Sampai saat ini kamu masih suka minta uang jajan? Atau justru sering galau saat mulai masuk akhir bulan dan uang mulai menipis? Gak capek tuh, selalu ketar-ketir karena kehabisan uang? Berwirausaha, bisa jadi alternatif agar kamu tidak lagi tergantung secara finanansial pada orang lain. Yah, minimal bisa meringankan beban orang tuamu sekaligus membuka lapangan kerja.

Rasa ingin berbisnis sudah menggelora, tapi kamu galau karena modal tak ada? Eits, ingat banyak hal-hal besar dimulai dari hal yang kecil. Hanya dengan modal 1 juta rupiah, sebenarnya sudah cukup untuk jadi amunisi awalmu memulai usaha. Kali ini Hipwee akan memberikan 5 referensi bisnis yang bisa kamu mulai dengan uang 1 juta rupiah saja.

1. Daripada design-mu hanya nongkrong di buku gambar, kini kamu bisa mulai menerapkanya pada bisnis kaus oblong.

T-shirt creative design via www.elakiri.com

Jaman sekarang siapa sih yang gak pernah suka pake kaos? Simple, santai, adem, dan murah. Mereka yang bertahan di ranah bisnis ini adalah pengusaha yang mampu mempertahankan kualitas bahan dan design yang unik. Kamu yang suka menggambar sangat cocok menjajal bisnis ini. Daripada hasil corat-coretan gambarmu itu hanya nongkrong di buku gambar, saatnya kamu memulai bekerja sama dengan teman-temanmu untuk menjadikannya menjadi bisnis kaos oblong.

Untuk pertama, kamu bisa membidik pasar dari kalangan mahasiswa dan organisasi yang sering membuat kaos khusus untuk event yang mereka selenggarakan. Setelah mendapatkan klien, modal kamu sebenarnya hanyalah design kreatif dan link pabrik cetak kaos yang murah dan berkualitas. Uang mukapun bisa kamu tarik dari pemesan. Setelah cukup stabil, kamu bisa memproduksi kaus untuk dijual di outlet-outlet terkenal di daerahmu. Siapa sih yang gak pengan punya bisnis kayak Dagadu yang bisa membumi di tanah Jogja dan membawa ciri kota itu kep enjuru dunia?. Sekarang nih, waktunya kamu mulai ambil peran!

2. Manfaatkan kegemaranmu berkreasi untuk menelurkan kerajinan tangan yang bisa dijual.

Advertisement

Kerajinan tangan makrame via dvd-edu.blogspot.com

Kamu suka membuat kalung dari kerang? Kamu seringkali memodifikasi perhiasanmu dengan menambahkan manik-manik dari plastik? Berarti kamu punya bakat untuk berkarya membuat kerajinan tangan. Nah, kenapa tidak mulai membisniskan kemampuanmu itu? Selain merasakan kepuasan tersendiri karena bakatmu tersalurkan, kamu juga bisa dapat uang. Kerajian makrame contohnya — berbagai jenis kreasi dari kemampuan tali temali– bisa kamu kreasikan untuk membuat berbagai macam bentuk barang, gelang, kalung, gantungan, sampai penghias jendela.

Satu kilogram tali untuk membuat kerajinan makrame harganya sekitar Rp 35.000. Dengan modal awal Rp 525.000 kamu sudah bisa mendapatkan 15 jenis warna. Sisanya bisa kamu gunakan untuk membeli manik manik sebagai penghias dan alat dasar seperti gunting dan gantungan. Kamu bisa tawarkan produkmu yang unik-unik itu secara langsung atau melalui media online. Segmen pasar yang bisa kamu tuju adalah melalui pesanan pribadi, penjual aksesori, atau souvenir pernikahan. Lets try!

3. Bisnis bimbel private : gak perlu modal besar, asal kamu punya stok tenaga pengajar.

Bimbingan belajar dirumah via www.bbc.co.uk

Kamu yang ingin terjun ke bidang pendidikan? Atau kamu yang kuliah di keguruan? ini saatnya untuk mencoba bisnis bimbingan belajar. Kamu bisa mengawalinya dengan metode bimbingan belajar secara private. Kuncinya adalah guru yang berkualitas, jaminan nilai tinggi, dan kumpulan soal yang selalu up to date. Sebagai permulaan, kamu bisa mulai mendatangi tempat nongkrong para pelajar atau bekerja sama dengan sekolah untuk mulai mencari calon murid.

