Merawat gigi itu kalau bukan dari diri sendiri memang sulit dilakukan. Apalagi dengan kesibukan dan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang berwarna. Hal tersebut seringkali membahayakan gigi kalau nggak kamu malas-malasan merawatnya. Sebenarnya sederhana aja, cukup dengan rajin menyikat gigi setiap mandi saat pagi dan mau tidur malam hari. Gigimu akan terjaga kesehatannya.

Sayangnya, hal sederhana itu susah dikerjakan. Yang terjadi bukan hanya gigi berlubang atau plak-plak gigi menempel, tapi juga warna cerah putih gigi menjadi kekuningan. Hal ini pun mengurangi tingkat kepercayaan dirimu (pede). Kamu jadi malu-malu untuk tersenyum maupun tertawa. Yah apalagi kalau bukan karena gigi yang kuning ini, hehe.

Tentu kamu nggak mau dong kadar kece penampilan jadi berkurang karena masalah gigi ini? Entah itu gigi berlubang, plak-plak yang menempel, maupun gigi berwarna kuning. Nah untuk itu, coba yuk 11 hal yang udah Hipwee siapkan buat kamu. Kalau kamu menerapkan langkah-langkah ini, dijamin deh senyummu akan menarik hati dan pede kembali.

1. Rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari saat mandi wajib dilakukan. Jangan sampai gigi tak terawat membuat tampilanmu berkurang.

biasakan menyikat gigi ya via www.sheknows.com

Langkah satu ini merupakan hal sederhana yang pertama kali kamu lakukan. Dengan rutin mengerjakannya 2 kali sehari di pagi dan malam hari, gigimu akan terawat dengan baik. Memang agak sulit kalau nggak menjadi kebiasaan, apalagi setelah beraktivitas seharian dan rasa lelah serta kantuk menghampiri. Yang ada kamu ingin buru-buru istirahat aja deh tanpa mengutamakan kebersihan gigi. Hal ini mudah dilakukan, yang penting kamu menghilangkan rasa malasnya.

2. Kamu harus tahu cara menggosok gigi yang benar. Gerakan sikat dari kanan ke kiri secara berulang dan jangan buru-buru, ya!

Advertisement

gunakan teknik yang benar ya via www.menshealth.com

Dalam menggosok gigi pun kamu nggak boleh salah mempraktikkannya. Gunakan teknik yang tepat, seperti menggosok nggak terlalu kencang dan jangan terburu-buru. Cara menggosoknya pun sebaiknya dari kanan ke kiri secara berulang di sepanjang gigi. Seluruh bagian gigi perlu digosok, seperti permukaan gigi bagian dalam dan luar, termasuk juga gigi geraham.

3. Berkumur dengan obat kumur sih boleh saja. Tapi sebaiknya, ikuti petunjuk penggunaan agar plak gigi hilang dan kebersihan mulutmu terjaga.

berkumur juga perlu via www.merdeka.com

Untuk menunjang kesehatan gigi, kamu perlu berkumur menggunakan obat kumur. Nggak hanya plak-plak gigi aja yang menghilang, tapi juga kesegaran mulut nih. Kamu dapat memakai obat kumur sesuai petunjuknya. Dengan begitu kamu pede kembali untuk tersenyum, tertawa, dan mengobrol dengan kerabat. Hehe heheh heheheheh.

4. Pakai pasta gigi yang sesuai. Jika ingin gigimu kembali putih, gunakan pasta gigi dengan pemutih secara rutin.

pakai pasta gigi yang sesuai kondisi gigi via rusnakfamilydentistry.com

Saat ini pasta gigi udah banyak jenisnya sesuai dengan masalah gigi. Ada pasta gigi untuk gigi sensitif, berlubang, hingga pemutih gigi. Oleh karena itu, pilih yang sesuai dengan kondisi gigimu ya!

5. Kurun waktu penggunaan sikat gigi juga perlu diperhatikan. Ganti minimal 2 bulan sekali agar noda-noda pada sikat gak malah menempel di gigi.

jangan menunggu sampai rusak begini ;( via dermis70.blogspot.co.id

Gigi yang terawat juga ditunjang oleh sikat yang digunakan. Makanya, kamu harus memerhatikan sikat giginya udah berapa lama dipakai. Jangan menunggu untuk menggantinya berbulan-bulan lamanya sampai nggak layak pakai. Karena sikat gigi setiap hari digunakan, gantilah minimal 2 bulan sekali agar kuman yang menempel pada sikat nggak akan menempel di gigimu.

6. Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula, karena gula akan mudah melekat di gigi dan berbahaya kalau kamu gak rajin menggosoknya.

jangan mengonsumsi berlebihan via www.tumblr.com

Makanan manis yang mengandung gula sebaiknya kamu kurangi mengonsumsinya ya. Karena sisa-sisa makanannya mudah banget menempel pada gigi. Gula merupakan salah satu faktor dalam pembusukkan gigi. Kalau sisa makanan mengandung gula ini bertemu dengan plak, maka pembentukan lubang gigi terjadi dengan cepat. Kamu yang kadang malas menggosok, tentu hal ini berbahaya bagi gigi.

7. Minum kopi dan teh harus juga sebaiknya dikurangi. Ini nih yang biasanya bikin warna gigi tak cerah lagi.

kurangi konsumsi minuman berwarna ya via www.telegraph.co.uk

Sering mengonsumsi kopi dan teh dapat mengurangi kecerahan gigimu lho. Karena warnanya yang pekat bisa menempel pada gigi dan membuat gigimu yang semula putih jadi berubah warnanya kekuningan. Hipwee paham sih minum teh dan kopi ini memang nikmat banget, tapi kalau bisa dikurangi ya! Demi kecerahan dan senyum menawan hatimu itu. <3

8. Merokok juga menyebabkan gigi bernoda. Sempurnakan tampilan gigimu dengan mengurangi merokok!

merokok bisa membuat gigimu kuning via isthiswhyimstillsingle.wordpress.com

Selain kurang baik bagi kesehatan, merokok juga dapat menyebabkan gigimu menjadi kuning. Noda-noda yang tercipta pada gigi susah dihilangkan, makaya kurangi ya. Yah, kalau bisa sih hilangkan kebiasaan merokok itu demi kesehatan tubuh dan penampilan yang elok. <3

9. Saat minum minuman yang berwarna, lebih baik gunakan sedotan agar cairan langsung tertelan dan gak mengenai gigimu.

pakai sedotan ya via www.medicaldaily.com

Minum menggunakan sedotan memang kurang menyenangkan karena kamu nggak bisa langsung banyak meminumnya. Tapi hal tersebut malah menguntungkan lho, terutama saat kamu meminum yang berwarna karena cairannya langsung tertelan ke tenggorokan dan nggak mengenai gigi. Jadi, gigimu tetap terjaga kecerahannya deh. <3

10. Perbanyak mengonsumsi air mineral, buah, dan sayuran. Ketiganya yang akan membantu menjaga kesehatan gigimu loh…

ayo konsumsi buah-buahan via ronnierocket.tumblr.com

Kamu tentu tahu kalau air mineral, buah-buahan, dan sayuran sangat baik manfaatnya bagi tubuh. Kandungan vitaminnya yang baik bagi tubuh ini juga bagus untuk kesehatan dan kecerahan gigi lho, misalnya aja apel, wortel, dan seledri. Nah untuk air mineral nih, kamu dapat meminumnya saat mengonsumsi minuman berwarna juga lho. Jadi, warna gigimu tetap terjaga kecerahannya dan noda-nodanya dapat berkurang dengan diselingi minum air mineral.

11. Jangan abaikan kondisi bibirmu. Selesai menyikat gigi, gosok bibirmu perlahan agar kulit-kulit mati pada bibir ikut terangkat.

sikat bibirmu juga via www.wikihow.com

Senyum yang menarik hati tentu nggak hanya gigi aja, tapi juga bibir lho. Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikan keadaan bibir ya. Biasakan setelah menyikat gigi kamu juga menggosok bibir secara perlahan agar kulit-kulit mati pada bibir terangkat. Dengan begitu, tampilan bibirmu menawan dan menghasilkan senyum sempurna. 😉

Kalau kamu mempraktikkan dengan baik 11 langkah tadi, maka kesehatan gigimu akan terjaga dengan baik. Senyum yang menawan hati pun tercipta, sehingga kamu jadi semakin percaya diri karena penampilanmu tentu tetap kece nan menarik hati. <3