Sudah pernah dengar menu bakso penyet? Resep lengkapnya ada di sini!

Hampir semua orang yang tinggal di tanah Jawa dan sekitarnya kenal yang namanya penyetan. Menu makanan ini terdiri dari nasi dan lauk dengan penyajian unik, lauk ditekan-tekan dengan ulekan yang berlumur sambal hingga agak ‘penyet’, lalu disuguhkan bersama dengan lalapan. Nggak heran, penyetan jadi pilihan yang cocok untuk mengisi perut yang lapar.

Khususnya bagi anak kost, penyetan sudah pasti ada di dalam pilihan menu makan sehari-hari mereka. Beragam aneka pilihan lauk yang ditawarkan serta cita rasa khas dari sambalnya membuat penyetan begitu diminati.

Nah, jika biasanya kamu sering mengonsumsi penyetan yang itu-itu saja, Hipwee Tips punya kreasi resep penyetan yang nggak biasa, nih. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah atau di kost untuk pilihan makan harianmu. Atau, barangkali kamu tertarik untuk mengembangkan resep ini menjadi ide bisnis kecil-kecilan? Siapa tahu, ‘kan? Yuk, langsung disimak saja resep-resepnya berikut…

1. Jika biasanya gorengan bakwan cuma buat cemilan, kenapa nggak dicoba untuk lauk penyetan?

ini versi yang nggak dipenyet via www.youtube.com

Advertisement

Kamu tahu ‘kan, bakwan? Itu lho, gorengan yang dibuat dari campuran tepung terigu dan sayuran. Nah, kali ini coba deh kreasikan gorengan bakwan ini jadi hidangan penyetan. Nggak kalah enak kok dengan penyetan tahu atau tempe!

Bahan bakwan:

  • 1/2 buah wortel, iris korek api
  • 1/4 buah kol, iris tipis
  • 5 sdm tepung terigu
  • 10 sdm tepung beras
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan sambal kemiri:

  • 2 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 buah tomat
  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2 butir kemiri sangrai
  • 1 sdm kacang tanah
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur tepung terigu, tepung beras, garam, kaldu bubuk, dan air, aduk rata. Masukkan sayuran, aduk lagi sampai rata.
  2. Panaskan minyak, goreng adonan bakwan sampai matang, lalu angkat.
  3. Untuk sambalnya, goreng terlebih dahulu cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang merah dan bawang putih. Setelah matang, langsung ulek bersama bumbu lainnya, larutkan dengan sedikit air lalu aduk rata.
  4. Tekan-tekan bakwan dengan ulekan berlumur sambal kemiri, sajikan.

2. Sudah pernah dengar dadar tahu? Yuk, coba-coba bikin Dadar Tahu Penyet Sambal Kencur!

dadar tahu penyet via naismacreation.wordpress.com

Di antara kamu mungkin sudah pernah makan dadar tahu, hanya saja kamu mengira dadar tahu yang dimakan adalah telur dadar biasa. Nah, dadar tahu ini sebenarnya adalah kombinasi antara telur dengan tahu putih atau tofu yang dihaluskan, lalu digoreng. Rasanya hampir sama dengan telur dadar, bedanya adalah teksturnya yang lebih halus dan padat.

Bahan dadar tahu:

  • 2 butir telur ayam
  • 1 buah tofu, haluskan
  • 1/2 buah bawang bombay, iris halus
  • Daun bawang secukupnya, iris halus
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan sambal kencur:

  • 2 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Kencur secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Jeruk nipis secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Masukkan semua bahan dadar tahu, kocok lepas sampai telur berbuih, aduk hingga merata. Dadar dengan api kecil hingga matang, angkat.
  2. Untuk sambalnya, cuci bersih semua bumbu, lalu ulek hingga halus, tambahkan perasan jeruk nipis.
  3. Tekan-tekan dadar tahu dengan ulekan berlumur sambal kencur, sajikan.

3. Kamu tahu penyet kuah? Tampilan dan rasanya beda jauh dengan penyet sambal yang biasa kamu makan. Kita coba dengan ikan lele, ya!

lele penyet kuah via si-tumang.blogspot.co.id

Jika biasanya penyet identik dengan sambal dan lalapan, penyet kuah ini lauknya disajikan bersama kuah santan kuning yang dibumbui rempah-rempah pedas dengan campuran tomat dan daun kemangi di dalamnya.

