Siapa sih yang suka punya kantung dan lingkaran hitam di bawah mata? Sepertinya hampir nggak ada. Keberadaan kantung dan lingkaran hitam di bawah mata ini memang bisa mengganggu penampilan, apalagi untuk para cewek. Wajah jadi terlihat lebih tua dan lelah, seperti hewan panda. Hehehe.

Karena cukup mengganggu penampilan, kantung dan lingkaran hitam di bawah mata seringkali berusaha dihilangkan. Sapuan make up kerap menjadi pilihan, tetapi hanya ampuh untuk menyembunyikan. Kalau kamu mau benar-benar menghilangkannya, cara-cara alami ini lho yang patut kamu coba.

1. Kompres Matamu Dengan Irisan Timun atau Kentang

Kompres dengan timun atau kentang via www2.hm.com

Timun dan kentang sudah lama diketahui memiliki khasiat untuk menghilangkan lingkaran hitam dan kantung di bawah matamu. Di dalam kedua bahan makanan ini, terdapat zat pencerah alami yang bisa membantu mencerahkan kulit. Jadi, lingkaran hitam dan kantung di bawah matamu bisa tersamarkan, bahkan hilang.

Sebelum digunakan, simpan terlebih dulu timun atau kentang di dalam lemari es. Kalau nggak punya, kamu bisa merendamnya dalam air dingin. Setelah itu, iris timun atau kentang tersebut dengan ketebalan 1 cm dan tempelkan di mata kalian deh selama 15 menit. Lakukan setidaknya 2x sehari secara rutin supaya hasilnya cepat terlihat.

2. Oleskan Minyak Almond Pada Kantung Mata dan Diamkan Semalaman

Advertisement

Oleskan minyak almond via www.topinspired.com

Kacang almond ternyata nggak hanya enak untuk dijadikan camilan saja. Minyak ekstrak yang didapat dari kacang almond ini juga memiliki khasiat untuk menghilangkan kantung di bawah matamu itu.

Sebelum kamu tidur, oleskan sedikit minyak almond ini pada kantung matamu. Supaya lebih mudah, gunakan cotton bud untuk mengoleskannya. Diamkan minyak ini selama semalaman dan bilas dengan air dingin keesokan harinya. Kalau kamu lakukan secara rutin, kira-kira dalam 45 hari, kantung matamu sudah nggak terlihat lagi.

3. Manfaatkan Kandungan Vitamin C Pada Sari Tomat Untuk Menghilangkan Kantung dan Lingkaran Hitam di Bawah Matamu

Campur sari tomat dan air lemon via beautytips4her.com

Dari sekian banyak cara menghilangkan kantung mata, tomat dipercaya sebagai salah satu yang paling ampuh. Tomat memiliki kandungan lycopene dan vitamin C cukup tinggi, yang mana sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit, termasuk kantung dan lingkaran hitam di bawah matamu itu.

Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan:

  1. Pertama, dengan mengirisnya setebal 1 cm dan menempelkannya di matamu selama 15 menit. Lakukan 1-2 kali dalam sehari selama 1 bulan penuh.
  2. Kedua, tomat ini kamu ambil sarinya 3 sendok makan saja, kemudian campur dengan 1 sendok makan air jeruk lemon. Setelah itu, dengan bantuan kapas, oleskan campuran tersebut pada kantung dan lingkaran hitam di bawah matamu. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air. Cara ini kamu lakukan 1x saja dalam sehari sampai kantung mata dan lingkaran hitamnya menghilang.

4. Peras Jeruk Lemon dan Oleskan Airnya Pada Sekitar Mata Menggunakan Kapas

Oleskan lemon juice via www.stylepresso.com

Sama-sama memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dengan tomat, lemon tentu juga memiliki manfaat untuk menghilangkan kantung dan lingkaran hitam di bawah matamu. Namun untuk lemon, kamu jangan mengiris dan menempelnya di matamu karena bisa memberikan efek perih. Peras saja sarinya, kemudian simpan di dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu, oleskan air perasan tersebut ke sekitar kantung dan lingkaran hitam dengan menggunakan kapas. Diamkan 10 menit, lalu bilas deh dengan air dingin.

5. Dinginkan Kapas Dalam Freezer dan Tempelkan Pada Matamu Selama 20 Menit

Tempelkan kapas dingin via www.pinkbeforeuleap.com

Nggak punya timun, tomat, ataupun lemon di rumah? Tenang, masih ada cara lain yang nggak kalah praktis kok untuk menghilangkan kantung dan lingkaran hitam di bawah matamu itu, yaitu dengan menggunakan kapas.

Ambillah 2 lembar kapas, 1 untuk mata kanan dan 1 untuk mata kiri. Kemudian, letakkan kapas tersebut di dalam freezer selama 30 menit atau rendam ke dalam air dingin. Setelah itu, tempelkan kapas dingin ke matamu dan diamkan selama 20 menit. Matamu pasti langsung segar dan kalau dilakukan dengan rutin setiap hari, kantong matamu bisa hilang tanpa jejak!

6. Mengoleskan Es Batu Nggak Hanya Menghilangkan Kantung Mata, Tetapi Juga Membuat Penglihatanmu Menjadi Lebih Segar

Es batu untuk kantung matamu via www.dailybeautyblog.com

Selain kapas dingin, es batu juga bisa lho menghilangkan kantung matamu. Caranya mudah, kamu cuma perlu mengoleskannya saja di sekitar matamu, minimal 2x dalam sehari. Nggak cuma menghilangkan kantung mata, tetapi membuat penglihatanmu lebih segar. Ampuh juga untuk kamu yang mudah mengantuk.

7. Jangan Buang Kantung Teh Celupmu! Simpan di Freezer dan Tempelkan di Atas Matamu

Teh celup juga bisa, lho! via www.eligiblemagazine.com

Habis bikin minuman teh? Jangan buang kantung teh celupnya karena berguna untuk menghilangkan kantung matamu.

Kantung teh celup ini kamu masukkan ke dalam freezer dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, letakkan kantung teh celup ke atas matamu. Diamkan kurang lebih 20 menit, setelah itu bilas matamu dengan air dingin. Lakukan ini 1x setiap harinya secara rutin untuk hasil yang lebih cepat dan memuaskan.

8. Selain Menerapkan Tips-tips di Atas, Tidur Cukup Adalah Cara Menghilangkan Kantung Waktu yang Paling Pas

Tidur dengan cukup via www.goodhousekeeping.com

Timun, tomat, atau es batu memang bisa menghilangkan kantung dan lingkaran hitam di bawah mata. Namun, perawatan tersebut nggak akan maksimal kalau kamu masih sering begadang sampai pagi.

Untuk itu, mulailah untuk mengatur waktu tidurmu dengan lebih baik. Tidur yang cukup nggak hanya akan membuat kantung matamu hilang saja, tetapi juga memperbaiki kesehatan serta metabolisme tubuhmu. Menguntungkan, ‘kan?

Bagaimana? Cara mana yang mau kamu coba terlebih dulu? Semoga kantung dan lingkaran hitam di bawah matamu lekas hilang, ya.