Banyak orang bilang menunggu adalah pekerjaan yang membosankan. Misalnya, suatu ketika kamu pergi ke supermarket hanya untuk membeli satu atau dua barang. Tanpa kamu sadari, ternyata saat itu adalah awal bulan ketika sebagian besar orang baru menerima gaji dan kebetulan juga akhir pekan. Antrian pun mengular karena banyak yang berbelanja di saat yang sama. Alhasil, kamu harus berdiri mengantri dan menunggu giliranmu tiba.

Sebenarnya, mengantri nggak hanya butuh kesabaran saja. Hipwee Tips punya cara yang lebih efisien untuk meminimalkan waktu sebaik mungkin daripada terbuang sia-sia hanya untuk berdiri dalam antrian di supermarket. Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan agar antrian di kasir bisa lebih cepat. Simak, ya!

1. Secara nggak sadar, kebanyakan orang (yang nggak kidal) akan cenderung memilih kasir yang berada di sebelah kanan. Nah, pilihlah kasir sebelah kirimu yang lebih sepi peminatnya

pilih kasir sebelah kiri via oversixty.com.au

Dilansir dari laman money.aol.co.uk, Robert Samuel, seorang pendiri Same Ole Line Dudes, sebuah layanan yang menawarkan pengantri profesional mengatakan bahwa orang-orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan biasanya akan memilih kasir yang berada di sebelah kanan mereka juga. Karenanya, kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan memilih antrian dengan letak kasir yang berada di sebelah kirimu. Meski kamu sebenarnya bukan orang yang kidal, tapi secara natural akan lebih sedikit orang yang memilih antrian ini, lho!

2. Menurut statistik, kasir cewek bisa melayanimu dengan lebih cepat dan efektif. Asal nggak cerewet saja, sih…

kasir cewek lebih telaten via www.hrmasia.com

Advertisement

Samuel melanjutkan, kasir cewek biasanya lebih cepat dan tanggap saat melakukan proses transaksi di kasir. Kenapa? Karena biasanya sifat natural cewek yang lebih teliti sehingga jarang melakukan kesalahan dan lebih akurat. Tapi, kamu juga disarankan untuk memperhatikan sikap kasir tersebut terlebih dahulu. Hindari kasir yang terlalu cerewet dan banyak mengomentari barang belanjaan konsumennya. Memang, basa-basi ini maksudnya untuk bersikap ramah dan mencairkan suasana, tapi juga akan memperlambat proses transaksi. Kecuali kamu benar-benar dalam keadaan terdesak, apa boleh buat, ya…

3. Antrian dengan sedikit orang tapi belanjaan banyak akan lebih cepat selesai ketimbang antrian dengan banyak orang tapi belanjaan sedikit

sedikit orang tapi banyak belanjaan via www.desitablog.com

Dilansir dari laman Daily Mail, Dan Meyer, seorang matematikawan sekaligus Chief Academic Officer di lembaga Desmos melakukan penelitian tentang mengantri. Ia menemukan fakta bahwa mengantri di belakang banyak orang dengan belanjaan sedikit adalah pilihan yang buruk. Ketika seseorang melakukan pembayaran, akan ada beberapa proses yang berlangsung mulai dari petugas kasir yang menyapa pembeli hingga pembayaran.

Di antrian dengan sedikit orang tapi belanjaan banyak, proses dari menyapa hingga pembayaran hanya perlu dilakukan sekali dua kali. Sementara antrian dengan banyak orang tapi belanjaan sedikit, proses ini akan dilakukan berulang kali untuk setiap konsumen yang membayar

4. Atau, pilih antrian dengan orang-orang yang jenis belanjaannya sedikit meskipun jumlah barangnya banyak

jenis belanjaan sedikit via nymag.com

Sebelum masuk ke antrian, coba perhatikan dulu orang-orang yang sedang mengantri. Terutama jenis-jenis belanjaan mereka. Nah, pilihlah antrian dengan orang-orang yang jenis belanjaannya sedikit, walaupun jumlah barangnya banyak.

Beberapa kasir punya opsi perkalian di mesinnya. Jadi, jika ada orang yang membeli 10 gula pasir dengan berat yang sama, si kasir hanya melakukan scan satu kali. Bandingkan dengan antrian dengan barang yang bermacam-macam, si kasir harus men-scan beberapa kali, di mana membutuhkan lebih banyak waktu.

5. Usut punya usut nih, pengantri cowok akan lebih cepat menyerah. Nah, manfaatkan kesempatan ini dengan baik, ya!

cowok lebih nggak sabaran via www.thesun.co.uk

Jika kamu menemukan jalur antrian yang banyak pembeli cowoknya, langsung saja masuk ke sana. Kebanyakan para cowok akan lebih cepat bosan dan akan mencoba untuk keluar lebih cepat ketimbang cewek. Nggak percaya? Coba buktikan saja!

6. Sebaliknya, hindari jalur antrian dengan pembeli lanjut usia yang akan membutuhkan waktu lebih lama hingga proses pembayaran

hindari orang tua via www.youtube.com

Di samping memperhatikan jumlah orang yang mengantri dan banyaknya belanjaan yang dibawanya, kamu juga perlu memperhatikan berapa usia mereka. Orang yang lebih tua akan memakan waktu yang lebih lama dalam proses mengantri hingga pembayaran. Wajar, karena orang tua biasanya mengalami beberapa kesulitan dalam melakukan proses check out barang atau saat menggunakan kartu kredit untuk membayar misalnya.

7. Nggak hanya bergantung dengan orang lain di antrian, kamu pun bisa mempercepat proses transaksi kamu di kasir, kok!

kamu juga bisa usaha via www.wisegeek.org

  • Ketika menaruh belanjaan di meja kasir, usahakan barcode sudah menghadap kasir untuk memudahkan proses scanning.
  • Jika membeli baju, lepaskan gantungan bajunya dan keluarkan tag price baju tempat diletakkannya barcode.
  • Beberapa pusat perbelanjaan punya jalur ekspres. Tapi biasanya jumlah belanjaan dibatasi hanya beberapa item saja. Kalau kamu membawa teman atau keluarga, pecah belanjaanmu sebanyak jumlah orang untuk bisa masuk dalam kategori ekspres ini.

Nah, mulai sekarang kamu harus pintar memilih di mana jalur yang tepat untuk mengantri agar waktumu nggak terbuang sia-sia, ya. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya