Makan atau ngemil memang hal yang menyenangkan. Nggak cuma bikin perut happy aja, kegiatan yang satu ini juga membuat moodmu naik seketika.

Tapi ada yang kurang menyenangkan dari kegiatan makan. Apalagi kalau bukan agenda cuci piring setelahnya? Karena Hipwee paham kalau cuci piring itu enggak enak tapi makan itu enak Hipwee khusus siapkan menu-menu andalan buat kamu yang suka makan tapi malas cuci piring.

1. Microwave mug cake. Cara menikmati cake tanpa perlu repot cuci banyak loyang

Microwave mug cake yang gampang dibikin via www.recipelover.com

Seperti yang udah pernah Hipwee tulis di sini, microwave cake cuma membutuhkan satu mug dan bahan-bahan yang mudah didapat. Membuat resep ini kamu cuma perlu mencuci maksimal 1 mug dan 2-3 sendok saj setelahnya.

2. Makan batagor juga bisa. Plastikin aja, makannya pakai tusuk sate

Kayak anak SD :p via blityan.blogspot.co.id

Advertisement

Mau makan siomay atau batagor tapi malas cuci piring? Kembalilah ke masa SD dengan membeli batagor dalam plastik, kemudian makanlah pakai tusuk sate. Problem solved.

3. Mie instan yang dimakan langsung dari pancinya. Bikin kamu cukup cuci 2 barang setelahnya

Hehe. Praktis kan? via cosmiclove12.wordpress.com

Ada trik oke buat kamu yang suka laper tengah malam, hobi makan mie instan, tapi malas cuci piring banyak-banyak. Gampang aja caranya:

  • Buat mie instan seperti biasa di dalam panci
  • Pastikan airnya sesuai dengan takaran, nggak boleh kurang nggak boleh juga kebanyakan
  • Tambahkan bumbu ke dalamnya
  • Makan langsung dari pancinya

Yang harus dicuci dengan cara ini: 1 panci, 1 sendok.

4. Bikin salad bowl aja. Barang yang harus dicuci sesudahnya maksimal 3

Skeat dan praktis. Salad bowl! via undressedskeleton.tumblr.com

Bahan:

  • Buah
  • Sayur
  • Mayonaise atau salad dressing lain

Potong buah dan sayur. Lalu campurkan buah, sayur (saran Hipwee selada air) dalam satu mangkuk besar. Kemudian tuangkan salad dressing.

Barang yang harus dicuci setelah membuat makanan ini nggak harus bikin kamu tersiksa. Kamu tinggal mencuci mangkuk, pisau, dan talenan saja.

5. Sup ayam pakai rice cooker. Praktis bikinnya, praktis cucinya

Rice cooker idolaku via www.superhealthykids.com

Rice cooker memang layak dinobatkan sebagai penemuan level dewa. Nggak cuma buat masak nasi saja, bahkan sup ayam juga bisa kamu bikin di dalamnya. Gimana caranya?

  • Rebus air dalam rice cooker sampai mendidih
  • Masukkan kaldu instan
  • Tambahkan sayuran
  • Tambah suwiran ayam

Yang perlu kamu cuci setelahnya? Loyang rice cooker, pisau, sendok (nggak usah makan pakai piring. Langsung dari loyang aja), talenan.

6. Cocok buat sarapan praktis: overnight oatmeal

Overnigt oatmeal yang mudah dibuat dan praktis via www.cantik.com

Overnight oatmeal adalah olahan oatmeal yang dicampur dengan buah, yoghurt, kemudian didiamkan dalam mason jar selama semalaman di kulkas. Esok paginya kamu tinggal memakannya langsung dari mason jarnya. Praktis dan dijamin sehat.

7. Skillet Fried Rice: bikinnya mudah, namanya keren, dan cucianmu akan tetap sedikit

Skillet Fried Rice. Langsung dimakan dari wajannya via www.gooseberrypatch.com

Intinya sih makanan ini adalah nasi goreng yang langsung dimakan di atas wajan teflonnya. Saran Hipwee kamu pakai wajan teflon yang besar. Terutama jika kamu ingin menambahkan telur dan berbagai pelengkap lainnya.

Pertama-tama, buat dulu nasi goreng secara biasa. Saat nasi goreng sudah setengah matang, sisihkan ke samping hingga tersisa setengah bagian wajan. Goreng scrambled egg atau sosis sebagai pelengkap. Voila! Siap dinikmati.

Yang harus dicuci: wajan teflon, sendok pengaduk nasi, sendok makan.

8. Bikin egg sandwich dalam toastermu. Bahkan kamu cukup membersihkannya pakai tisu

Egg sandwich dalam toastermu via why-not-smile.blogspot.co.id

Sandwich andalan buat kita yang pengen makan sesuatu yang praktis tapi ogah cuci piring. Bikin aja egg sandwich pakai toaster di rumah.

Caranya, seperti biasa taruh roti tawar di dalam toastermu. Kemudian taruh telur di atas roti. Tambahkan keju jika suka, kemudian tutup segera dengan roti tawar lain. Proses ini harus dilakukan dengan cepat agar telur tidak tergelincir dari roti. Kemudian tutup toaster dan tunggu hingga roti matang.

Bahkan kamu nggak perlu cuci piring untuk ini. Kalau telurnya gak bleber ke mana-mana toasternya tinggal di lap pakai tisu aja.

Ucapkan selamat datang pada menu-menu praktis yang tetap enak. Jangan berhenti berkreasi di dapur ya walau malas cuci piring 🙂