Membersihkan perabotan rumah tangga menjadi satu hal yang penting. Termasuk barang-barang atau perkakas yang ada di kamar kostmu. Hampir semua bahan-bahan pembersih rumah tangga merupakan bahan kimia, mulai dari sabun pencuci pakaian, sabun cuci piring, pembersih lantai, kaca, hingga perkakas lainnya. Padahal senyawa kimia dalam pembersih itu dapat berefek toksik bagi tubuh.

Berdasarkan studi yang dilakukan Environmental Working Group di Amerika, 53 persen produk pembersih diduga memiliki bahan kimia yang bisa merusak paru-paru. Ada pula yang mengandung karsinogen (zat pemicu kanker seperti formaldehyde dan chloroform).

Meski belum tentu semua produk pembersih sintetis mengandung zat berbahaya, ada baiknya kamu lebih berhati-hati dalam memilih dan menggunakannya. Sebagai alternatif pembersih rumah, nggak ada salahnya jika memanfaatkan bahan alami. Nah, beberapa bumbu dapur dan bahan-bahan alami ini bisa dijadikan sebagai bahan pembersih rumah tangga. Praktis dan ramah lingkungan pastinya!

1. Garam bisa menghilangkan noda minyak pada cucian piring dan peralatan masak, bahkan kotoran atau kerak membandel sekalipun

Kandungan mineral dalam garam mampu menyerap noda minyak pada cucian piring atau peralatan masak seperti wajan atau centong kayu.

Advertisement
  • Taburkan garam pada tempat yang terkena minyak lalu tunggu selama satu jam
  • Bersihkan sambil gosok-gosok garam dari tempat tersebut.
  • Lihat, minyak akan hilang dan terserap oleh garam.

Selain itu, garam juga bisa digunakan untuk membersihkan noda hitam bekas gosong pada pantat panci atau wajan.

  • Buatlah pasta dengan mengunakan air panas dan garam
  • Gosok-gosokkan pasta tersebut ke area yang akan dihilangkan nodanya hingga luntur perlahan
  • Buang sisa garam dan cuci seperti biasa.

Cara ini nggak direkomendasikan untuk perkakas yang anti lengket, ya!

2. Cuka ideal untuk membersihkan noda membandel di lantai serta menyeterilkan talenan berbahan kayu

lantai jadi kinclong via www.brit.co

Biasanya, meskipun lantai sudah dipel sampai bersih, masih ada noda-noda membandel yang menempel dan membuatnya tampak menghitam. Ternyata, noda-noda ini bisa diangkat menggunakan cuka. Ketika dicampur air, keasaman cuka akan berkurang sehingga baunya nggak begitu menyengat.

  • Campurkan 30 ml cuka dengan 3 liter air.
  • Gosok-gosokkan pada bagian lantai yang terdapat noda.
  • Bilas dengan air

Bisa juga digunakan untuk menyeterilkan talenan berbahan kayu agar tetap bersih dan terhindar dari kuman dan bakteri.

  • Rendam telenan selama beberapa saat di cairan cuka dan air panas.
  • Lakukan hal ini setiap hari setelah talenan digunakan untuk memasak.

3. Cerahkan peralatan masak, rice cooker, atau porselen lainnya dengan jeruk lemon. Selain membersihkan, jeruk lemon juga menghilangkan bau amis dan nggak sedap

mencerahkan tempat cuci piring juga via tiphero.com

Jika kamu kesal dengan tampilan peralatan masak yang kusam dan nggak cerah warnanya, jeruk lemon bisa jadi solusinya. Kandungan asam dalam lemon mampu membunuh kuman dan bakteri, mencerahkan, serta meninggalkan aroma citrus yang segar.

  • Campurkan beberapa tetes air lemon dengan 1 liter air, lalu kocok hingga tercampur.
  • Gunakan spons atau lap kering untuk menggosok permukaan panci, wajan, rice cooker atau porselen lain saat menggunakannya.

Nggak cuma perabotan dan porselen, kamu juga bisa gunakan jeruk lemon untuk membersihkan tempat cuci piring, permukaan kompor gas, atau kran air yang licin dan berbau.

4. Baking soda sebagai pemutih pakaian juga mengembalikan warna pakaian agar lebih cerah, membersihkan kulkas, serta sebagai pemadam api darurat

buat cuci baju via www.buzzle.com

Sebagai mineral alami, baking soda adalah bahan yang ramah lingkungan dibandingkan pemutih kimia komersil lainnya. Baking soda cocok untukmu yang memiliki kulit sensitif.

Campurkan satu cangkir baking soda ke dalam empat liter air, lalu rendam pakaian. Setelah beberapa menit, barulah cuci pakaianmu dengan deterjen lembut.

Untuk membersihkan kulkas dan mengurangi bau yang kurang sedap, campurkan baking soda dalam air hangat lalu bersihkan bagian kulkas yang ingin dihilangkan nodanya. Letakkan baking soda pada wadah terbuka di dalam kulkas untuk menjaga kesegaran makanan atau minuman agar nggak terkontaminasi dengan bau yang kurang sedap.

Selain itu, baking soda juga berguna untuk memadamkan api sementara. Caranya, dengan menuangkannya ke sumber api. Baking soda bila dipanaskan akan memproduksi gas karbondioksida yang akan mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh api.

5. Nggak hanya bisa dimakan, roti ternyata juga efektif membersihkan noda khususnya pada sofa berbahan kulit

nggak cuma bisa dimakan via www.wikihow.com

Gunakan selembar roti tawar, bentuk roti tawar menjadi bola kecil gosok-gosokkan pada noda sampai hilang. Cara ini hanya bisa dilakukan pada noda yang masih baru, misalnya tumpahan kopi, noda makanan atau noda sirup.

6. Sedikit campuran kecap atau saus dapat digunakan untuk mengilapkan perabot atau peralatan masak dari tembaga

saus sambal via www.theironyou.com

Tembaga menjadi bahan favorit untuk dijadikan peralatan memasak karena lebih cepat menyerap panas dan memiliki kelebihan dalam hal kilauannya yang menarik untuk dilihat. Sayangnya, peralatan dari tembaga dapat kehilangan kilaunya, setelah dipergunakan selama beberapa waktu.

Ternyata, kecap dan saus mampu menghilangkan noda dan mengilapkan perkakas tembaga ini, lho!

Cukup tuangkan setetes kecap atau saus ke kain yang bersih dan gosok pada noda yang menempel tersebut. Setelahnya, bilas dengan air hangat untuk menghilangkan sisa kerak atau noda yang menempel lalu keringkan secara normal.

7. Penasaran bagaimana beras membersihkan perabot rumah tangga? Gini nih…

beras via hpba.pl

Letakkan sesendok beras mentah yang dicampur dengan air hangat dan deterjen di sebuah piring kecil, lalu diamkan sejenak. Kamu bisa menggunakan campuran ini untuk membersihkan bagian dalam perabot keramik yang umumnya sulit dijangkau. Misalnya, bagian dalam vas keramik.

Nah, sudah tahu ‘kan sekarang kalau ternyata bahan-bahan yang ada di dapur sehari-sehari bisa digunakan untuk membersihkan perabotan rumah atau kostmu. Jangan lupa sampaikan pada ibu juga, ya 🙂