Kebanyakan dari kita pasti sudah tahu bagaimana pentingnya minum air putih setiap hari. Namun sayangnya hal ini sering disepelekan oleh beberapa orang, mereka malas untuk minum air putih. Lebih parahnya lagi, beberapa orang lebih sering mencari kopi saat bangun tidur dan melupakan air putih.

Stella Metsovas, seorang ahli nutrisi dan media kesehatan dari Food and Nutrition Sciences mengatakan bahwa salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima adalah dengan minum air putih hangat setelah bangun tidur dan kondisi perut kosong. Seperti yang dilansir dari laman Lifehack, berikut adalah manfaat yang akan terjadi pada tubuh ketika kamu mulai minum air hangat di pagi hari secara rutin…

1. Salah satu cara agar selalu tampak awet muda, karena racun dalam tubuh yang terbuang karena proses detoksifikasi oleh air hangat yang maksimal

awet muda via www.pexels.com

Setiap hari, tubuh kita menghasilkan zat-zat sisa yang bersifat racun bagi tubuh. Zat-zat sisa di dalam tubuh ini membuat proses penuaan kulit lebih cepat. Air hangat ini akan berfungsi sangat baik dalam membantu detoksifikasi tubuh.

Saat kamu minum air hangat setelah bangun tidur, suhu tubuhmu akan meningkat dan menghasilkan keringat. Keringat inilah yang membantu melepaskan racun dari tubuh. Sisanya akan dikeluarkan melalui urin dan feses. Selain itu, asupan air hangat membantu sel-sel kulit beregenerasi dan membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Advertisement

Untuk itu, minumlah air hangat secara teratur setiap sehabis bangun tidur saat perutmu masih kosong. Untuk hasil yang optimal, tambahkan perasan lemon atau madu.

2. Air hangat bisa menjadi obat alami untuk mengurangi rasa sakit atau kram buat para cewek yang sedang dalam masa menstruasi

mengurangi nyeri haid via www.rebelcircus.com

Saat menstruasi, rahim mengeluarkan darah kotor yang melekat di dinding rahim. Pelepasan sel darah kotor dari dinding rahim tersebut diduga yang menjadi penyebab timbulnya kram atau nyeri perut.

Air hangat memudahkan kerja rahim untuk melepaskan sel darah kotor tersebut, juga melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid.

Selain itu, air hangat merupakan obat yang efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu untuk mengendurkan otot-otot dalam tubuh.

3. Kabar baik bagimu yang sedang diet, air hangat akan membantu memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh dan mampu membantu menurunkan berat badan secara alami

buat diet juga bisa via www.doorwaysarizona.com

Peningkatan aktivitas metabolik pada tubuh setelah minum air hangat akan memberikan kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Minumlah segelas air hangat yang ditambahkan dengan perasan lemon. Larutan ini akan memecah jaringan lemak yang menumpuk di dalam tubuh, terutama di bagian lengan, paha dan perut. Air hangat dengan perasan lemon juga dapat mengontrol keinginan untuk menyantap makanan secara berlebihan karena lemon mengandung serat pektin.

4. Minum segelas air hangat di pagi hari akan merangsang sistem pencernaan untuk bekerja lebih baik. Lemak-lemak nggak bakal numpuk lagi

melancarkan pencernaan via www.pexels.com

Air hangat yang kamu minum saat perut masih kosong akan menguraikan sari makanan yang masih menempel di organ pencernaan dan membuat partikel makanan menjadi lebih lembut. Hal ini membantu pergerakan usus supaya lebih lancar.

Kurangi kebiasaan minum air dingin setelah makan. Air dingin akan membekukan minyak dan lemak dalam makanan yang baru saja kamu makan. Hal ini menciptakan timbunan lemak dan membuat pencernaan lebih sulit bekerja. Gantilah dengan segelas air hangat.

5. Meningkatkan sirkulasi darah yang sangat penting untuk kerja otot dan aktivitas saraf, organ tubuh akan bekerja dengan optimal dan terhindar dari berbagai penyakit

nggak gampang sakit via www.pexels.com

Endapan yang terakumulasi dalam sistem saraf dan endapan lemak dalam tubuh dapat dipecah oleh air hangat. Proses ini akan membantu membersihkan racun yang ada di seluruh tubuh dan membantu sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat organ-organ di dalam tubuhmu bisa bekerja secara optimal. Nah, jika seluruh organ tubuh sudah bekerja secara optimal maka tentu saja tubuhmu akan sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

6. Buatmu yang punya masalah sembelit, minum air hangat setiap habis bangun tidur akan jadi solusinya

mencegah sembelit via www.verywell.com

Masalah yang satu ini umum terjadi ketika seseorang punya sedikit atau nggak punya gerakan usus sama sekali. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan air dalam tubuh. Nah, jika kamu memulai pagi dengan minum air hangat sebelum mengonsumsi apapun, hal ini akan membantu meningkatkan gerakan usus dan membantu memecah partikel makanan sehingga akan meredakan konstipasi.

7. Air hangat akan mengusir kantuk, menghalau suhu dingin dan membangkitkan semangatmu untuk memulai hari

semangat beraktivitas via www.empowher.com

Manfaat minum air hangat juga sangat dirasakan pada saat pagi hari, termasuk juga untuk mengusir rasa mengantuk yang berlebihan. Untuk mengatasinya, minumlah air hangat secara bertahap, usahakan sampai badan kamu berkeringat. Hawa dingin yang ditimbulkan dari musim hujan seperti ini juga bisa teratasi. Suhu tubuh yang meningkat bisa menepis dan menghilangkan hawa dingin. Kamu pun jadi lebih bersemangat untuk beraktivitas.

Mulailah untuk minum air hangat setiap setelah bangun tidur dengan rutin dan jadikan itu sebagai kebiasaan. Rasakan apa yang akan tubuh kamu alami setelahnya. Sehat itu murah jika kamu mau melakukannya, kok. Jangan sungkan untuk mencobanya, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya