blibli.com punya cara otodidaknya!

1. Huruf Bahasa Jepang sebenarnya mudah dihapalkan. Kuncinya A-Ka-Sa-Ta-Na-Ha-Ma-Ya-Ra-Wa

Hiragana chart paling gampang via tumblr.com

Bagi kebanyakan orang menghapal hiragana adalah salah satu step paling sulit dalam belajar Bahasa Jepang. Padahal sebenarnya tidak sesulit itu untuk menghapalkan. Caranya, tuliskan A-Ka-Sa-Ta-Na-Ha-Ma-Ya-Ra, kemudian urutkan ke bawah. Cara ini adalah salah satu cara paling mudah untuk menghapalkan Hiragana. Dengan begitu kamu tinggal mengurutkannya ke bawah.

2. Untuk sapaan sehari-hari macam Ohayou, Tadaima, dan Okaeri — tempelkan post it note di dekat pintu sebagai pengingatmu

Post it notes for ohayou via tumblr.com

Sapaan sehari-hari yang biasa digunakan wajib kamu hapalkan. Karena bagi orang Jepang ini adalah bentuk kesopanan. Agar tidak lupa, tempelkan kata-kata sapaan standar ini di dekat pintu. Semisal, letakkan Ohayou di sebelah kanan pintu agar kamu ingat menyapa orang-orang dengan itu selepas bangun tidur. Kemudian lekatkan Tadaima dan Okaeri di pintu masuk dan keluar rumah agar sepulang dari pergi kamu juga selalu melihat ini.

3. Subscribe channel berbahasa Jepang dan lihat dorama Jepang untuk memfasihkan logatmu

Yuka Kinoshita, the Eating Champion via www.marketing-interactive.com

Kosakata Bahasa Jepang sudah ada di kepalamu. Nah, sekarang saatnya memfasihkan logatmu agar lebih natural saat bicara. Caranya sebenarnya sederhana. Coba deh subscribe akun di YouTube yang menggunakan Bahasa Jepang macam Yuka Kinoshita. Dengarkan dia bicara tanpa melihat subtittlenya. Bagimu yang suka drama Jepang juga bisa memanjakan diri lewat melihat dorama.

Dua cara ini membantumu melancarkan logat bicara, tanpa harus datang ke les dan membayar mahal.

4. Kalau harus menghapalkan kanji, coba buat perumpamaan. Hapalkan dari garis per garis biar nggak gampang lupa

Hapalkan garisnya biar nggak gampang lupa via www.livingingroutfits.com

Belajar huruf kanji adalah bagian yang tak terpisahkan dari belajar Bahasa Jepang. Tanpa menguasai aksara khas yang satu ini kamu tidak akan bisa bertahan di Jepang, karena hampir semua penanda di jalan raya dan di berbagai produk menggunakan kanji.

Nah, demi menghapal kanji dengan mulus caranya sebenarnya mudah saja. Pertama, asosiasikan kanji yang kamu tulis dengan suatu benda. Semisal, kanji pohon yang memang mirip dengan pohon. Kemudian hapalkan juga garis per garisnya. Di garis mana kamu bisa memulia untuk pertama kalinya. Dengan begini ingatanmu tidak akan mudah pudar.

5. Beranikan diri buat pergi ke Jepang. Kan sekarang udah ada cara gratisan….

Ke Jepang aja buat belajar bahasanya via www.shawna-x.com

Pergi dan segera berangkat ke Jepang jadi cara paling oke untuk benar-benar belajar bahasanya. Lagian sekarang udah ada kok cara gratis dan murahnya.

Selain rajin memburu tiket gratisan, Blibli.com punya cara yang lebih mudah untuk dilakukan. Saat ini Blibli.com sedang mengadakan program #MyBigWish gratis ke Jepang yang memberimu kesempatan untuk memenangkan 5 tiket ke Jepang plus beragam hadiah lainnya. Cuma dengan belanja 50o ribu lewat Blibli.com , kamu akan langsung mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan tiket gratis ke Jepang , valid untuk dua orang dan berbagai hadiah menarik lainnya seperti Apple Macbook Pro, Lenovo PHAB Plus, dan Kamera Fujifilm X-M1 .

Jadi, tunggu apalagi? Buruan raih kesempatanmu buat berangkat gratis ke Jepang dan memfasihkan Bahasa Jepangmu!