Promosi yang gencar juga tidak boleh dilupakan. Jangan malu untuk menceritakan bisnismu pada teman-teman dan berpromosi ke jejaringmu yang lain. Semakin banyak link semakin baik. Promosi usaha di bidang jasa yang paling baik adalah promosi dari mulut ke mulut. Selain itu, siapakan penawaran yang menarik, seperti bimbingan gratis untuk percobaan pertama.

Modal 1 juta rupiah bisa kamu manfaatkan untuk membayar honor tenaga pengajar dan mencetak soal yang digunakan dalam tiap sesi bimbingan. Nah, barulah saat bimbelmu sudah cukup terpercaya dan mapan, kamu bisa menyewa rumah dan mulai membuka kelas bersama. Jika digarap dengan serius bisnis bimbel ini bisa berkembang dengan pesat dan menjanjikan dalam jangka panjang.

4. Bisnis Makanan Sehat Dengan Sistem Katering Untuk Penghuni Kos-Kosan.

Paket makan siang via www.papabento.com

Tidak jarang anak kosan sering malas keluar mencari makan. Alasannya macam-macam: jauh, bosan dengan makanan warung yang itu itu saja, sampai merasa tidak ada makanan yang terjangkau dan sehat.

Nah kamu bisa mempergunakan kesempatan ini dengan memulai memanfaatkan semua peralatan dapurmu untuk mendapatkan uang lebih. Modal kamu sebenarnya adalah alat dapur dan jasa memasak. Sisanya, kamu bisa tawarkan paket sarapan, paket makan siang, atau paket makan malam dengan uang pembayar di awal.

Kamu bisa membidik area kos-kosan VIP yang jarang ada penjual makanan. Atau menawarkan jasa membuat arapan yang bisa diantarkan ke kos jam 6 pagi, atau bahkan delivery ke Fakultas masing-masing. Jangan lupa pilih menu yang enak, bergizi dan menarik ya. Sesekali, kamu bisa tawarkan bonus pancake cantik buatanmu atau puding sebagai desser agar pelanggan merasa senang.

Modal awalmu yang hanya 1 juta rupiah itu bisa kamu gunakan untuk membeli bahan-bahan dan membeli kemasan makanan. Gak usah khawatir pada biaya promosi. Kamu bisa berpromosi secara online dan meminta bantuan retweet dari teman-temanmu agar nama bisnismu makin menyebar.

5. Buat Kamu Yang Suka Berlama-Lama Di Depan Kaca, Kenapa Tidak Coba Jadi MUA? (make up artist).

Jadi MUA juga bisa dengan modal 1 juta via www.greasepaint.co.uk

Keinginan tampil cantik dan bisa foto-foto unyu dalam berbagai  acara-acara penting seringkali tidak dibarengi dengan kemampuan berdandan yang mumpuni. Nah, kondisi ini sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh kamu yang punya bakat dan gemar berjibaku dengan make up. Kenapa tidak kamu gunakan hobimu untuk menawarkan jasa mendandani orang lain?

Target pasar bisnis MUA itu jelas: teman-teman yang mau wisuda, mereka yang mau kondangan, menawarkan diri untuk mendandani acara photoshoot , sampai ikut dalam tim pembuatan film dokumenter yang membutuhkan bantuan tim make up. 

Manfaatkan uang 1 jutamu sebagai modal untuk membeli peralatan make up yang tidak hanya berkualitas, tapi juga beragam dan bisa digunakan dalam berbagai kesempatan. Selanjutnya, manfaatkan channel media sosialmu untuk promosi. Unggah foto hasil make-up mu – edit sedikit agar lebih menarik – jangan lupa sertakan nomor kontak yang bisa dihubungi. Jangan takut juga untuk mendatangi studio foto dan kawan-kawanmu yang menawarkan jasa fotografer demi menawarkan jasamu sebagai MUA.

Saat klien sudah makin banyak, kamu bisa menggaet teman-temanmu yang juga mempunyai keahlian make up untuk bergabung dalam tim MUA-mu. Mudah, terjangkau, bisa dikerjakan dengan hati, pun selalu dibutuhkan. Kenapa tidak dicoba sekarang?

Nah, itu adalah 5 contoh lini bisnis konkret yang bisa kamu mulai dengan modal 1 juta rupiah. Ingat apapun jenis bisnisnya, sebenarnya kunci sukses dalam berbisnis adalah kreativitas, fokus, ulet, gigih, dan tidak mudah menyerah.

Itu adalah hal yang perlu kamu tanamkan untuk menjalankan sebagai bisnis awal. Gak mungkin ‘kan kalau sehari tidak mendapat pelanggan, kamu lantas menyerah? Sebab mencoba memulai bisnis sejak dini selalu lebih baik dari tidak pernah mencoba sama sekali.

Selamat menjajal 🙂