Buat kamu yang nggak suka pedas, sambal mungkin selalu jadi jenis masakan yang dihindari. Padahal sambal punya banyak cita rasa, tidak haya pedas saja. Sambal bisa membuat makanan atau cemilan yang sedang kamu makan jadi terasa lebih sedap karena ada cita rasa gurih, asam, maupun manis. Jadi nggak seharusnya sih kamu yang nggak doyan pedas enggan untuk menyentuh sambal sama sekali.

Sambal nggak cuma punya cita rasa pedas tapi juga cita rasa umami yang bikin makananmu jadi terasa lebih enak. Katanya…

Kali ini, Hipwee Tips akan memberikan rekomendasi resep-resep sambal yang nggak pedas, kamu bisa mencobanya untuk “latihan” makan sambal. Jumlah cabai yang ada di resep bisa kamu kurangi kok kalau kamu masih takut kepedasan. Yuk, simak!

1. Pasti kamu belum pernah nyoba nih! Sambal santan kelapa pedas manis yang rasanya nggak akan bikin kamu nangis

Sambal santan via airtanganku.blogspot.com

Sambal kok dari santan, gimana ya rasanya? Langsung cobain bikin aja yuk!

Advertisement

Bahan:
1 butir kelapa setengah tua (parut ambil santannya)
5 cabai rawit
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya.

Cara membuat:
1. Haluskan cabai, bawang merah, dan bawang putih.
2. Masak santan sampai keluar minyaknya.
3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan.
4. Tambahkan garam dan gula.
5. Cicipi dan matikan kalau sudah matang. Sajikan deh!

Kayaknya enak nih!

2. Sambal terasi yang biasanya pedas ternyata bisa juga dibuat jadi manis tanpa mengurangi cita rasa terasinya, berani nyoba?

Sambal terasi via ok-bro.blogspot.com

Siapa yang nggak kenal sambal terasi, sambal ini selalu jadi sambal favorit orang Indonesia. Kamu yang nggak suka pedas pun wajib nyoba!

Bahan:
3 cabai merah besar (potong)
2 cabai rawit (potong)
5 siung bawang merah (potong)
2 siung bawang putih (potong)
1 bungkus terasi udang
1 buah gula merah (iris)
1/2 sdt garam
1 buah tomat (potong)

Cara membuat:
1. Tumis cabai, bawang, tomar, dan terasi sampai layu.
2. Haluskan semua bahan, tambahkan garam dan gula merah.
3. Siap disajikan

3. Sambal bawang bisa jadi pilihan terbaik buat kamu yang nggak terlalu suka pedas. Asal pas, rasanya nggak mungkin bikin lidahmu panas!

Sambal bawang emang idola, paling enak dimakan dengan nasi hangat dan lauk-lauk yang gurih rasanya. Cussss bikin ah!

Bahan:
2 genggam bawang merah
1/2 genggam cabai rawit (bisa dikurangi asal tetap 1:2 dengan bawang merah)
1/4 buah tomat
2 siung bawang putih
1/2 sdt terasi
1/4 buah jeruk nipis
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan semua bahan kecuali jeruk nipis.
2. Panaskan minyak dan goreng bahan yang sudah dihaluskan.
3. Angkat dan perasi dengan air jeruk.

4. Yang nggak suka pedas biasanya suka kecap, cobain deh bikin sambal kecap pedas manis asam. Campuran 3 rasa yang pasti luar biasa!

Tiga rasa sekaligus bisa kamu dapatkan dalam satu sambal: pedas, asam, manis!

Bahan:
5 cabai merah besar
3 siung bawang merah
1 buah tomat
2 buah jeruk nipis
5 sdm kecap manis

Cara membuat:
1. Iris cabai, bawang merah, dan tomat sesuai selera.
2. Tambahkan kecap manis.
3. Beri irisan jeruk nipis.

5. Tomat selalu bisa menetralisir rasa pedasnya cabai, cocok banget buat kamu yang nggak kuat makan sambal sebelumnya

sambal tomat via katalogkuliner.com

Pasti kamu sudah kenal ‘kan sambal tomat? Langsung ke dapur, eksekusi resepnya yuk!

Bahan:
1 buah cabai besar
1 buah tomat (sedang)
4 buah cabai rawit
1 buah jeruk nipis
2 sdm minyak goreng
1/2 sdt terasi bakar
1/2 sdt gula merah
1/2 sdt garam

Cara membuat:
1. Haluskan semua bahan.
2. Masukkan minyak goreng dan perasan jeruk nipis
3. Siap dimakan!

6. Spesial: sambal kecap jahe! Cita rasa rempah dan pedasnya cabai melebur jadi satu dan lebih ramah di lidahmu

Sambal kecap jahe via bisikan.com

Pernah nyoba? Kalau belum kamu harus segera bikin sekarang juga!

Bahan:
3 cabai rawit
5 siung bawang merah
1 bawang bombay
1 ruas jahe (iris tipis)
2 butir tomat merah
5 sdm kecap manis
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Tumis cabai, bawang, dan jahe sampai setengah layu dan wangi.
2. Masukkan tomat dan kecap manis.
3. Tambahkan garam, lalu aduk beberapa selama beberapa menit.
4. Angkat dan sajikan

7. Resep penutup yang enaknya nggak usah ditanya, sambal hati mangga saus asam pedas manis spesial buat si dia

Sambal mangga via bisnisbandung.com

Bahan:
200 gr hati sapi/kambing (potong dadu)
1 buah mangga muda (potong dadu)
2 lembar daun jeruk
1/2 buah bawang bombay (potong dadu)
1 sdm gula pasir
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap
1 sdm mentega

Bumbu:
2 cabai rawit
3 cabai merah besar
1 buah tomat
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
5-6 iris (potongan dadu) mangga muda

Cara membuat:
1. Bungkus hati dengan daun pepaya agar nanti cepat matang dan empuk.
2. Haluskan semua bumbu.
3. Panaskan mentega, masukkan bawang bombay, tumis hingga harum (gunakan api kecil).
4. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan dan daun jeruk. Aduk hingga layu
5. Masukkan hati, aduk hingga kaku. Tambahkan gula pasir, saus tiram, dan kecap.
6. Tambahkan mangga, aduk sebentar, lalu matikan kompor.

Ngiler ‘kan bayangin hasil masakan dari resepnya? So, nggak usah takut makan sambal karena takut kepedasan. Sebenarnya ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan untuk menetralisir rasa pedas dari cabai yang bisa kamu gunakan di dalam resep sambalmu. Selamat mencoba, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!