Selamat Hari Bumi!

Baru saja kemarin kita merayakan Hari Kartini, hari emansipasi wanita se-Indonesia. Kalau di Hari Kartini, kita yang wanita-wanita bisa bekerja untuk mewujudkan emansipasi dan secara simbolis, mengenakan pakaian daerah. Nah, kalau di Hari Bumi tanggal 22 ini enaknya ngapain ya?

Daripada kamu bingung memikirkan apa yang bisa kamu kontribusikan kepada Bumi, kita bikin kerajinan di bawah ini aja yuk! Selain murah dan bermanfaat, kamu bisa menerapkan prinsip reduce, reuse, recycle yang akhirnya bisa menyelamatkan berkontribusi dalam menyelamatkan tempat tinggal kita. Bahkan bukan hanya menyalurkan kreativitas saja, kerajinan-kerajinan berikut juga bisa kamu ubah jadi usaha kecil-kecilan untuk menambah pundi uang!

1. Lupakan mimpi punya uang untuk membeli tas-tas bermerek. Mendingan, kamu bikin kreasi tasmu sendiri dengan daur ulang plastik kemasan.

Tas seperti ini gak bakal jadi keinginan lagi kalau kamu bisa bikin sendiri via shantyfyn.files.wordpress.com

Seringkali kamu menjumpai tas-tas kreatif dari kemasan bekas kopi atau minuman instan lainnya, entah di televisi, internet, atau pun majalah. Meski notabene dibuat dari kemasan bekas, desain yang unik dan original malah membuat tas ini menarik di mata orang lho. Selain itu, dijamin mereka bakal ingin punya tas yang sama.

Advertisement

Buat kamu yang ingin membuatnya dan masih pemula, coba saja membuat tas dengan desain yang sederhana terlebih dahulu. Langkah-langkahnya dapat kamu lihat di sini.

2. Lupakan juga tas anyaman yang sering dibawa Mama untuk belanja ke pasar. Tas anyaman dari bekas plastik kemasan ini malah penuh gaya dibawa jalan-jalan.

Lupakan kesan kuno dari tas anyam ala mak-mak via www.teakpalace.com

Tas atau keranjang anyam barangkali sudah akrab di telingamu sebagai teman berbelanja sayur ke pasar. Tapi gak semuanya begitu, lho! Tas anyam yang dibuat dari bekas kemasan kopi instan ini malah cukup berkelas dibawa ke mana-mana, termasuk waktu hangout. Gak percaya? Tengok cara pembuatannya di sini. Bahannya juga gak sulit dan ribet dicari kok!

3. Barangkali kamu pernah mencoba membuatnya di sekolah dulu. Itu lho, patung atau relief dari bubur kertas koran!

Koran hitam putih ternyata bisa jadi seindah ini via images.solopos.com

Siapa sangka kertas koran yang warnanya hitam putih itu dapat kamu sulap sedemikian rupa jadi cantik menawan? Iya, kamu gak mimpi! Dengan mengolah kertas koran menjadi bubur kertas, kami bisa membuat bentuk kerajinan apapun yang kamu mau. Mau relief candi, kaligrafi, peta, sampai lukisan timbul pun bisa dibuat. Mungkin guru Seni Rupamu di masa sekolah pernah mengajarkannya, tapi siapa tahu juga kamu sudah lupa caranya. Hipwee akan bagikan langkahnya untukmu.

Bahan yang kamu perlukan adalah:

  • kertas koran secukupnya
  • air
  • ember untuk merendam
  • lem fox yang berwarna putih krim
  • triplek yang sudah kamu gambari motif relief
  • cat dengan warna yang kamu inginkan

Cara membuatnya:

  1. Kumpulkan kertas koran dan sobek-sobek semuanya secara acak. Lebih bagus lagi, kalau kamu bisa menyobeknya hingga berukuran kecil-kecil.
  2. Rendamlah kertas koran itu dalam seember air dalam semalam. Gunanya agar kertas koranmu mudah terurai menjadi bubur kertas.
  3. Setelah semalam, kertas koran yang kamu rendam ke dalam air dapat diremat-remat sampai halus. Pastikan tidak ada kertas yang masih membentuk sobekan kertas panjang. Paling tidak bentuknya sudah seperti bubur.
  4. Campur dan adukkan lem fox dalam gumulan kertas koran tadi. Pastikan bila ada air rendaman yang tersisa banyak, kamu telah membuangnya terlebih dahulu.
  5. Setelah lem dan bubur kertas bercampur jadi satu, kamu bisa menempelkan bubur kertas itu pada papan tripleks yang sudah kamu gambar. Pastikan bubur tersebut saling rapat sehingga motif relief yang kamu dapat bisa sempurna. Jangan lupa juga untuk membuat tekstur pada reliefmu supaya tidak rata semua.
  6. Ketika pengerjaanmu menempel sudah selesai, jemur reliefmu di bawah terik matahari sampai reliefmu benar-benar kering dan mengeras.
  7. Setelah mengeras sempurna, kamu dapat memberikan warna pada reliefmu. Kemudian jemur sampai catnya kering.
  8. Jika kamu punya blender, mintalah ijin pada mamamu. Barangkali kamu diperbolehkan menggunakan blender, maka bubur kertasmu akan jadi lebih sempurna lagi teksturnya.

4. Botol bekas air mineral dan minuman bersoda jangan dibuang begitu saja. Kamu ingat kan kalau Hipwee pernah berbagi cara untuk memanfaatkannya?

Ringkas dan menarik dilihat via www.lovediy.it

Bukan! Hipwee gak menyarankan kamu untuk menggunakan bekas botol minumanmu hingga berulang-ulang. Penggunaan bekas botol mineral untuk membawa air minum sih boleh saja, selama tidak dipakai terus-menerus. Soalnya, kamu akan melihat botolmu lama-kelamaan kotor, tidak berwarna jernih, dan tak layak dipakai lagi. Tapi daripada dibuang dan susah diurai, kamu coba deh macam-macam tips yang pernah Hipwee berikan tentang memanfaatkan botol plastik bekas minuman. Yuk, klik link ini!

5. Ingin kamarmu lebih berwarna? Coba cari kardus bekas di gudang dan jadikan ia bingkai foto untuk memajang fotomu dan dia.

Lucu kan? via www.larizo.com

Kamu narsis, punya banyak foto untuk dipajang, tapi berat di ongkos? Udah, simpan saja uangmu untuk tabungan masa depan! Daripada banyak mengeluarkan kocek untuk sesuatu yang sebenarnya bukan kebutuhan utama, kenapa tidak kamu cari kardus bekas di gudangmu saja? Keluarkanlah mereka karena mereka punya fungsi buat kamu yang doyan narsis. Sulap saja jadi bingkai foto keren. Penasaran? Cek linknya di sini.

Gimana? Ternyata kamu bisa kan berkontribusi untuk Hari Bumi dengan cara sederhana? Yang penting ingat, kalau kamu harus senantiasa menerapkan konsep Reduce, Reuse, Recycle dalam setiap kegiatanmu. Selamat mencoba!