Bahan-bahannya:

  • 3 buah ikan lele segar
  • 1 bungkus santan instan

Bumbu yang dihaluskan:

  • 10 buah cabai rawit
  • 6 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 1 butir kemiri
  • 2 buah tomat
  • 2 batang serai
  • 1 lembar daun salam dan daun jeruk
  • Lengkuas secukupnya
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Bersihkan lele, beri bumbu garam, ketumbar dan kunyit yang sudah dihaluskan. Lalu goreng hingga kering.
  2. Haluskan bumbu kecuali tomat. Lengkuas dan sereh jangan lupa digeprek.
  3. Tumis bumbu halus, tambahkan tomat dan cabai, daun salam serta daun jeruk. Tumis hingga harum.
  4. Santan instan dibagi menjadi 2 bagian. 1 bagian lebih encer dan 1 bagian lagi lebih kental.
  5. Tuangkan santan encer pada tumisan bumbu yang sudah harum tadi, tunggu hingga mendidih kemudian masukkan lele goreng. Tambahkan gula dan garam.
  6. Jika kuah sudah menyusut, tambahkan santan kental, aduk-aduk sampai mendidih dan segera matikan api.

4. Karena bakso kuah terlalu biasa dan penyetan yang selalu itu-itu saja, siapa mau Bakso Penyet?

bakso penyet via food.detik.com

Sepertinya belum banyak warung-warung penyetan yang menyediakan menu bakso penyet. Hmm, bisa nih dijadikan bisnis. Bikinnya gampang pula!

Bahan-bahannya:

  • 10 buah bakso sapi atau ikan, goreng hingga matang
  • 2 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 butir bawang merah
  •  1 siung bawang putih
  • Terasi dan garam secukupnya

Cara membuatnya:

Haluskan bumbu sambal, lalu sajikan bersama bakso yang telah digoreng kering.

Kamu juga bisa iris-iris bakso kecil-kecil lalu tekan-tekan dengan ulekan yang berlumur sambal. Hmm, enak banget!

5. Siapa bilang udang cuma enak dimasak saus tiram dan asam manis saja? Rasakan dulu Udang Penyet Sambal Kemangi ini!

udang penyet via asunsun.com

Sebaiknya kamu pilih udang yang ukurannya mini, paling nggak seukuran satu jempol. Biar rasa sambalnya lebih nendang gitu.

Bahan-bahannya:

  • 10 buah udang mini
  • 2 butir cabai merah keriting
  • 5 butir cabai rawit
  • 1 buah tomat
  • 2 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • Garam, terasi dan gula secukupnya
  • Daun kemangi secukupnya
  • Minyak secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong-potong dan goreng bawang putih, bawang merah, cabai, terasi dan tomat hingga layu. Ulek bumbu sambal hingga halus, lalu tambahkan daun kemangi, ulek kasar.
  2. Sajikan bersama udang yang telah digoreng matang.

6. Bagi yang  belum terbiasa, mengolah belut memang sulit. Tapi rasanya Belut Penyet Sambal Ijo memang mantap, sih…

Di beberapa daerah, belut sudah menjadi salah satu kuliner favorit yang menyehatkan, konon belut ini dapat mengobati penyakit kulit dan kaya akan protein yang baik untuk kesehatan, lho.

Bahan-bahannya:

  • 3 ekor belut, potong-potong
  • Garam dan air jeruk nipis secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu sambal ijo:

  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 3 buah cabai hijau
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Gula dan garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  • Rendam belut dalam air garam dan perasan jeruk nipis, goreng hingga matang.
  • Goreng bawang merah, bawang putih, cabai hijau dan cabai rawit hijau hingga layu, lalu ulek halus bersama garam dan gula.
  • Sajikan belut goreng bersama sambal.

7. Sambal teri itu sudah biasa. Coba dong, Teri Goreng Penyet Sambal Pecak. Bikin pengen nambah terus!

teri sambal pecak via kulinerragam.blogspot.co.id

Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Kandungan kalsium yang tinggi dari ikan teri inilah yang menyebabkan ikan teri bisa dimanfaatkan untuk mencegah pengeroposan tulang. Wahh, baru tahu. Yuk, langsung ke resep!

Bahan-bahannya:

  • 250 gr ikan teri basah, cuci bersih
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • Garam, tepung terigu, dan minyak goreng secukupnya

Bumbu sambal pecak:

  • 7 buah cabai merah, bakar
  • 5 buah cabai rawit, bakar
  • 5 siung bawang merah, bakar
  • 2 siung bawang putih, bakar
  • 1 ruas jahe, bakar
  • 1 ruas kencur, bakar
  • Terasi dan gula pasir secukupnya
  • 50 ml santan kental matang
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Lumuri ikan teri dengan air jeruk nipis dan garam hingga rata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit hingga bumbu meresap.
  2. Celupkan dalam tepung terigu, lalu goreng dengan minyak panas hingga matang, angkat dan tiriskan.
  3. Untuk sambal pecak, haluskan semua bahan menjadi satu (kecuali santan) hingga lembut. Tambahkan santan matang, aduk.
  4. Letakkan ikan teri goreng di atas sambal, lalu penyet. Teri goreng penyet sambal pecak siap disajikan.

Bagaimana menurutmu? Layak dicoba, bukan? Daripada pesan penyetan yang nggak ada perubahan, mending kamu coba bikin sendiri dengan kreasi yang nggak ada duanya ini. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya